Pada beberapa waktu lalu, telah diumumkan bahwa manga One Piece karya Eiichiro Oda telah memasuki chapter ke-1000. Dalam rangka merayakan 1000 chapter, ada serangkaian kegiatan dan program kolaborasi yang dilakukan di bawah kampanye “One Piece 1000 Logs”. Sebut saja polling karakter One Piece oleh para fans di seluruh dunia dan kolaborasi dengan majalah manga shoujo.

Berbagai ilustrasi dan konten One Piece dalam kolaborasi

Edisi bulan Maret 2021 dari majalah manga shoujo Ribon yang telah dirilis pada Rabu (3/2) kemarin menampilkan berbagai ilustrasi karakter One Piece dari sejumlah mangaka manga shoujo. Para karakter One Piece yang digambar oleh para mangaka manga shoujo merupakan karakter-karakter terkenal dari serial itu seperti Robin, Nami, dan Bibi to Yamato.

Berikut adalah salah satu contoh ilustrasi Nami. Ilustrasi ini dibuat oleh Mayu Murata, mangaka dari manga Honey Lemon Soda yang diterbitkan dalam majalah Ribon.

manga one piece ribon

Tambahan lainnya dalam kolaborasi ini adalah majalah Ribon menampilkan cover dari manga One Piece yang bergaya volume tankobon rilisan RMC (Ribon Mascot Comics). Cover tersebut menampilkan Luffy, Kid, Trafalgar Law, dan sejumlah karakter One Piece lainnya yang Oda gambar dalam kolom tanya jawab dengan pembaca di volume tankobon One Piece.

Oh ya, karena ini adalah majalah manga shoujo, pastinya One Piece akan diikutsertakan dalam berbagai kolom khas majalah tersebut. Salah satunya adalah “Friendship Chocolate Matching Test”, sebuah kuis kecocokan para pembaca dengan berbagai karakter One Piece. Kuis yang dibuat oleh 2 Bon Clay ini akan memberitahu para pembaca mengenai siapa karakter One Piece yang mereka dapat berikan cokelat persahabatan.

Apa itu majalah Ribon?

manga one piece ribon

Mungkin ada beberapa di antara kalian yang penasaran dengan majalah manga shoujo Ribon, yang saat ini tengah berkolaborasi dengan manga One Piece. Sekadar informasi, Ribon adalah sebuah majalah manga shoujo asuhan penerbit Shueisha yang telah berdiri sejak 1955. Saat ini, Ribon menjadi “rumah” dari berbagai manga shoujo terkenal, seperti manga asli Mimi ga Sumaseba atau Whisper of the Heart, Full Moon wo Sagashite, Phantom Thief Jeanne, dan Chibi Maruko-chan.

Majalah Ribon juga telah memiliki berbagai majalah spin-off yang sempat bertahan selama beberapa waktu, seperti Bessatsu Ribon, Ribon Comic, dan Ribon Original. Berbeda dengan majalah manga lainnya milik penerbit Shueisha, Weekly Shonen Jump, Ribon terbit setiap sebulan sekali.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio