Pada Sabtu kemarin (19/6), diumumkan bahwa serial anime Japan Sinks: 2020 meraih penghargaan.

Apa dan bagaimana Japan Sinks mendapatkan penghargaan tersebut? Simak artikel berikut!

Masuk Penghargaan di Televisi

Penghargaan tersebut yakni Jury Award for TV Series dalam ajang Annecy International Animated Film Festival 2021.

Serial tersebut menang berkat episode pertamanya, yaitu “The Beginning of the End” (Awal dari Akhir).

Sebelumnya, Japan Sinks: 2020 sempat memasuki daftar calon pemenang penghargaan kategori TV Films pada 2020 lalu, namun acara tersebut batal dihelat.

Japan Sinks: 2020 memasuki kompetisi ini lagi di kategori yang sama pada tahun 2021 ini.

Bukan yang pertama dari Masaaki Yuasa

anime japan sinks 2020

Japan Sinks: 2020 merupakan serial anime kelima karya sutradara Masaaki Yuasa yang masuk dalam daftar calon pemenang di ajang penghargaan ini.

Serial ini juga merupakan karya keduanya yang memenangkan penghargaan dalam Annecy International Animated Film Festival.

Karya pertamanya yang memenangkan penghargaan dalam gelaran ini adalah film anime Lu over the wall.

Film anime tersebut menjadi pemenang dalam kategori Crisis for a Feature Film pada tahun 2017. Kemenangan Lu over the wall juga merupakan kemenangan pertama bagi sebuah film anime asal Jepang di Annecy dalam 22 tahun.

Film-film lainnya karya Masaaki Yuasa yang sempat memasuki daftar calon pemenang penghargaan di Annecy adalah film anime pendek Kick-Heart dan film anime Ride Your Wave.

Sebuah episode dari serial animasi Adventure Time yang dikerjakan oleh Masaaki Yuasa dan studio Science Saru, “Food Chain”, juga sempat didaftarkan sebagai calon pemenang.

Pemenang lainnya

Selain Masaaki Yuasa, beragam sineas lainnya turut memenangkan penghargaan dalam Annecy International Animated Film Festival 2021.

Film anime Shika no Ou (The Deer King) karya Masashi Ando, hingga Josee, the Tiger and the Fish karya Kotaru Tamura berkompetisi dalam kategori Cristal for a Feature Film.

Penghargaan Features tahun ini sayangnya belum berpihak kepada ketiga karya film anime tersebut.

Film dokumenter animasi Flee karya Jonas Poher Rasmussen menjadi pemenang Cristal for a Feature Film 2021 ini.

Pemenang lainnya dalam Annecy International Animated Film Festival 2021 adalah film pendek Kai ‘A Little Too Much’ karya Martina Scarpelli dalam kategori Commissioned Films.

Sementara itu, kategori Graduation Short Films dimenangkan oleh Hippocampus karya Zehao Li.

Tentang Japan Sinks: 2020

anime netflix japan sinks 2020

Japan Sinks: 2020 (Nihon Chinbotsu 2020) adalah sebuah serial anime yang diadaptasi dari novel sci-fi berjudul Japan Sinks karya Sakyo Komatsu.

Serial anime ini disutradarai oleh Masaaki Yuasa dan diproduksi oleh studio anime Science Saru.

Serial ini berkisah mengenai Mari Mutou, seorang gadis SMA, dan keluarganya yang bertahan hidup untuk menghadapi bencana di Jepang menjelang Olimpiade 2020.

Bencana tersebut berupa serentetan gempa dan tsunami, yang dikatakan dapat mengubah struktur pulau-pulau di Jepang untuk selamanya.

Serial anime Japan Sinks: 2020 telah tayang sebanyak 10 episode pada bulan Juli 2020 dan dapat disaksikan melalui layanan streaming Netflix.

Sebuah film kompilasi berjudul Nihon Chinbotsu 2020 Henshuban: Shizumanu Kibou telah dirilis di berbagai bioskop Jepang pada November 2020 lalu.

Kamu dapat menyaksikan anime tersebut melalui pranala berikut.

Tentang Annecy International Animated Film Festival

japan sinks 2020 anime

Annecy International Animated Film Festival merupakan festival film tertua dan terbesar di dunia.

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1960, festival yang merayakan karya-karya animasi dunia ini selalu digelar tiap tahunnya di kota Annecy, Prancis.

Annecy International Animated Film Festival 2021 sendiri telah digelar pada tanggal 14 – 19 Juni 2021.

Gelaran kali ini merupakan hal yang spesial, karena tahun ini Annecy International Animated Film Festival merayakan 60 tahun hari jadinya.

Tahun 2020 kemarin, festival film animasi yang satu ini tidak dapat diadakan secara luring karena situasi pandemi COVID-19.

Sebagai gantinya, sebuah acara daring untuk Annecy International Animated Film diadakan pada Juni 2020 lalu.

Nawala Karsa NK Kurio