Broadcasted by Galau Jikan FM

Buntut #GlazerOut, Sejumlah Kandidat Muncul untuk Beli Manchester United

Ada yang cuma nge-prank, ada yang serius. Para triluner dunia ini ingin membeli Manchester United dari tangan era Glazer

Pasthiko Pramudhito P
Pembeli Manchester United
Banner Glazer Out dari para fans MU | FOTO: John Walton/PA | EDIT: Nawala Karsa

Akibat rencana keluarga Glazer yang hendak out dari klub sepak bola Manchester United, muncul sejumlah nama kandidat yang dirumorkan berniat untuk membeli klub asal Manchester tersebut.

Sebagaimana yang terjadi baru-baru ini, Manchester United tengah dirundung nasib malang usai kalah 2 kali beruntun pada pertandingan di Liga Primer Inggris

Kritik deras pun ditunjukkan kepada keluarga Glazer oleh para fans ‘Setan Merah’ yang menganggap Glazer seperti acuh dan tidak memperhatikan klub.

Dari minimnya prestasi Manchester United, transfer pemain yang mandek, hingga keputusan soal Cristiano Ronaldo yang ingin hengkang menjadi rentetan pekerjaan dapur klub ‘Setan Merah’ itu. 

Sejumlah masalah tersebut dianggap sebagai buntut bobroknya Manchester United di bawah era Glazer.

Akhirnya sejumlah kandidat pun muncul untuk mengambil alih Manchester United dari Glazer. Siapa sajakah para triliuner yang ingin membeli klub sepak bola kenamaan tersebut?

1. Sir Jim Ratcliffe, Si Paling Serius yang Ingin Beli Manchester United

Pembeli Manchester United
Sir Jim Ratcliffe | FOTO: manutdnews.com | EDIT: Nawala Karsa

Nama yang paling santer dikabarkan adalah Sir Jim Ratcliffe, ia adalah pemilik mayoritas saham di perusahaan kimia, Ineos.

Menariknya, Sir Jim Ratcliffe merupakan fans Manchester United sejak ia masih kecil. Maka tidak heran jika ia sangat tertarik untuk membeli ‘The Red Devils‘.

Ia sendiri memang lahir di Manchester, sehingga Manchester United memiliki kedekatannya tersendiri dengan Sir Jim Ratcliffe.

Dalam wawancaranya dengan BBC, juru bicara Sir Jim Ratcliffe menyatakan bahwa jika Ratcliffe sepenuh hati ingin menyelamatkan Manchester United. 

“Ini bukan masalah uang yang akan dihabiskan atau tidak, Jim sedang melakukan apa yang bisa dilakukan sekarang,” ujarnya.

“Ia tahu klub ini (Manchester United) begitu penting bagi Kota (Manchester), ia pikir ini adalah waktu yang tepat untuk memulai kembali,” ungkap juru bicara tersebut.

Selain Manchester United, Sir Jim Ratcliffe pernah mengincar Chelsea saat dilepas oleh Roman Abramovich, namun akhirnya gagal. 

2. Elon Musk, Si Paling Nge-prank

Pembeli Manchester United
Elon Musk nge-prank | FOTO: ktvh.com (kiri) Twitter Elon Musk (kanan) | EDIT: Nawala Karsa

Pada hari selasa (15/8) lalu, Elon Musk membuat heboh fans Manchester United dengan cuitannya yang ingin membeli klub sepak bola tersebut. 

Forbes mencatat pemilik SpaceX dan Tesla ini memiliki kekayaan sekitar 270 miliar Dollar Amerika Serikat. Namun belakangan, diketahui ia hanya bercanda.

Kemudian pada hari Rabu (17/8), Elon Musk membalas salah satu komentar dalam cuitannya itu yang menanyakan apakah dia serius.

Lantas Elon Musk menjawab “Tidak, saya hanya bercanda. Saya tidak membeli tim olahraga manapun.”

Elon Musk sendiri memang kerap menjadikan Twitter sebagai tempat ia membangun personal branding-nya, berbagai hal yang ia cuit kerap kali viral.

3. Michael Knighton, Calon Pembeli Manchester United Sejak Lama

Pembeli MU
Michael Knighton | FOTO: ITV News | Nawala Karsa

Michael Knighton jadi nama ketiga yang muncul ke permukaan untuk mengakuisisi Manchester United.

Ini merupakan tawaran kedua Knighton bagi ‘The Red Devils’, sebelumnya Michael Knighton pernah ingin mengakuisisi klub tersebut pada tahun 1989, namun akhirnya gagal terwujud. 

Akan tetapi nampaknya pendekatan kedua yang ia lakukan ini bisa berakhir buntu. Pada Selasa (17/8) lalu, Michael Knighton mengaku kekurangan sumber daya.

Dalam interview-nya dengan ITV News Michael Knighton tidak punya sumber daya yang cukup untuk memiliki MU dalam jangka panjang. 

Alih-alih membeli, Ia justru mendukung Sir Jim Ratcliffe untuk mengakuisisi Manchester United dalam cuitannya di situs media sosial Twitter pada Rabu (18/8) lalu. 

“Sir Jim Ratcliffe, ya, ya, ya, ya, ini adalah kabar yang menakjubkan, Sir Jim Ratcliffe adalah orang yang tepat untuk mengakuisisi Manchester United.”

Berapa Harga Manchester United?

Bagi mereka yang ingin beli Manchester United, Glazer sendiri sudah berencana untuk menjual saham minoritas dari Manchester United.

Meski demikian, tidak ada informasi lebih lanjut terkait harga tetap dari saham minoritas yang masih dirahasiakan oleh keluarga Glazer tersebut.

Menurut Forbes, harga klub sepak bola Inggris Manchester United ditaksir bisa mencapai 4,6 miliar Dollar Amerika Serikat.

Taksiran tersebut memang cukup fantastis, mengingat Manchester United merupakan salah satu klub terbesar di dunia hingga kejadian Glazer Out ini mencuat.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.