Pada Kamis (10/6), tim editorial majalah manga Weekly Shounen Jump mengumumkan melalui akun resmi Twitter mereka bahwa serial manga Jujutsu Kaisen akan hiatus. Pasalnya, sang mangaka, Gege Akutami, mengalami masalah kesehatan dan sedang sakit.

Pernyataan resmi

Baik tim editorial majalah manga Weekly Shounen Jump dan Gege Akutami sendiri telah mengumumkan pemberitaan hiatus ini di media sosial Twitter.

Berikut adalah pernyataan resmi dari tim editorial Weekly Shounen Jump tentang hiatusnya Jujutsu Kaisen.

Dikarenakan kondisi fisik Gege Akutami yang kurang baik, Jujutsu Kaisen tidak akan muncul untuk sementara waktu dari edisi selanjutnya. Akutami ingin terus menulis, tetapi setelah melalui beberapa diskusi dengan departemen editorial, telah diputuskan bahwa akan menjadi hal yang baik bagi Akutami untuk istirahat untuk beberapa waktu lamanya. Kami menentukan bahwa ini adalah keputusan terbaik bagi sang mangaka untuk memulihkan kondisi fisiknya.”

Pernyataan kedua datang dari Gege Akutami sendiri. Melalui pernyataan ini, Akutami meminta maaf kepada para penggemar.

Namun ia tahu bahwa saat ini pemulihan kondisi fisiknya harus diutamakan.

“Saya telah diminta oleh departemen editorial untuk istirahat dari serial ini,” ujar Akutami.

“Tapi saya tidak ingin memperlambat perilisan mingguan Jujutsu Kaisen karena saya ingin menggambar akhir cerita ini sesegera mungkin, dan menunda jawaban saya,” kata sang komikus.

Namun, komikus Gege Akutami juga menjelaskan bahwa ia tidak dapat mengembalikan jadwalnya jika dibandingkan dengan mangaka lain ketika mereka beristirahat.

“Jika tidak ada yang dilakukan tentang ini, hal yang sama akan terus berulang, jadi saya menerima permintaan dari departemen editorial,” jelasnya.

“Bahkan, jika saya berkata bahwa saya sakit, itu bukanlah penyakit yang serius. Kesehatan mental saya baik-baik saja, jadi jangan khawatir tentang itu,” timpalnya.

“Saya sangat minta maaf karena saya akan membuat Anda menunggu. Ketika saya kembali, saya akan melakukan yang terbaik dalam serialisasi Jujutsu Kaisen,” tutup Gege Akutami.

Chapter selanjutnya masih akan dirilis

Pihak editorial majalah Weekly Shounen Jump mengungkapkan bahwa serial manga Jujutsu Kaisen akan mulai hiatus dari edisi ke-29 yang akan terbit tanggal 21 Juni 2021.

Meski begitu, chapter selanjutnya dari Jujutsu Kaisen dapat dibaca di edisi Weekly Shounen Jump yang akan rilis di edisi ke-28 pada tanggal 14 Juni, maupun di aplikasi Manga Plus.

Tentang Jujutsu Kaisen

manga jujutsu kaisen

Jujutsu Kaisen adalah serial manga bergenre supranatural yang digarap oleh Gege Akutami.

Serial Jujutsu Kaisen diterbitkan dalam majalah manga Weekly Shounen Jump sejak Maret 2018 lalu. Hingga saat ini, terhitung ada 16 volume tankoubon yang dimiliki Jujutsu Kaisen.

Serial ini berkisah mengenai Yuji Itadori, seorang pemuda SMA biasa yang atletis namun memilih untuk bergabung dalam klub okultisme alih-alih klub olahraga.

Hidupnya berubah ketika bertemu dengan Megumi Fushiguro, seorang penyihir Jujutsu yang mencari sebuah artefak terkutuk di sekolahnya.

Ketika Itadori dan Fushiguro menemukan artefak itu, semua sudah terlambat. Itadori telah memakannya dan itu mengubahnya menjadi ancaman terbesar dari komunitas Jujutsu di seantaro Jepang.

Jujutsu Kaisen telah diadaptasi menjadi serial anime yang disutradarai oleh Sunghoo Park dan diproduksi oleh studio MAPPA.

Adaptasi anime membuat Jujutsu Kaisen menjadi sangat populer. Penjualan manganya pun juga ikut meningkat, bahkan telah mencapai lonjakan sebesar 590% pada Mei 2021.

Nawala Karsa NK Kurio