Broadcasted by Galau Jikan FM

Sutradara Masaaki Yuasa Dapat Penghargaan Medal with Purple Ribbon

Nadia Theresa Johari
anime masaaki yuasa

Pada Selasa (2/11), pihak pemerintah Jepang mengumumkan bahwa sutradara film dan serial anime Masaaki Yuasa akan menjadi salah satu penerima penghargaan Medal with Purple Ribbon pada musim gugur 2021 ini.

Sekadar informasi, Medal with Purple Ribbon merupakan penghargaan dari pemerintah Jepang dan diberikan kepada sejumlah individu yang sudah berkontribusi dalam pengembangan akademik dan artistik.

Medali ini juga diberikan kepada mereka yang telah berkontribusi dalam pembaruan dan sudah mendapat berbagai penghargaan dalam kedua bidang tersebut.

Penerima sebelumnya

Dengan pengumuman penghargaan ini, Masaaki Yuasa akan menjadi bagian dari barisan sejumlah insan kreatif di Jepang yang telah berkontribusi dalam pengembangan, pembaruan, dan pencapaian dalam bidang akademik dan artistik. Kreator manga pertama yang mendapatkan penghargaan ini adalah Shigeru Mizuki pada tahun 1991.

Sejumlah orang yang dalam industri anime dan manga yang telah mendapatkan penghargaan ini adalah komposer Joe Hisaishi pada tahun 2009, mangaka Moto Hagio pada 2012, mangaka dan sutradara Katsuhiro Otomo pada 2014, dan sutradara anime Keiichi Hara pada 2019.

Selain Masaaki Yuasa dan insan kreatif lainnya, mangaka Inuyasha dan Urusei Yatsura, Rumiko Takahashi, menerima penghargaan Medal with Purple Ribbon pada tahun lalu.

Tentang Masaaki Yuasa

Masaaki Yuasa merupakan seorang sutradara, penulis naskah, dan animator asal Jepang. Lahir di Fukuoka pada 16 Maret 1965, Yuasa telah menunjukkan ketertarikan pada gambar dan animasi sejak kecil. Setelah lulus dari Universitas Kyushu Sangyo, ia memulai kariernya di dunia animasi Jepang sebagai inbetween animator untuk studio animasi Ajia-do.

Dari sana, Masaaki Yuasa menjadi key animator untuk sejumlah anime seperti Doraemon: Nobita’s Animal Planet dan The Legend of the Dog Warriors: The Hakkenden. Ia juga pernah menjadi sutradara dari sejumlah episode serial anime Crayon Shin-chan, serta mengerjakan animasi untuk beberapa film dari serial tersebut.

Pada tahun 2013, Yuasa dan Eunyong Choi mendirikan studio animasi bernama Science SARU. Beberapa film anime yang ia buat bersama dengan studio ini adalah Japan Sinks: 2020, Devilman Crybaby, Lu over the wall, Ride Your Wave, Ping Pong, dan The Tatami Galaxy. Salah satu episode untuk serial kartun Amerika Adventure Time yang studio ini garap, “Food Chain”, dinominasikan sebagai salah satu calon pemenang Annie Award pada 2014.

Masaaki Yuasa telah pensiun dari jabatan Presiden untuk Science SARU pada Maret 2020. Saat ini, ia tengah fokus mengerjakan film anime bergenre musikal berjudul Inu-Oh yang diadaptasi dari novel Heike Monogatari: Inu-Oh no Maki karya Hideo Furukawa sebagai sutradara. Film ini akan ditayangkan di Jepang pada awal 2022 mendatang.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.