Penting!
Kominfo Telah Buka Blokir Steam | Gunakan Cara Ini untuk Membuka Blokir Internet Positif | Ayukawa Media Menentang Tindakan Kemenkominfo dalam Insiden Pemblokiran 30 Juli 2022

Penulis Skenario Cowboy Bebop Nobumoto Keiko Meninggal Dunia

Naufal Alfarizy
nobumoto keiko meninggal dunia penulis naskah cowboy bebop
Penulis naskah Cowboy Bebop, Nobumoto Keiko (kiri) dan karakter Spike Spiegel (kanan)

Kabar kurang mengenakkan kembali menyelimuti franchise Cowboy BebopPada hari Jumat (10/12) lalu, penulis skenario kenamaan Jepang Nobumoto Keiko dinyatakan telah meninggal dunia.

Penulis skenario Cowboy Bebop, Tokyo Godfather hingga Urufuzu Rein ini telah dikenal lama dalam industri kreatif Jepang, terutama dalam produksi anime.

Nobumoto Keiko Berpulang di Usia 57 Tahun

Nobumoto Keiko

Nobumoto Keiko, lahir pada tahun 1963, meninggal di usianya yang ke-57 tahun pada hari Rabu (1/12/2021) lalu. Pemakamannya telah dilaksanakan secara terbatas pada tanggal 4 Desember 2021.

Beliau telah terlibat banyak dalam proyek produksi anime dan bahkan memberikan dampak besar pada produksi di industri permainan digital.

Keahlian penulis skenario kenamaan tersebut, yang membawa kisah seri anime Cowboy Bebop menjadi sangat populer itu, tidak dapat diragukan lagi semasa hidupnya. Ia telah menggawangi sejumlah produksi skenario anime yang turut menarik dan populer di kalangan kawula muda.

Selain ketiga anime yang telah disebutkan, Nobumoto Keiko menulis skenario pada anime seperti Carole & Tuesday, Macross Plus, Space Dandy, hingga Samurai Champloo.

Ia turut terlibat dalam produksi sinetron (atau FTV) dari stasiun Fuji TV di tahun 2013 dengan tajuk Bakkenrekodo wo Koete.

Mengidap Kanker Kerongkongan

nobumoto keiko meninggal dunia dai sato facebook
Obituari yang dibuat Dai Sato untuk Nobumoto Keiko di Facebook | PHOTO: Dai Sato / facebook.com

Salah satu rekan penulis naskah Nobumoto Keiko dalam seri anime Cowboy Bebop, yakni Dai Sato, menyatakan dalam obituari terbukanya di akun Facebook resminya bahwa Nobumoto telah lama mengidap kanker kerongkongan (Esophageal).

Kanker Esophageal merupakan kanker yang terletak di saluran yang memanjang antara tenggorokan dengan perut.

Umumnya, kanker tersebut terbentuk dari adanya dampak merokok dan tidak terkendalinya asam lambung dalam esofagus itu sendiri.

Meski demikian, Dai Sato menuturkan bahwa sebelum meninggal dunia, Nobumoto Keiko tidak pernah mengeluhkan penyakit tersebut dan menceritakannya. “Saya tahu bahwa beliau (telah dirawat) di rumah sakit tahun ini dan mengeluhkan tidak enak badan,” ujar Sato.

“Namun ia tidak pernah menceritakan tentang penyakitnya,” tambahnya, “dan hal terakhir yang aku ingat adalah saat dimana kami berdua tengah bercanda secara daring.

Peran Luar Biasanya dalam Seri Anime Cowboy Bebop

nobumoto keiko cowboy bebop
FOTO: We Got This Covered | EDIT: Nawala Karsa

Sebagai penulis skenario, Nobumoto Keiko bertanggung jawab atas sejumlah episode Cowboy Bebop yang luar biasa menarik.

Episode seperti My Funny Valentine, Jupiter Jazz, hingga episode final-nya yakni The Real Folk Blues berada dalam kendalinya sebagai penulis skenario dan berhasil menarik perhatian penggemar.

Keterlibatannya dalam serial anime Cowboy Bebop juga tak dapat dipisahkan dengan sutradara Watanabe Shinichiro. Keduanya berhasil mengangkat serial ber-genre Sci-Fi tersebut menjadi menarik dan populer.