Setiap tahunnya, situs Oricon selalu merilis peringkat buku terlaris yang dijual dalam paruh pertama sebuah tahun. Pada Senin (31/5), situs tersebut telah merilis peringkat buku terlaris pada paruh pertama tahun 2021, dimana Kimetsu no Yaiba termasuk di dalamnya.

Dalam peringkat tersebut, terdapat kategori buku secara umum atau general book ranking, manga secara umum, volume manga, light novel secara umum, dan volume light novel terlaris.

Angka penjualan untuk semua buku, komik, dan light novel yang masuk ke dalam daftar ini diambil dari penjualan di tanggal 23 November 2020 hingga 23 Mei 2021.

Setelah dilakukan penghitungan, serial manga Kimetsu no Yaiba keluar sebagai peraih posisi pertama untuk daftar peringkat buku secara umum paling laris terjual atau general book ranking, manga secara umum, dan volume manga terlaris di paruh pertama 2021.

Kimetsu no Yaiba Raih Peringkat satu General Book Ranking

Art book pertama dari serial Kimetsu no Yaiba, Kimetsu no Yaiba Koyoharu Gasshu -Ikuseisou-, meraih posisi pertama untuk general book ranking atau peringkat buku terlaris secara umum.

Art book tersebut telah terjual sebanyak 470.183 kopi. Selain art book, buku mewarnai dan buku karakter Kimetsu no Yaiba juga membantu serial tersebut untuk meraih posisi pertama.

Dalam posisi kelima peringkat buku terlaris secara umum, terdapat buku mewarnai Kimetsu no Yaiba Nuriehon -Ao- (Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Coloring Book: Blue) yang telah terjual sebanyak 356.302 kopi.

Sementara itu, Kimetsu no Yaiba Nuriehon -Aka- (Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Coloring Book: Red) meraih posisi ketujuh dengan penjualan sebesar 260.596 kopi.

Buku selanjutnya yang muncul dari Kimetsu no Yaiba dalam peringkat buku terlaris secara umum pada paruh pertama 2021 ini adalah Official Character Book ke-3 dari serial anime itu.

Buku karakter tersebut meraih posisi ke-11 dengan penjualan sebesar 260.596 kopi. Oleh karena penjualan buku-buku di atas dan juga berbagai buku lainnya, Koyoharu Gotouge menjadi penulis teratas dalam peringkat buku terlaris dengan penjualan sebanyak 1.146.042 kopi.

Peringkat pertama volume manga terlaris

Selain meraih peringkat pertama dalam penjualan buku secara umum, Kimetsu no Yaiba juga meraih posisi pertama dalam peringkat volume manga terlaris dalam paruh pertama tahun 2021.

Volume ke-23 sekaligus terakhir dari Kimetsu no Yaiba meraih posisi pertama dengan penjualan sebanyak 4.982.832 kopi.

Lima volume Kimetsu no Yaiba lainnya yang muncul dalam peringkat ini. Terdapat Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Side Story di posisi kedua dengan sebanyak 2.289.411 kopi yang terjual.

Kimetsu no Yaiba Official Fan Book II bertengger di posisi ketujuh dengan penjualan sebesar 1.630.162 kopi.

Ketiga volume lainnya adalah Kimetsu no Yaiba volume ke-22 yang meraih peringkat ke-21 dengan sebanyak 1.171.508 kopi yang terjual, volume 19 yang ada di peringkat ke-24 dengan 1.005.455 kopi yang terjual, dan peringkat ke-25 diberikan kepada volume ke-18 dengan penjualan sebesar 1.005.265 kopi.

Dalam peringkat tersebut, ada pula berbagai manga lainnya seperti One Piece, Shingeki no Kyojin, SPYxFAMILY, dan Jujutsu Kaisen.

Serial Jujutsu Kaisen memiliki volume manga terbanyak yang muncul dalam peringkat itu, dengan hampir semua volume mendapatkan peringkat penjualan manga fisik terbanyak.

Kimetsu no Yaiba capai penjualan manga fisik terbanyak

Dalam peringkat penjualan manga fisik terbanyak, Kimetsu no Yaiba juga meraih posisi pertama dengan 26.351.483 kopi manga yang paling laris terjual.

Keempat manga lainnya yang memasuki peringkat teratas dalam daftar ini adalah Jujutsu Kaisen, Tokyo Revengers, Shingeki no Kyojin (Attack on Titan), dan Chainsaw Man.

Jujutsu Kaisen karya Gege Akutami meraih peringkat kedua dengan penjualan sebesar 23.797.483 kopi. Dalam peringkat ketiga, ada Tokyo Revengers karya Ken Wakui dengan sebanyak 5.007.825 kopi manga fisik yang terjual.

Sementara itu, Shingeki no Kyojin karya Hajime Isayama dan Chainsaw Man karya Tatsuki Fujimoto masing-masing menduduki peringkat keempat dan kelima dengan penjualan sebanyak 4.635.754 kopi (Shingeki no Kyojin) dan 4.181.650 kopi (Chainsaw Man).

Nawala Karsa NK Kurio