Para penggemar anime dan manga di seluruh dunia pasti tidak asing dengan Weekly Shounen Jump.

Bagaimana tidak, berbagai judul adaptasi anime ternama seperti Yakusoku no Neverland, Dr. Stone, dan One Piece berawal dari serial manga yang diterbitkan dalam majalah asuhan Penerbit Shueisha ini.

Tapi, ada sebuah fakta yang sangat menarik tentang para pembacanya. Meskipun semua serial manga dalam majalah tersebut ditargetkan untuk para pembaca remaja lelaki, sebuah survei terbaru dari LINE Research menyatakan bahwa Weekly Shounen Jump juga digemari oleh para pembaca remaja perempuan.

Weekly Shonen Jump jadi majalah manga terpopuler

majalah weekly shonen jump

Sejak tanggal 23 hingga 26 April 2021 lalu, LINE Research mengadakan sebuah survei tentang kegemaran remaja laki-laki dan perempuan di Jepang terhadap manga.

Sebanyak 1.004 pelajar SMA, baik laki-laki maupun perempuan dalam rentang usia 15 – 18 tahun, ikut berpartisipasi dalam survei ini.

Beberapa pertanyaan yang ada dalam survei ini adalah kebiasaan membaca manga di kalangan anak muda, majalah manga apa yang biasanya dibaca oleh para remaja, dan manga apa yang digemari oleh para remaja.

Jawaban dari pertanyaan pertama memang bermacam-macam, tapi jawaban untuk pertanyaan kedua dan ketiga cukup mengejutkan.

Rupanya, para remaja Jepang saat ini tidak banyak membaca majalah manga dalam bentuk fisik. Dilansir dari Otaquest, sebanyak 51,6% remaja laki-laki dan 57.3% remaja perempuan menyatakan demikian.

Hal inilah yang membuat sejumlah majalah manga mengubah haluannya dari majalah fisik menjadi majalah digital yang dapat diakses dengan mudah.

majalah weekly shonen jump

Namun, jika mereka membacanya, para remaja laki-laki dan perempuan pasti membaca majalah Weekly Shounen Jump.

Majalah ini menempati posisi pertama dalam masing-masing kategori, dengan perolehan angka 30.3% dari kalangan remaja laki-laki dan 19.4% dari kalangan remaja perempuan.

Dalam kategori majalah manga yang dibaca remaja pria, Weekly Shounen Jump berada di atas Weekly Shounen Magazine di posisi kedua dan Weekly Young Jump di posisi ketiga.

Sementara itu, majalah Ribon dan Bessatsu Margaret menjadi majalah manga favorit lainnya yang dibaca para remaja perempuan.

Jujutsu Kaisen jadi manga terfavorit

majalah weekly shonen jump

Salah satu hal yang menarik perhatian dari survei ini adalah judul-judul manga favorit yang selalu dibaca oleh remaja laki-laki dan perempuan di Jepang.

Peringkat 2 hingga 10 dari masing-masing kategori memang berbeda, namun ada satu manga yang berhasil menempati posisi pertama dalam dua kategori tersebut.

majalah weekly shonen jump

Adalah Jujutsu Kaisen, serial manga karya Gege Akutami, yang menjadi manga terpopuler dan favorit para pembaca remaja. Hal ini dibuktikan dengan sebanyak 29% remaja laki-laki dan 28,2% remaja perempuan membaca serial ini.

Peringkat kedua dan ketiga dalam kategori pembaca laki-laki masing-masing diduduki oleh Boku no Hero Academia dan One Piece.

Dalam kategori pembaca remaja perempuan, Yakusoku no Neverland dan Honey Lemon Soda masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga dalam daftar tersebut.

Bagaimana menurut pendapat NawaReaders? Apakah kalian setuju dengan peringkat survei di atas? Beritahu kami pendapat kalian lewat kolom komentar, ya!

Nawala Karsa NK Kurio