Band Alien Liberty International atau ALI mengumumkan bahwa mereka akan memasuki masa hiatus hingga waktu yang belum ditentukan. Berita ini datang pada hari Jumat, 14 Mei kemarin. Bersamaan dengan pengumuman tersebut, pihak manajemen juga mengumumkan pemutusan kontrak dengan Kadio Shirai, alias Kahadio, sang drummer.

Lewat situs resmi grup, seluruh aktivitas produksi dari band ALI akan ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Pengumuman tersebut kemudian ditutup dengan permintaan maaf pihak produser terhadap para fans.

Kadio Shirai, yang dipanggil dengan nama panggungnya: Kahadio, ditangkap pada 4 April 2021 lalu. Ia dijerat kasus penipuan yang menyasar masyarakat lanjut usia dengan berpura-pura menjadi petugas pemerintah. Kasusnya bertambah lagi pada 24 April 2021, dalam ranah serupa.

Polisi menduga Kahadio menarik uang sebanyak 420 ribu yen (setara dengan 56 juta rupiah) setelah penipuan dilakukan. Tidak hanya itu, ia juga dicurigai menjadi pemimpin dari komplotan penipu. Drummer band ALI tersebut mengakui ia memang menarik uang tersebut, dan Polisi masih mendalami lagi kasus ini.

Karena kasus ini, lagu dari band ALI bertajuk ‘Teenage City Riot’, yang seharusnya rilis perdana sebagai opening dari anime The World End With You batal digunakan. Seri animenya sendiri tayang sesuai jadwal dengan lagu pembuka yang diubah.

Menyusul pengumuman hiatus band Band ALI dan pemecatan drummer Kahadio, kanal-kanal streaming dari Alien Liberty International diberitakan telah menutup akses penggemar pada lagu-lagu karya band tersebut.

Channel Youtube band ALI yang sebelumnya telah mengunggah video klip Wild Side dan Lost in Paradise, kini menyembunyikan video-video mereka. Namun, beberapa lagu masih bisa diakses lewat Spotify dan Youtube Music.

Grup band ALI dengan aliran musik funk/hip-hop tersebut mulai naik daun setelah membawakan lagu pembuka untuk anime BEASTAR, Noblesse, dan Jujutsu Kaisen. Sayangnya, dengan kasus yang menjerat sang drummer, lagu terbaru mereka tidak kunjung rilis bahkan hingga sekarang.

Band ALI pertama debut pada tahun 2019 dengan album Wild Side. Anggota band tersebut terdiri atas Leo Imamura, Luthfi Rizki Kusumah, Alexander Taiyo Fidel, Jin Inoue, Yu Hagiwara, dan César Aiichiro. Kadio Shirai, saat ini sudah resmi tidak menjadi anggota grup tersebut.

Nawala Karsa NK Kurio