Pada Selasa kemarin (24/11), majalah manga online Shonen Jump+ (dibaca  dari penerbit Shueisha mengumumkan bahwa majalah tersebut akan mengganti jadwal rilisnya.

Ubah Jadwal Rilis Manga

Awalnya, majalah manga online tersebut dirilis secara mingguan. Namun, mulai 1 Desember 2020, Shonen Jump+ akan dirilis secara bulanan.

Melihat jadwal perilisan manga di aplikasi Shonen Jump+ ini, sejumlah pembaca menjadi bingung dan tidak yakin apakah mereka harus tetap menunggu selama sebulan untuk membaca manga favorit mereka atau tidak. Hal ini terlihat dalam beberapa respon warganet dari cuitan akun @WSJ_manga, sebuah akun yang menerjemahkan berbagai berita dari Weekly Shonen Jump dan Shonen Jump+ ke dalam bahasa Inggris.

Tidak Mempengaruhi Jadwal Rilis Manga di Weekly Shonen Jump

Kini manga dalam majalah manga online Shonen Jump+ akan dirilis secara bulanan. Namun hal tersebut tidak akan berpengaruh pada jadwal perilisan manga di majalah Weekly Shonen Jump. Weekly Shonen Jump tetap akan dirilis secara mingguan seperti biasa. Hanya saja para pembaca Weekly Shonen Jump dan Shonen Jump+ dapat membaca manga favorit mereka dalam waktu yang berbeda dalam dua medium yang berbeda pula.

Tentang Shonen Jump+

weekly shonen jump manga

Shonen Jump+ adalah sebuah majalah manga online dirilis oleh penerbit Shueisha pada September 2014 lalu. Majalah manga online gratis dan legal yang beroperasi dalam aplikasi online. Selain itu, situs resmi ini menampilkan berbagai macam jenis manga. Terlepas dari judulnya, tidak hanya manga bergenre shounen saja yang ditampilkan, manga untuk para pembaca perempuan juga ada.

Manga yang ditampilkan dalam Shonen Jump+ meliputi sejumlah judul original yang hanya ada di majalah manga online tersebut. Ada juga manga yang diserialisasikan dalam majalah fisik Weekly Shonen Jump yang dirilis tiap minggu. Beberapa manga yang diserialisasikan dalam majalah manga online ini adalah Spy x Family, Hell’s Paradise: Jigokuraku, dan adaptasi manga dari SSSS.Gridman.

Pada Mei 2019, Shonen Jump+ diketahui sudah diunduh sebanyak 10 juta kali. Jika digabungkan dengan situs resminya, Shonen Jump+ memiliki 2,5 juta pengguna aktif dalam seminggu. Shonen Jump+ juga telah meraih keuntungan penjualan sebanyak lebih dari 12 juta yen (kira-kira Rp 1 miliar), membuktikan bahwa majalah manga online ini tidak kalah dengan majalah fisiknya.

Hingga saat ini, aplikasi dan situs resmi Shonen Jump+ hanya dapat digunakan oleh para pembaca manga di Jepang. Para penyuka manga di seluruh dunia dapat mengakses situs dan aplikasi resmi lainnya yang disediakan oleh Shueisha untuk para pembaca internasional, yaitu Manga Plus yang juga menyediakan berbagai judul manga yang legal dan gratis.

Nawala Karsa NK Kurio