Broadcasted by Galau Jikan FM

Komponis Tanaka Hidekazu Dipolisikan Atas Dugaan Pelecehan di Tokyo

Kabar tidak sedap datang dari industri pop kultur Jepang, yang kini masih diselidiki lebih lanjut.

Seno Triadi
hidekazu tanaka
Sebelum dipolisikan, Tanaka Hidekazu merupakan salah satu nama besar industri musik Jepang, berkecimpung di bidang game dan anime. | FOTO: dok. Soundmain

Komposer untuk sejumlah judul anime dan game asal Jepang, Tanaka Hidekazu, belum lama ini dipolisikan atas dugaan tindak kriminal yang diperbuatnya.

Seorang komponis yang dulu pernah menggarap sejumlah musik game dan anime, termasuk Aikatsu, The IdolMaster, dan lain sebagainya, saat ini sedang diperiksa pihak Kepolisian Tokyo.

Tanaka Hidekazu Ditangkap Polisi Atas Percobaan Kriminal

hidekazu tanaka
Tanaka Hidekazu ditangkap polisi Metro Tokyo pada Senin (24/10) lalu. | FOTO: dok. NHK

Dilansir dari NHK, pada Selasa (25/10) pukul 5:37 waktu setempat, Tanaka diberitakan telah ditangkap karena dicurigai melakukan percobaan pelecehan paksa terhadap seorang gadis, di Distrik Meguro, Tokyo.

Sebuah CCTV dekat stasiun tempat TKP merekam dirinya melakukan aksinya terhadap gadis di bawah umur tersebut.

Hingga berita ini diangkat, Kepolisian Metropolitan Tokyo masih melakukan investigasi terhadap kasus yang mendamprat salah satu penggubah musik game Cinderella Girls tersebut.

Kelakuan Tak Seronok Berujung Malapetaka

kantor polisi himonya
Kantor Polisi Himonya, Meguro, Tokyo, Jepang. | FOTO: Twitter/@kazuyo_iijima | EDIT: Seno Triadi

Tentang kronologis kejadian menurut pihak berwajib, Tanaka diduga mengucapkan kata-kata kotor kepadanya dan menarik tangannya secara paksa.

Seperti melansir Mainichi, pada 20 Agustus lalu seorang pria diduga dirinya melakukan percobaan tidak senonoh terhadap seorang anak di bawah umur, di tempat parkir sepeda di dekat stasiun di Distrik Meguro, Tokyo.

Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Polisi Himonya, Meguro, Tokyo, hingga penyidikan naik ke jenjang Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo.

Polisi akhirnya menggiring Tanaka Hidekazu ke Kantor Polisi Himonya pada Senin (24/10) lalu, dan kini dimintai keterangan lebih lanjut atas perbuatannya.

Hingga artikel ini diangkat, perkembangan dari kasus ini masih terus bergulir.

Viral di Kalangan Warganet Jepang

hidekazu tanaka ditangkap
Kasus pelecehan di bawah umur pernah menimpa penulis Matsuki Tatsuya, kolaborator manga Act-Age, Agustus 2020 silam. | FOTO: Twitter/@ActAgeManga

Insiden Tanaka Hidekazu, salah satu personil grup musik anime MONACA, menjadi viral di media sosial Jepang.

Sempat muncul beberapa jam setelah viral, netizen di Jepang kemudian mengaitkan dengan sejumlah kasus lama serupa dengan peristiwa yang menimpa Tanaka.

Salah satunya adalah penangkapan Matsuki Tatsuya, penulis dari manga Act-Age bersama ilustrator Usazaki Shiro, 8 Agustus 2020 silam.

Meskipun pada akhirnya Matsuki telah mengakui perbuatan kejinya beberapa bulan selepas ditangkap, manga yang berfokus kepada akting ini akhirnya dibatalkan serialisasinya.

Ada lagi, selain nama Tanaka yang viral di jagat media sosial, tren terkait dengan bertuliskan 配信停止 (Haishin teishi, penangguhan distribusi) juga diperbincangkan.

Netizen mengkhawatirkan bahwa apabila Tanaka Hidekazu terbukti bersalah, ada potensi sejumlah diskografi atas nama dirinya akan ditarik dari peredaran pasar musik Jepang, baik fisik maupun digital.

Kekhawatiran tersebut memang wajar lantaran Jepang sangat ketat akan peraturan yang melarang pekerja seni dan artis berbuat tindakan kriminal yang melanggar hukum berlaku di sana.

Belajar dari kasus-kasus serupa sebelum ini, semoga saja industri pop kultur di Jepang masih baik-baik saja!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.