Broadcasted by Galau Jikan FM

UPN Veteran Jatim Buka KKN Tematik di Kembangsri, Mojokerto

Naufal Alfarizy
desa Kembangsri stunting Mahasiswa KKN Tematik UPN Veteran Jawa Timur
FOTO: UPN Veteran Jawa Timur

KKN Tematik Kelompok 104 UPN Veteran Jatim lakukan pembukaan secara resmi di desa Kembangsri, Ngoro, Mojokerto pada hari Rabu (23/03/2022) lalu.

Dengan skema yang diambil Desa Bebas Stunting dengan program kerja yang dibawa termasuk Sanitasi Lingkungan, Keluarga sehat, dan Dispensasi Pernikahan. dengan kerjasama mitra bidan desa, pengurus Kelurahan, dan lini Pendidikan sekitar Desa Kembangsri.

“Dengan masifnya penyebaran pengetahuan mengenai Gizi keluarga dan 1000 hari pertama kelahiran,” ujar bidan Desa Kembangsri, “maka permasalahan stunting tidak akan terjadi di desa Kembangsri.”

Selain kurangnya pengetahuan para ibu mengenai stunting, ada hambatan lagi pada desa Kembangsri mengenai kesadaran kebersihan lingkungan desa.

Seluruh kegiatan KKN Tematik dari kelompok 104 akan dilaksanakan selama 3 bulan, dengan waktu selama itu sebelum menuju program kerja akan dilaksanakan pendekatan ke warga agar diterima dengan baik dan melakukan pemahaman awal mengenai bahaya stunting.

Sejumlah edukasi yang akan diberikan oleh mahasiswa UPN Veteran Jatim tersebut dalam KKN Tematik ini berupa penjelasan tentang stunting termasuk dampak, bahaya, gejala, dan juga penyebab stunting.

Penyuluhan secara blusukan juga diharapkan dapat meningkatkan upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat dalam keberhasilan desa bebas Stunting.

Dengan adanya pembukaan ini perkenalan dari peserta KKN Tematik dan pemaparan program kerja selama 3 bulan kedepan menjadi langkah awal untuk desa Kembangsri menjadi desa yang Bebas Stunting.

Sebelumnya mahasiswa dari UPN Veteran Jatim telah menemui perangkat desa Kembangsri guna memastikan perijinan sesuai dengan yang dibutuhkan dalam melaksanakan KKN Tematik tersebut.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut diperlukan untuk meminta izin dan bekerjasama dalam kesuksesan kegiatan yang akan berlangsung selama 3 bulan kedepan. Dilanjutkan bertemu dengan stakeholder di bidang kesehatan seperti bidan, kader PKK, dan pegiat kesehatan lainnya.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.