Broadcasted by Galau Jikan FM

Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Sebar Poster Risiko Stunting

Baru-baru ini, mahasiswa KKN-Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur menggerakkan kampanye penyebaran poster cegah risiko stunting.

Naufal Alfarizy
Mahasiswa KKN UPNVJT Risiko Stunting

Dalam rangka mendukung penurunan risiko stunting melalui media poster mahasiswa KKN-Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur menggerakkan kampanye.

Kampanye tersebut digerakkan untuk menyampaikan informasi terkait pencegahan risiko stunting melalui Pola Hidup Sehat, Kesehatan Ibu Hamil, Bantu Jaga Kualitas Air, dan Gizi Lengkap Anak Sehat.

Kampanye tersebut dilaksanakan dengan cara menyebarkan poster di Pustu Candiharjo dan tiap balai dusun Desa Candiharjo, yaitu Dusun Bangkal, Dusun Perjito, dan Dusun Kesono. Penyebaran poster ini dilakukan pada hari Kamis, 19 Mei 2022. 

Poster yang pertama terkait cara menjaga Pola Hidup Sehat yang meliputi buang sampah pada tempatnya, jaga kebersihan lingkungan, tidak malas mandi, dan cuci tangan pakai sabun.

Mahasiswa KKN UPNVJT Risiko Stunting
FOTO: UPN Veteran Jawa Timur

Poster yang kedua terkait cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil untuk Mencegah Stunting, pencegahan stunting dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan Ibu Hamil seperti, periksa kehamilan minimal 4x, melakukan stimulasi janin, menjaga kebersihan diri, penuhi asupan gizi ibu hamil, olahraga rutin, dan istirahat yang cukup.

Selain itu, poster yang ketiga terkait cara Bantu Jaga Kualitas Air, seperti cuci tangan pakai sabun, kelola sampah rumah tangga dengan baik, tidak buang air besar sembarangan, kelola limbah cair rumah tangga, dan kelola kebutuhan air untuk makan dan minum.

Yang terakhir, Gizi Lengkap Anak Sehat, seperti karbohidrat, protein, kalsium, buah & sayur, dan vitamin D.

Bidan desa Candiharjo mendukung dengan adanya poster yang dipasang ditiap balai dusun. “Iya tidak apa-apa apabila posternya dipasang di tiap balai dusun desa ini, saya mendukung kegiatan ini,” ujar bidan di desa tersebut.

“Dengan adanya poster ini semoga masyarakat bisa mengetahui informasi terkait pencegahan risiko stunting.” Ucap Ibu Wida selaku bidan Desa Candiharjo.

Dengan adanya kampanye melalui media poster ini diharapkan masyarakat lebih tertarik untuk mengetahui dan membaca informasi terkait pencegahan risiko stunting sehingga dapat membantu menurunkan angka stunting yang ada di Desa Candiharjo Kabupaten Mojokerto ini.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.