Broadcasted by Galau Jikan FM

Jadi Tempat Comifuro 15, Inilah 5 Fakta Menarik Seputar ICE BSD!

Luasnya tidak kaleng-kaleng dan jadi tempat acara luar biasa, simak fakta menarik ICE BSD terutama untuk yang ingin datang ke Comifuro 15!

Fida Zalfa L.Y.
ICE BSD
Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai, biasa disingkat ICE BSD | FOTO: @ Youtube / ICE Indonesia | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

Gelaran Comifuro 15 akan dilaksanakan secara luring pada 24-25 September mendatang di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Setelah hanya menikmati secara daring, akhirnya salah satu acara jejepangan terbesar di Indonesia ini dapat diikuti secara langsung.

Eh, tetapi, itu tempat apa, ya? Ada apa saja di sana? Seluas apa kira-kira nanti saat acara Comifuro 15 digelar, ya?

Nah, daripada penasaran langsung saja simak artikel di bawah ini!

1. Indonesia Convention Exhibition Terletak di BSD City

ICE BSD
Peresmian ICE BSD oleh Presiden Joko Widodo | FOTO: dok. kanal YouTube ICE Indonesia | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

Indonesia Convention Exhibition (ICE) terletak di jantung Bumi Serpong Damai City atau disingkat BSD City.

ICE BSD adalah salah satu pusat pameran dan konvensi terluas di Indonesia yang diresmikan pada 4 Agustus 2015 lalu oleh Presiden Joko Widodo.

Acara di tempat tersebut beragam, dari pertemuan, insentif, konvensi, pameran, hingga acara bisnis berskala nasional maupun internasional.

Lokasinya terletak di Jl. BSD Grand Boulevard Raya No. 1 Serpong-Banten, Tangerang Selatan yang menempati lahan seluas 22 hektare.

2. Punya Kawasan yang Luas serta Ramah Lingkungan

ICE BSD
Outdoor area (kiri) dan Exhibition Halls (kanan) di ICE BSD | FOTO: dok. kanal YouTube ICE Indonesia | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

ICE BSD didesain oleh kolaborasi Sinar Mas Land dan Kompas Gramedia dengan Synergy Efficiency Solutions (SES).

Bangunan tersebut menggunakan efisiensi energi sebagai garis depan gedungnya dengan konstruksi berdasarkan praktik hijau (green practices).

Indonesia Convention Exhibition BSD memiliki Exhibition Hall sebagai ruang pameran yang menawarkan sepuluh ruang pameran dengan total luas 50 ribu meter persegi.

Exhibition Hall tersebut dapat digunakan untuk pameran perdagangan internasional berskala besar, pameran B2B, pameran B2C.

Kemudian dapat juga digunakan untuk konser, acara olahraga, seminar, hingga acara perusahaan berskala besar.

Selain itu, terdapat aula konvensi seluas 4 ribu meter persegi dan 33 ruang pertemuan.

Ada pula outdoor space seluas 35 ribu meter persegi, serta area lobi pra-fungsi seluas 12 ribu meter persegi.

3. Punya Fasilitas Lengkap, Dekat dengan Lokasi Wisata Setempat

akses wi-fi ICE
Akses Wi-Fi ICE FREE | FOTO: dok. Instagram ICE Indonesia (@ice_indonesia) | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

ICE BSD memiliki lobi dan area drop off yang luas, terletak di Hall 1, lobi Convention, Hall 6, dan Hall 10.

Lobi drop off-nya dapat mengakomodasi dengan mudah lajur mobil pribadi hingga bus berkapasitas 54 kursi.

Tempat tersebut juga didukung tempat parkir luas yang dapat menampung 5 ribu mobil di seluruh kompleks ICE dan 7 ribu mobil di sekitar ICE.

Untuk yang ingin menarik uang, dua lokasi ATM terpusat di sayap kiri dan kanan area pre-function Hall Nusantara di Lantai Ground Floor.

Ada pula ruang sholat di Nusantara Hall di Mezzanine Floor dan ruang medis di lantai Lower Ground (dekat Lobi Kalimaya, sebelah lift south convention).

Tidak ketinggalan ada Alfamart serta Indomaret di lantai Lower Ground dari gedung Convention Center, serta akses Wi-Fi gratis “ICE FREE”.

Di sekitar ICE BSD juga terdapat tempat yang patut dikunjungi , antara lain AEON Mall (4 menit), Ocean Park Water Adventure (7 menit), dan Benteng Heritage Museum (24 menit).

4. Sering Dipercaya untuk Banyak Gelaran

acara BSD
Sejumlah acara yang digelar di ICE BSD pada 2019 | FOTO: dok. kanal YouTube ICE Indonesia | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

Pada 2019 lalu, ICE BSD menyelenggarakan 220 acara dengan total pengunjung sebanyak lebih dari 1,3 juta.

Acara itu memiliki jangkauan beragam dari bernuansa hobi, penghargaan, pernikahan, perlombaan, hingga konser.

Pada 2017, ICE BSD menjadi tempat pelaksanaan Bali Democracy Forum (BDF) ke-10, tepatnya pada tanggal 7-8 Desember 2017 lalu.

Pada 2018, acara jejepangan berskala besar, C3 Anime Festival Asia (C3AFA) 2018, dilaksanakan pada 31 Agustus-2 September 2018 lalu.

Pada 2019, PUBG Mobile Club Open 2019 tahapan Final Asia Tenggara dan konser BLACKPINK “In Your Area” digelar di lokasi ini.

Pada 2022 ini, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), pameran otomotif tahunan, dilaksanakan pada 11-21 Agustus.

Di tahun 2022 pula akan ada Comifuro 15, bertepatan dengan konser Seventeen “Be the Sun” pada 24-25 September 2022 mendatang di Indonesia Convention Exhibition BSD.

5. ICE BSD Jadi Venue Terbaru untuk Gelaran Comifuro 15

Pengumuman pelaksanaan Comic Frontier 15 di ICE BSD | FOTO: dok. Twitter Comic Frontier (@comifuro) | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

Pada 31 Maret 2022 lalu, Comic Frontier mengumumkan berita mengejutkan bahwa Comic Frontier (Comifuro) 15 akan dilaksanakan secara luring!

Setelah sebelumnya hanya menyaksikan Comivuro (Comifuro Virtual), akhirnya pencinta jejepangan dapat kembali merasakan acara ini secara langsung.

Comifuro 15 nantinya akan dilaksanakan di ICE BSD di hall 10. Menurut situs resmi ICE Indonesia, acara ini akan berlangsung dari pukul 10.00–20.00.

Pada 30 April 2022 lalu, registrasi circle telah ditutup. Bagi yang baru mengisi akan dimasukkan daftar tunggu mengingat terbatasnya ketersediaan ruang.

Pada Sabtu (20/08) pula, Comifuro 15 merilis poster resmi yang digambar oleh akun Twitter @Cessa_sama

Bagaimana, NawaReaders? Apakah menurut kalian Comifuro 15 di ICE BSD ini akan “pecah”? Angkat jempol siapa yang sudah siap datang ke Comifuro 15!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.