Kadio Shirai (Kahadio), sang drummer dari band ALI kembali bermasalah dengan polisi Jepang. Akhir-akhir ini, band ALI naik daun setelah mengisi lagu tema beberapa judul anime. Sebelumnya pada awal April, Kahadio terjerat kasus yang membuat anime The Worlds End With You membatalkan lagu tema pembuka yang dinyanyikan oleh ALI, dan menggantinya dengan lagu lain.

Kadio Shirai terjerat dalam kasus penipuan, dimana ia diduga berperan sebagai pihak yang menarik uang korban lewat ATM. Dilansir dari Stasiun Televisi TBS, salah satu korban merupakan orang tua berumur 70-an, yang ditipu dengan modus pengembalian uang dari biaya berobat. Korban diminta untuk mentransfer uang sebanyak 2,31 juta yen (sekitar tiga ratus juta rupiah) untuk memproses pengembalian tersebut, yang tentu saja dibawa kabur pelaku.

Pada 24 April 2021, Kadio Shirai kembali dijerat dengan kasus penipuan serupa yang belum diumumkan secara spesifik. Polisi menduga Kahadio menarik uang sebanyak 420 ribu yen (setara dengan 56 juta rupiah) setelah penipuan dilakukan, dan merupakan pemimpin dari komplotan penipu. Kahadio sendiri mengakui bahwa ia memang menarik uang tersebut, dan polisi masih bekerja mencari koneksi tersangka.

Beberapa tahun belakangan, kepolisian Jepang memang sedang memburu pelaku-pelaku penipuan yang berpura-pura menjadi pegawai pemerintah. Penipu ini menjebak korbannya dengan menawarkan dana refund selama mereka menarik uang dari ATM, atau memberikan kartu ATM mereka pada pelaku.

Atas kasus yang menjerat drummer band ALI dengan polisi, lagu TEENAGE CITY RIOT yang seharusnya jadi lagu pembuka The Worlds End With You dibatalkan, dan studio animasi yang memproduksi tersebut memutuskan untuk mengganti lagu tema anime tersebut. The Worlds End With You sendiri tayang sesuai jadwal.

Situs resmi band ALI memposting pengumuman kasus yang menjerat Kahadio, dan permintaan maaf terhadap pihak-pihak yang dirugikan. Selain itu, mereka juga akan mengawasi berjalannya proses kasus ini, dan memberi konsekuensi terhadap member yang bersangkutan.

Tentang Band ALI

ALI merupakan kepanjangan untuk Asian Liberty International, sebuah band beraliran funk, jazz, dan hip-hop. Dibentuk pertama kali pada tahun 2016 di Shibuya, ALI mulai menarik perhatian setelah salah satu lagu mereka, Wild Side menjadi lagu pembuka anime Beastar. Setelahnya Lost in Paradise menjadi lagu penutup anime Jujutsu Kaisen, dan memperoleh respon positif dari fan anime maupun non-fan.

Salah satu member ALI, merupakan pemuda kelahiran Indonesia bernama Luthfi Rizki Kusumah, dan memegang alat musik gitar bass.

Nawala Karsa NK Kurio