Tatami Time Machine Blues Dapat Adaptasi Anime, Bakal Digarap SCIENCE Saru!

Nadia Theresa Johari
anime tatami time machine blues

Pada Kamis (12/8), kanal YouTube resmi Fuji TV merilis video yang mengungkap bahwa Tatami Time Machine Blues (Yojouhan Time Machine Blues) akan mendapatkan adaptasi anime.

Pihak noitaminA, bagian blok program dari Fuji TV, turut mengungkapkan sutradara dan staf yang akan terlibat dalam penggarapan adaptasi anime dari Tatami Time Machine Blues.

Sutradara dan staf

Adaptasi serial anime Tatami Time Machine Blues akan disutradarai oleh Shingo Natsume. Studio animasi yang didirikan oleh sutradara Masaaki Yuasa, SCIENCE Saru, kembali menjadi tempat produksi adaptasi anime yang satu ini.

Beberapa staf inti yang terlibat dalam pengerjaan anime The Tatami Galaxy akan kembali menggarap sekuelnya. Makoto Ueda akan kembali sebagai penulis skrip dan Yuusuke Nakamura kembali menjadi desainer karakter.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi mendetail mengenai pengisi suara dan segenap staf lainnya yang akan bergabung. Jadwal penayangannya pun juga belum diumumkan.

Sinopsis

Sekuel dari The Tatami Galaxy ini bercerita mengenai teman dari karakter “Aku” dari buku sebelumnya, Ozu. Ia membuat remote AC satu-satunya yang ada di asrama mahasiswa menjadi basah dan akhirnya rusak pada pertengahan musim panas. Para mahasiswa lainnya memikirkan cara untuk menghadapi situasi tersebut dan membuat rencana dengan Akashi, seorang mahasiswi populer di universitas mereka.

Tepat pada saat itu, tiba-tiba seorang mahasiswa berusia 25 tahun yang berpakaian seadanya muncul dari sebuah mesin waktu. Karakter “Aku” pun kembali menjelajahi waktu untuk mengamankan remote AC tersebut sebelum dirusak oleh Ozu.

Tentang Tatami Time Machine Blues

anime tatami time machine blues

Tatami Time Machine Blues atau Yojouhan Time Machine Blues merupakan sekuel dari novel The Tatami Galaxy (Yojouhan Shinwa Taikei) yang ditulis oleh Tomihiko Morimi dengan cover yang diilustrasikan oleh Yuusuke Nakamura. Buku ini dirilis 16 tahun setelah perilisan buku pertamanya di pasaran, tepatnya pada Juli 2020.

Uniknya, cerita dalam Tatami Time Machine Blues terinspirasi oleh drama panggung berjudul Summer Time Machine Blues karya Makoto Ueda, yang mana juga merupakan teman Morimi. Cerita dalam novel ini menggabungkan elemen yang ada dalam drama panggung tersebut dan para karakter dari novel karya Morimi. Oleh karena itu, Ueda dikreditkan sebagai kreator konsep original dalam novel Tatami Time Machine Blues.

Novel The Tatami Galaxy diterbitkan oleh Ohta Publishing pada tahun 2005. Saat itu, Nakamura juga menjadi ilustrator dari cover novel tersebut. The Tatami Galaxy sendiri mendapat adaptasi serial anime berjumlah 11 episode yang digarap oleh Masaaki Yuasa dan SCIENCE Saru pada tahun 2011.