Broadcasted by Galau Jikan FM

Film Dokumenter Satoshi Kon Bakal Tayang di Cannes 2021

satoshi kon dokumenter

Pada Sabtu lalu (26/6), perusahaan distribusi film asal Prancis, Carlotta Films, mengumumkan bahwa film dokumenter berjudul Satoshi Kon, l’illusionniste (Satoshi Kon, The Illusionist), akan tayang perdana di Festival de Cannes pada tahun 2021 ini.

Sempat Direncanakan Tayang 2020 Silam

Sebelumnya, Carlotta Films sempat merilis sebuah video teaser untuk film ini dan direncanakan untuk tayang pada 2020 lalu.

Namun, perilisan itu ditunda karena situasi pandemi COVID-19 yang melanda dunia. Pada Maret 2021, mereka kembali merilis sebuah video teaser dan menyatakan bahwa film itu akan tayang “segera”.

Film Satoshi Kon, l’illusionniste akan tayang di salah satu festival film ternama di dunia ini dalam sesi penayangan film dokumenter. Festival de Cannes 2021 sendiri akan berlangsung dari tanggal 6 – 17 Juli 2021.

Siapa saja yang ada di film ini?

satoshi kon dokumenter

Film dokumenter yang berisi biografi sutradara animasi kenamaan Satoshi Kon ini akan menampilkan sejumlah sutradara dan pihak-pihak yang telah bekerja sama dengan Satoshi Kon. Mereka datang dari Jepang dan dari negara-negara Barat.

Dari Jepang, akan tampil Mamoru Oshii, Mamoru Hosoda, Masao Maruyama, Taro Maki, Masashi Ando, Aya Suzuki, Masaki Usada, Sadayuki Murai, Hiroyuki Okiura, Masafumi Mima, Yasutaka Tsutsui, Nobutaka Ike, Junko Iwao, Megumi Hayashibara, dan Shouzou Iizuka.

Sementara itu, dari Barat, akan hadir Jeremy Clapin, Marc Caro, Marie Pruvost-Delaspre, Alexis Blanchet, Dimitri Megherbi, Yael Ben Nun, Rodney Rothman, Andrew Osmond, dan sutradara ternama Darren Aronofsky.

Tentang Satoshi Kon

satoshi kon dokumenter

Satoshi Kon adalah seorang screenwriter, ilustrator manga, dan sutradara ternama asal Jepang. Namanya dikenal karena film-film anime yang mengangkat isu dan mengusung gaya yang berbeda dengan film anime kebanyakan, seperti Perfect Blue dan Paprika.

Pada masa mudanya yang ia habiskan di Sapporo, Hokkaido, Satoshi Kon terinspirasi untuk menjadi seorang animator setelah melihat berbagai macam serial anime seperti Heidi, Girl of the Alps dan Mobile Suit Gundam. Karya-karya Yasutaka Tsutsui juga memengaruhi gaya animasi yang diciptakan oleh Kon.

Sebelum menjadi sutradara, Satoshi Kon sempat debut sebagai mangaka dengan karya Toriko dan Kaikisen.

Ia mulai bekerja dalam bidang industri animasi sebagai ilustrator dari video Roujin Z karya Hiroyuki Kitakubo dan Katsuhiro Otomo pada 1991. Satoshi Kon juga sempat menulis skrip dan menjadi pengarah dari film Magnetic Rose yang ada dalam antologi film Memories.

Film pertama dari Satoshi Kon adalah Perfect Blue, sebuah film yang mengangkat isu yang kerap terjadi pada para idola, pada tahun 1997.

Setelah itu, Satoshi Kon menyutradarai film-film lainnya yang juga mendapat serangkaian penghargaan, seperti Millenium Actress (2001), Tokyo Godfathers (2003), Paranoia Agent (2004), dan Paprika (2006).

Setelah mengalami kanker pankreas dan sempat didiagnosis oleh dokter untuk hidup selama setengah tahun lamanya, Satoshi Kon meninggal dunia pada 24 Agustus 2010 di usianya yang ke-46.

Namanya masuk dalam bagian Fond Farewells di majalah Time pada tahun yang sama dan Darren Aronofsky juga memberikan eulogi untuknya dalam buku Satoshi Kon’s Animated Works.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.