September Nanti! Comifuro 15 Akan Hadir Secara Luring Setelah Dua Tahun!

Matias Arvino Andrhasa
Comifuro 15

Pada Kamis (31/3), melalui laman Facebook resmi Comic Frontier, mengumumkan tanggal dari acara Comifuro 15. Sekadar kilas balik, Comifuro atau Comic Frontier adalah sebuah salah satu acara Jejepangan paling besar di Indonesia, selain AFAID. Acara Comifuro ini hadir secara rutin setiap tahunnya yang di mana tahun 2021 yang lalu hadir di bulan Desember.

Mengejutkannya di tahun 2022 ini, Comifuro 15 akan hadir secara luring di ICE (Indonesia Convention Exhibition) Bumi Serpong Damai, yang berwilayah di Tangerang, Banten. Untuk tanggalnya sendiri yaitu di bulan September mendatang, tepatnya Sabtu (24/9) – Minggu (25/9).

Biar lebih tahu lengkap atau ingin kawal info terkininya, kamu bisa kunjungi situs resminya, lewat pranala berikut ini!

Banyak Warganet yang Meragukan

Gambar: Comifuro Virtual 2.0

Di luar dari banyaknya angka reacts dan shares dalam postingan dari Comic Frontier, banyak warganet yang ragu akan pengumuman ini. Keraguan tersebut tentunya hadir mengingat pada tanggal 1 April biasanya memperingati april mop di seluruh dunia.

Akibat hal itulah yang membuat para warganet menjadi ragu dan melihat sebagai bercandaan semata.

Namun, di sisi lain karena mengetahui kalau pada tahun ini acaranya hadir secara luring ada yang memberikan tanggapan yang kurang baik. Beberapa di antaranya adalah Comifuro 15 lokasinya terlalu jauh dan tidak bisa mereka hadiri secara daring.

Kalau dari kami sendiri, jika memang akan hadir secara luring, harapannya bisa memiliki perizinan yang jelas. Mengingat selain melihat sebagaimana banyaknya penggemar anime dan manga yang ada Indonesia, prokes harus menjadi prioritas.

Mau bagaimanapun saat ini masih dalam masa di mana virus COVID-19 masih jadi perhatian. Setidaknya saat acara berlangsung juga tidak terjadi kerumuman yang tidak perlu.

Kami sendiri juga berharap agar acara Comifuro 15 ini juga bisa hadir secara daring. Hal pertama karena untuk mengurangi kontak fisik dan meminimalisir penyebaran COVID-19, tetapi juga mencakup yang tidak bisa hadir.

Setidaknya tidak perlulah orang-orang datang jauh-jauh ke Tangerang buat mengikuti Comifuro, di luar dari kekurangan yang terjadi di tahun lalu.

Yang Bisa Kalian Lakukan di Comic Frontier

Gambar: Comifuro 12

Seperti layaknya acara jejepangan lainnya, di Comifuro ini NawaReaders bisa mengunjungi beragam booth dan stand artis lokal. Di sana kalian bisa melihat-lihat apa yang mereka jual, biasanya rata-rata poster dan merch yang mereka buat.

Tidak jarang juga ada yang menjual komik buatan mereka sendiri (doujinshi) dan menerima komisi secara langsung di sana. Ingat ya, para artis juga butuh makan, jadi sebisa mungkin mendukung mereka juga.

Selanjutnya, berfoto dengan para cosplayer! Tentu saja, kapan lagi bisa bertemu karakter favorit NawaReaders langsung di depan mata? Pasti sangat menyenangkan.

Belum lagi kalau ada cosplayer yang terkenal yang menjadi bintang tamu, seperti Larissa Rochefort, Franzeska Edelyn, Lola Zieta dan masih banyak lagi.

Namun, jangan lupa untuk menghargai para cosplayer, jangan sampai ada kejadian di mana cosplayer “tidak nyaman” di acara jejepangan lagi.

Yang terakhir, menikmati rangkaian acara yang tersedia. Harapannya di Comifuro 15 ini ada banyak acara yang menarik seperti mendatangkan pembicara yang bisa membahas isu sosial di kalangan para pecinta anime manga.

Juga tidak akan lengkap kalau tidak ada konser yang kemudian diiringin dengan wota di dekatnya. Sebisa mungkin kalian menikmati apa yang sudah panitia tawarkan.

Apakah NawaReaders juga penasaran dan tidak sabar menantikan Comifuro 15 ini? Atau barangkali malah jadi salah satu yang meragukan kebenaran dari pengumuman ini?