Tayang Bulan Ini, Science SARU Garap Produksi Anime Heike Monogatari

Nadia Theresa Johari
anime heike monogatari

Pada Jumat (3/9), studio animasi Science SARU mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi adaptasi serial anime Heike Monogatari (The Heike Story).

Layanan streaming anime Funimation juga mengumumkan bahwa mereka akan menyiarkan serial anime ini lebih awal, yaitu pada musim gugur 2021, semusim lebih dulu dari penayangannya di Jepang.

Selain perilisannya, berbagai informasi terbaru mengenai staf yang akan ikut berpartisipasi dalam produksi serial anime ini telah diumumkan.

Sinopsis Heike Monogatari

Heike Monogatari merupakan sebuah novel karya Hideo Furukawa yang merefleksikan cerita epik klasik khas Jepang, The Tale of Heike, dalam bahasa yang lebih modern.

Cerita aslinya berkisah mengenai kebangkitan dan kejatuhan klan Taira dalam Perang Genpei. Serial anime ini akan menjadi adaptasi anime pertama dari novel karya Furukawa.

Serial anime ini—seperti novel karya Furukawa—berfokus dengan kehidupan Biwa, seorang penyanyi jalanan yang tak dapat melihat dan memiliki kemampuan penglihatan supranatural serta melihat makhluk halus. Dalam perjalanannya, Biwa bertemu dengan Taira no Shigemori, pewaris selanjutnya dari klan yang menaunginya. Biwa pun meramalkan kejatuhan klan dari pemuda tersebut.

Pengisi suara dalam Heike Monogatari

Segenap pengisi suara yang akan berpartisipasi dalam anime ini telah diumumkan sebelumnya. Tokoh utama dalam anime ini, Biwa, akan disuarakan oleh Aoi Yuuki. Sementara itu, pengisi suara Takahiro Sakurai akan menyuarakan karakter Taira no Shigemori.

Pengisi suara lainnya yang bergabung dalam produksi anime ini adalah Saori Hayami sebagai pengisi suara dari Permaisuri Kaisar Taira no Tokuko, Tesshou Genda sebagai Taira no Kiyomori. Hadir pula beberapa nama lainnya seperti Kikuko Inoue, Miyu Irino, Yumiko Kobayashi, Nobuhiko Okamoto, Natsuki Hanae, Ayumu Murase, Koutarou Nishiyama, Nobuyuki Hiyama, Subaru Kimura, Yuu Miyazaki, Inori Minase, Tomokazu Sugita, dan Yuuki Kaji.

Sutradara dan staf

Serial anime Heike Monogatari akan disutradarai oleh sutradara veteran Kyoto Animation, Naoko Yamada. Kolega Yamada yang kerap bekerja sama dengannya dalam berbagai proyek anime seperti Koe no Katachi (A Silent Voice) dan Liz and the Blue Bird.

Reiko Yoshida dan Kensuke Ushio, masing-masing akan menjadi penulis skrip dan komposer musik untuk anime ini.

Beberapa staf lainnya yang ikut menggarap anime ini adalah Fumiko Takano sebagai desainer konsep karakter original, Takashi Kojima sebagai desainer karakter original untuk animasi.

Tomotaka Kubo dari Deho Gallery sebagai art director, dan Ken Hashimoto sebagai staf di bagian pewarnaan. Ada pula Kiyoshi Hirose dalam bagian penyuntingan dan Kazuto Izumita sebagai pengarah fotografi.

Selain beberapa staf yang menangani teknis pembuatan animenya, serial ini juga memiliki beberapa tokoh yang memastikan bahwa semua unsur dalam serial anime ini sudah tepat.

Yoshihiko Sata mengawasi aspek sejarah yang muncul dalam anime ini, dan pemain biwa Yukihiro Goto menjadi pengawas pertunjukan permainan biwa.

Serial anime Heike Monogatari akan tayang di Jepang melalui programming block +Ultra di Fuji TV pada Januari 2022. Anime ini juga akan ditayangkan di layanan FOD milik Fuji TV pada 16 September 2021 dan penggemar anime di luar Jepang juga dapat menyaksikannya melalui situs bilibili.

Adaptasi dari materi novel yang sama dengan Inu-Oh

Jika kalian merasa pernah membaca atau mendengar cerita dalam serial anime Heike Monogatari sebelumnya, itu karena akan ada adaptasi film anime musikal dari novel yang sama.

Co-founder dari studio Science SARU, Masaaki Yuasa, menjadi sutradara dari adaptasi film tersebut, yaitu Inu-Oh.

Meski serial anime ini dan film Inu-Oh merupakan adaptasi visual dari novel Heike Monogatari, Science SARU belum menjelaskan bagaimana film yang digarap oleh Yuasa akan berkaitan dengan serial anime ini.

CEO Science SARU, Choi Eunyong, menyatakan tahun lalu bahwa studio animasi ini juga sedang mengerjakan sebuah serial televisi dengan sutradara lain selain Yuasa.