Rumiko Takahashi Masuk Hall of Fame Harvey Awards

Nadia Theresa Johari
rumiko takahashi harvey awards

Pada hari Rabu (6/10) lalu, pihak penyelenggara ajang penghargaan Harvey Awards, yang dilaksanakan untuk memberikan apresiasi kepada sejumlah karya komik dan seni, mengumumkan bahwa mereka akan memasukkan Rumiko Takahashi ke Hall of Fame milik mereka.

Rumiko Takahashi menjadi salah satu dari lima anggota baru Hall of Fame Harvey Awards yang diumumkan pada saat itu. Selain Takahashi, ada Bernie Wrightson, Jeffrey Catherine Jones, Barry Windsor-Smith, dan Michael Kaluta. Dengan ini, Takahashi menjadi mangaka asal Jepang selanjutnya yang memasuki Hall of Fame Harvey Awards setelah Osamu Tezuka.

Nominasi dalam gelaran Harvey

Pada bulan Juli 2021, pihak penyelenggara Harvey Awards telah mengumumkan sejumlah judul karya komik yang dinominasikan sebagai peraih perhagaan dalam kategori Best Manga. Beberapa di antaranya adalah Asadora! Karya Naoki Urasawa, Run the Riot karya Keito Gaku, Remina karya Junji Ito, SPY x FAMILY karya Tatsuya Endou, dan Chainsaw Man karya Tatsuki Fujimoto.

Best Manga merupakan kategori penghargaan yang terbilang baru dalam Harvey Awards. Penghargaan untuk kategori ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2018. Boku no Hero Academia karya Kouhei Horikoshi memenangkan penghargaan ini pada tahun 2019, diikuti dengan Witch Hat Atelier karya Kamome Shirahama pada tahun 2020.

Karena dunia masih menghadapi situasi pandemi COVID-19, ajang penghargaan komik dan seni Harvey Awards akan diselenggarakan secara daring melalui penayangan virtual. Acara ini dilaksanakan pada hari yang sama dengan pembukaan New York Comic Con, yaitu pada Jumat, 8 Oktober 2021.

Tentang Rumiko Takahashi

rumiko takahashi harvey awards
Ikon Rumiko Takahashi. | SUMBER: line.me

Rumiko Takahashi merupakan seorang mangaka ternama asal Jepang. Lahir di Prefektur Niigata pada 10 Oktober 1957, Rumiko Takahashi sudah tertarik untuk meniti karier sebagai mangaka profesional sedari usia belia. Namun, dirinya tidak mulai menggambar hingga duduk di bangku SMA dan di universitas, ketika ia memasuki sekolah manga Gekiga Sonjuku, dimana ia belajar menggambar dan memikirkan ide komik pertamanya.

Rumiko Takahashi memulai karier sebagai mangaka dengan perilisan karya pertamanya yang berupa one-shot, Katte na Yatsura (Those Selfish Aliens) pada tahun 1978. Di tahun yang sama, ia menerbitkan serial manga pertamanya, Urusei Yatsura, di Weekly Shounen Sunday. Sejak saat itu, nama Rumiko Takahashi menjadi semakin dikenal para penggemar manga.

Sejumlah karya manga terkenal yang digarap oleh Rumiko Takahashi antara lain Maison Ikkoku, Mermaid Saga, Ranma ½, Inuyasha, dan Rin-Ne. Manga terbarunya, MAO, telah dirilis pada bulan Mei 2019. Salah satu manga karyanya, Inuyasha, juga menjadi inspirasi dari serial anime spin-off Inuyasha, yaitu Yashahime: Princess Half-Demon (Hanyou no Yashahime).