Broadcasted by Galau Jikan FM

Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia

Buckingham Palace, Inggris mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usianya yang ke-96 tahun.

Naufal Alfarizy
Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia
FOTO: Michael Reeve (kiri) & BBC (kanan)

Setelah dikabarkan tengah dirawat secara intesif akibat kesehatannya yang menurun, Buckingham Palace resmi mengumumkan bahwa Ratu Inggris Elizabeth II telah meninggal dunia.

Ratu Elizabeth II sebelumnya telah dipantau secara maksimal oleh tim dokter kerajaan Inggris karena masalah kesehatannya tersebut sejak hari Kamis (8/9) lalu, mengutip CNBC Indonesia.

Meninggal Dunia di Kastil Balmoral

Mengutip BBC News, Ratu Elizabeth II meninggal dengan tenang di Kastil Balmoral, Skotlandia, Inggris pada sore waktu setempat.

Pangeran dari Wales Charles, yang kini telah diangkat menjadi Raja Inggris Raya, beserta keluarga besar kerajaan akan tinggal selama semalam di Balmoral dan akan kembali ke London esok hari.

Sebelum naik takhta, Charles telah memangku gelar sebagai Pangeran dari Wales dalam waktu yang lama. Ia memangku gelar tersebut selama 64 tahun, dan kini ia telah berusia 73 tahun.

Keluarga kerajaan akan kembali ke London untuk menggelar pemakaman Ratu Inggris Elizabeth II yang telah meninggal dunia.

Meski demikian, belum ada pengumuman lebih lanjut terkait dimana Ratu Elizabeth II akan dimakamkan.

Sebelumnya, ia sempat dirawat karena mengalami ‘masalah mobilitas episodik’, ungkap Buckingham Palace.

Elizabeth II, Ratu yang Paling Lama Berkuasa di Inggris

Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia
Ratu Elizabeth II saat di Buckingham Palace (kiri) dan bertemu dengan publik (kanan) | FOTO: Julian Caider (kiri) dan Marca (kanan)

Ratu Elizabeth II merupakan ratu Inggris Raya yang paling lama berkuasa dalam negara monarki tersebut. Ia juga menjadi ratu bagi 16 negara persemakmuran yang ada.

Ratu Inggris tersebut berkuasa selama 70 tahun dan 214 hari, sejak penobatannya pada tanggal 6 Februari 1952 hingga kematiannya pada 8 September 2022.

Ratu Elizabeth II dinobatkan sebagai penerus takhta penguasa Inggris Raya dan Persemakmuran setelah ayahnya, yakni George VI, naik takhta sebelumnya di tahun 1936 silam.

Dua hari sebelum ia meninggal dunia, Elizabeth II resmi menunjuk Perdana Menteri ke-15 Inggris dalam monarkinya yakni Elizabeth Truss.

Hingga berita ini diangkat, PM Truss belum mengumumkan informasi lebih lanjut mengenai kepergian Ratu Elizabeth II selain dari konferensi pers yang digelar di Downing Street.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.