Siapa sih yang tidak kenal dengan Hayao Miyazaki? Sosok paling dikenal dalam dunia jagad animasi dari Jepang bersama studio Ghibli. Di selang waktu istirahatnya saat sedang membuang sampah, reporter mewawancarai Hayao Miyazaki mengenai tanggapannya terhadap film anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Train.

Reporter Mewawancarai Hayao Miyazaki Saat Sedang Membuang Sampah

Kepopuleran film Kimetsu no Yaiba: Mugen Train menjadi bahan perbincangan di semua media berita. Karena hal itu, reporter dari media bernama SmartFLASH melakukan wawancara kepada Hayao Miyazaki menanyakan tanggapannya mengenai film anime tersebut. Namun, saat reporter tersebut mewawancarainya, beliau sedang membuang sampah.

Tanggapan Hayao Miyazaki yang Kelihatan Kesal

Reporter tersebut memberikan beberapa pertanyaan kepada sang maestro tersebut mengenai film anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Train. Berikut wawancara reporter dengan Miyazaki yang sudah saya translasikan ke Bahasa Indonesia dibawah ini.

Hayao Miyazaki Kimetsu no Yaiba Mugen Train
(Sumber: BLOGOS SmartFLASH)

R= Reporter, H=Hayao Miyazaki

R: Film Kimetsu no Yaiba telah melampaui Spirited Away. Bagaimana tanggapan anda mengenai hal ini?

H: “Menurut saya hal tersebut tidak ada hubungannya dengan saya. Tidak masalah jika mereka berhasil atau tidak, selama mereka bekerja keras membuatnya, hal tersebut bukan berarti apa-apa.”

R: Sudahkah anda menonton Kimetsu no Yaiba?

H: Saya tidak nonton, bahkan saya jarang menonton. Saya biasanya menonton yang lain. Saya tidak menonton TV, ataupun menonton film. Saya hanyalah bapak tua pensiunan yang ingin membuang sampah

R: Beberapa penggemar merasa sedih Spirited Away sudah tidak menjadi nomor satu lagi dalam sejarah.

H: Saya tidak mempedulikannya. Dunia itu selalu berputar. Ngomong-ngomong, saya harus segera membuang sampah sekarang.

Dari wawancara yang dilakukan reporter SmartFLASH, Miyazaki kelihatan kesal kepada reporter tersebut karena mengganggunya saat membuang sampah. Wajar saja kalau seseorang tiba-tiba ingin mewawancaraimu saat sedang istirahat atau membuang sampah, kalian sedikit merasa kesal apalagi dengan cara memaksa.

Tanggapan Orang Jepang

Apa yang telah dilakukan oleh reporter SmartFLASH mendapat tanggapan negatif dari orang Jepang. Mereka menganggap bahwa etika reporter tersebut sangatlah buruk. Apalagi jika sampai membuat kesal narasumber seperti itu. Berikut ini beberapa tanggapan orang Jepang terhadap wawancara diatas.

“Apakah ini namanya jurnalisme yang terlalu memaksa keyakinan pribadi seperti ini? Bahkan para pembaca artikel ini lebih tahu etika wawancara lebih baik dari jurnalis ini.”

“Memang bagus menanyakan industri anime lain dengan Hayao Miyazaki. Tapi, tidak bisakan memberikan pertanyaan yang lebih positif?”

Miyazaki Santai Sambil Seruput Minuman di Cafe Museum Ghibli

Hayao Miyazaki Studio Ghibli Museum

Beberapa waktu yang lalu, Hayao Miyazaki menyempatkan diri bersantai sambil seruput minumannya di sebuah cafe Museum Ghibli. Kehadirannya ini terlihat di sebuah video promosi lokasi cafe yang ada pada Museum Ghibli yang telah dibuka kembali setelah ditutup sekian lama karena pandemi COVID-19.

Kalian bisa lanjutkan baca berita tersebut di artikel kami disini.

Nawala Karsa NK Kurio