Broadcasted by Galau Jikan FM

Hadiri Comifuro Luring? Jangan Lupa Cek Sejumlah Tips Penting Berikut!

"Berlebaran" pop kultur aman di setiap event pasti ada hal tak terduga. Kali ini, Nawala Karsa sudah siapkan tips-tips berfaedah buat yang ingin ke Comifuro!

Wahyu Nurramadan Widayanto
Comifuro15
Sumber foto: Comifuro.net

Setelah terselenggara secara daring selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Comic Frontier (Comifuro) akan kembali digelar secara luring pada tahun 2022, dengan bertajuk Comifuro 15.

Comifuro sendiri merupakan salah satu acara Jejepangan terbesar di Indonesia dan rutin terselenggara setiap tahunnya.

Dengan kembali digelarnya acara ini secara luring, kira-kira apa saja, ya, yang perlu NawaReaders siapkan dan perhatikan, agar bisa menikmati gelaran ini dengan nyaman?

Artikel ini akan membagikan sedikit tips bagi NawaReaders yang hendak berkunjung ke acara Comifuro 15 ini.

Tetap Patuhi Aturan di Comifuro

Mematuhi Aturan selama Comifuro
Antrian di sebuah stan, saat Comifuro berlangsung di Kartika Expo Center, Jakarta. | FOTO: dok. Comifuro.net

Kelancaran dan keberhasilan sebuah acara tentunya tidak terlepas dari aturan yang dibuat oleh panitia penyelenggara.

Tujuannya jelas, agar para pengunjung bisa menikmati acara dengan maksimal dan para artis di acara ini bisa tampil dengan maksimal.

Dengan tujuan tersebut, tentunya NawaReaders perlu mematuhi pelbagai aturan yang dibuat oleh panitia, bukan demi kalian sendiri, tapi demi pengunjung yang lain atau pun artis yang tampil.

Pasti akan menyenangkan jika kalian bisa menikmati acara ini dengan santai dan situasi yang kondusif, bukan?

Hargai para Cosplayer yang Hadir

Cosplayer di Comifuro
Sejumlah cosplayer beraksi di sebuah event Comifuro. | FOTO: dok. Detik

Di Comifuro 15, tentunya akan dihadiri oleh para cosplayer yang saling unjuk kebolehan.

Kehadiran para cosplayer ini tentunya akan diikuti juga oleh para pengunjung yang ingin berfoto bersama atau pun sekedar mengambil foto saja.

Namun, satu hal yang perlu diingat, tetap hargai para cosplayer, agar mereka tetap merasa nyaman saat bertemu, menyapa, dan berfoto bersama pengunjung yang datang.

Lalu, bagaimana cara membuat mereka tetap merasa nyaman?

NawaReaders bisa membuat mereka tetap merasa nyaman dengan tidak memaksa saat meminta foto, tidak memaksa foto dengan pose yang aneh, atau tidak melakukan tindakan yang termasuk pelecehan pada mereka.

Bagaimana pun, sudah menjadi rahasia umum apabila para cosplayer merasa tidak nyaman karena menerima pelecehan.

Jadi, dengan tetap menghargai cosplayer yang hadir, mereka tentu akan merasa senang saat bertemu para pengunjung yang hadir, dan pastinya bisa tampil lebih maksimal.

Jangan Lupa Jaga Barang Pribadi di Lokasi Acara

Tetap perhatikan barang bawaan di Comifuro15
Meja depan tiket masuk Comifuro untuk pengunjung. | FOTO: dok. Comifuro.net

Dalam acara seperti Comifuro ini, tentunya akan dihadiri oleh banyak sekali pengunjung, sehingga tempatnya juga pasti akan sangat ramai.

Dengan kondisi seperti itu, NawaReaders tentunya tetap harus menjaga keamanan barang-barang yang kalian bawa ke lokasi acara.

Bagaimana pun, barang yang kalian bawa tentunya tanggung jawab kalian sendiri, sehingga kalian harus bisa menjaganya dengan baik.

Namun, apabila tidak ingin terlalu repot karena membawa terlalu banyak barang, mungkin kalian bisa membawa barang secukupnya saja.

Hanya membawa barang yang benar-benar penting dan kalian butuhkan. Namun, jika terpaksa harus datang ke lokasi dengan membawa banyak barang,

NawaReaders mungkin bisa menitipkan barang-barang kalian di tempat yang sudah disediakan.

Satu yang perlu diingat, barang seperti handphone dan dompet harus benar-benar dijaga, karena, jika hilang, tentu kalian sendiri yang akan kerepotan, kan?

Jaga Kebersihan Lokasi

tips comifuro 15
Sejumlah merchandise yang dijual oleh sebuah lingkarya dalam Comifuro 13. | FOTO: Seno Triadi

Berada di acara besar macam Comifuro, tentunya akan sangat ramai dan akan ada banyak stan makanan atau minuman di acara ini.

Nah, NawaReaders pasti akan lebih nyaman berada di acara ini jika kondisinya bersih dan tidak ada sampah yang bertebaran.

Jadi, sebisa mungkin apabila kalian membeli makanan dan minuman, jangan buang sisa bungkusnya sembarangan. Buanglah pada tempat yang sudah disediakan.

Bagaimana pun, tempat yang bersih akan membuat pengunjung lebih nyaman berada di sana.

Jadi, sebisa mungkin, kita jaga bersama kebersihan di tempat ini, ya!

Kalau Ada Teman, Ajak Saja

tamu comifuro
Penampilan tamu dalam Comifuro. | FOTO: dok. Comifuro.net

Acara Comifuro tentunya akan lebih menyenangkan apabila menikmatinya bersama rekan-rekan. Jadi, kalau NawaReaders ada teman yang mungkin bersedia diajak ke acara ini, lebih baik diajak saja.

Selain bisa bersenang-senang bersama, mengajak teman tentunya juga memiliki sisi positif lain, selain tidak merasa kesepian di tengah acara.

Dengan datang bersama teman, kalian bisa merasa lebih aman, dalam hal apa pun itu. Terlebih, jika ada orang yang tidak bertanggung jawab dan memiliki niat buruk (semoga saja tidak ada yang seperti ini).

Itu lah beberapa tips yang perlu NawaReaders perhatikan sebelum datang ke lokasi Comifuro 15 tahun 2022. Acara ini akan terselenggara di ICE BSD, Tangerang, Banten, pada Sabtu (24/9) dan Minggu (25/9).

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, semoga tidak ada kendala berarti selama acara dan kalian bisa bersenang-senang di Comifuro 15 sana, ya!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.