Broadcasted by Galau Jikan FM

Impresi Comifuro Virtual 2021, Keseruan di Blok C dan Kata Mereka

Matias Arvino Andrhasa
Comifuro Virtual 2021
ⓒComic Frontier, Gambar oleh UpMocks

Pada Sabtu-Minggu (18-19/12) di konvensi online Comifuro, Comifuro Virtual 2021 ini hadir dengan format baru yaitu dengan Rabbitsky, jadi pengunjung bisa berjalan-jalan secara virtual di sana.

Sebagai informasi, Hall / Blok C ini adalah Blok yang banyak menjual merch Vtuber, entah indie ataupun agensi. Tidak sampai di sana saja, selama dua hari tersebut blok C adalah blok yang paling ramai pengunjung.

Tingkat keramaian tersebut terlihat dari banyaknya orang lalu lalang di booth ataupun di booth foto talenta Hololive ID.

Comifuro Virtual 2021
Keramaian booth foto Hololive ID

Terdapat hal unik yang terjadi di Hall C yaitu adanya penggemar dari Virtual YouTuber dari Hololive ID dan pengunjung yang ada. Hal tersebut adalah para penggemar berkerumun di depan standee talenta Hololive ID gen 1 dan 2.

Para penggemar melakukan banyak tingkah yang cukup ‘nyeleneh‘ seperti berkata ‘wangy wangy, ‘uwoo’ dan lain sebagainya, hal ini memang sudah sangat biasa di kalangan komunitas jejepangan.

Namun, perlakuan seperti ini adalah bentuk kecintaan dan antusiasme dari para penggemar kepada panutan / orang yang dikagumi. 

Kedatangan sang Idola

Comifuro Virtual 2021
Kedatangan Risu, Iofi dan Jaret

Puncak dari segala keramaian selama di blok C adalah saat kehadiran dari sang Idola yaitu Ayunda Risu dan Airani Iofifteen.

Risu yang sekaligus pembawa acara di hari kedua tersebut datang besama dengan Iofi dengan akun user “Wrisu” dan “Yopi“. Namun tidak sebatas mereka berdua saja, ada juga kedatangan dari Jaret dari GHOSTY’s COMIC

Pengaruh dari talenta Hololive ID memanglah sangat besar, sebagaimana antusias di hari kedua tersebut semakin jadi. Siang itu, semua mata langsung tertuju kepada mereka terutama Ayunda Risu dan Iofi.

Bagaimana tidak, kapan lagi akan bertemu dengan idola para pengunjung. Sayangnya memang kehadiran tersebut tidaklah lama karena memang Ayunda Risu sendiri masih ada harus membawa acara hingga sore hari. 

Kata Mereka tentang Comifuro Virtual 2021

Comifuro Virtual 2021
Karya : @rayameylani (dari instagram @canvasartist.co)

Setelah melakukan beberapa wawancara singkat kepada pengunjung dan penjual berikut kata mereka tentang Comifuro tahun ini.

Dari sisi penjual, salah satu narasumber yaitu dari Canvas Artist Community yang menjual merch anime Chainsaw Man, Genshin Impact dan karakter orisinal mereka.

Menurut mereka konvensi online dengan Rabbitsky ini adalah ide yang menarik secara inovasi, tapi konvensi ini kurang optimal jika harus menggunakan ponsel pintar sebagai akses utamanya.

Mereka juga merasa kalau harus daring seperti ini rasa dari acara jejepangannya kurang, dan mereka berharap kalau tahun depan bisa kembali seperti normal. 

Kemudian dari salah satu pengunjung dengan nama “Shiki” yang berharap kalau karakternya bisa lebih personal lagi seperti fitur topi dan aksesoris lainnya.

Selain itu dia merasa kalau desain dari booth agak ‘datar’ jadi kalau bisa standnya punya ruang tersendiri, agar ada interaksi yang lebih menarik.

Namun biarpun begitu menurut dia Rabbitsky ini adalah ide yang bagus sebagai alternatif jika memang harus daring. 


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.