Broadcasted by Galau Jikan FM

Ternyata Rame! Ini Keseruan Indonesian Anime Fest Vol. 1 di Kalibata City

Pada perhelatan event Indonesian Anime Fest Vol. 1 Agustus ini, ada beberapa aspek menarik yang membuat acaranya jadi seru. Apa saja yang ditawarkan?

Seno Triadi
indonesian anime fest 2022 jakarta
Sejumlah cosplayer yang tampil dalam acara Indonesian Anime Fest Vol. 1 2022, Jakarta. | FOTO: Seno Triadi/Nawala Karsa, EDIT: Seno Triadi

Meskipun pandemi belum berakhir, sejumlah event pop kultur jejepangan mulai muncul di sejumlah kota termasuk Jakarta. Salah satunya Indonesian Anime Fest 2022.

Sejak ditetapkan peraturan baru untuk penanganan Covid-19 Mei 2022 lalu, mulai banyak nama acara pop kultur di sejumlah tempat, baik skala besar maupun kecil, daring maupun luring,

Acara ini berlangsung secara offline di Taman Sunken, Kalibata City Square (atau umumnya disebut Kalcit), Jakarta Selatan, selama minggu kedua Agustus ini.

Nah, lewat liputan khusus sehari dalam artikel ini NawaReaders dapat mencoba cek sendiri bagaimana keseruan event-nya!

Apa Itu Indonesian Anime Fest?

banner Indonesian anime fest
Banner utama Indonesian Anime Fest Vol. 1 2022. | FOTO: Seno Triadi/Nawala Karsa

Event Indonesian Anime Fest (INAF) di Jakarta ini merupakan sebuah event berbasis pop kultur, yang digelar mulai Senin (8/8) lalu hingga Minggu (14/8) , difokuskan kepada nuansa anime Jepang.

Sedikit informasi, acara ini awalnya direncanakan untuk digelar di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, di waktu yang sama.

Namun, dikarenakan beberapa hal, acara ini mengalami relokasi ke Kalibata City Square, Jakarta Selatan, tepatnya di Taman Sunken.

Acara ini turut mengundang sejumlah grup local idol ibukota yang muncul dalam event tersebut, dan juga beberapa tamu dari komunitas cosplay tanah air.

Tentunya, sejumlah lomba cosplay dan karaoke adalah wajib bagi acara ini agar suasananya bisa lebih ramai.

Soal Tempat Event dan Pilihan Transportasi

taman sunken kalibata city
Taman Sunken, atau Teras Quliner Kalibata City yang dijadikan venue untuk INAF 2022. | FOTO: Seno Triadi/Nawala Karsa

Event INAF ini digelar di Kalibata City Square, tepatnya di Teras Quliner atau disebut juga sebagai Taman Sunken.

Kalibata City Square adalah bagian dari kompleks hunian apartemen Kalibata City, yang berlokasi di Kalibata, Jakarta Selatan.

Untuk mencapai event ini dapat ditempuh dengan dua moda transportasi, yaitu transportasi umum dan transportasi pribadi.

Pada transportasi umum, pengunjung dapat naik KRL Commuter Line jalur Bekasi-Jakarta Kota, kemudian turun di Stasiun Duren Kalibata dan jalan sekitar 200m.

Beberapa juga ada yang memakai transportasi pribadi apabila jarak antara rumah dengan venue jauh, dan juga bisa dicapai lewat ojek daring.

Apabila pengunjung kebetulan berdekatan dengan venue event tersebut, mereka dapat tempuh ke acaranya dengan berjalan kaki atau moda transportasi umum.

Bagaimana Cara Mengikuti Event-nya?

inaf ticketing
Pengunjung, baik yang normal maupun ber-cosplay, wajib menunjukkan bukti pembayaran tiket di pintu masuk. | FOTO: Seno Triadi/Nawala Karsa

Bagi para pengunjung yang ingin sekali meriahkan event Indonesian Anime Fest 2022 ini dapat dilakukan dengan dua cara.

Cara pertama adalah membeli tiket, baik on-site maupun early bird.

Early bird ini sangat terbatas dan dilakukan selama satu hingga dua minggu sebelum acara.

Kemudian, on-site ticketing ini merupakan tiket normal yang mesti pengunjung bayar, dimana sekali beli dikenai biaya sebesar Rp65.000,00 per hari.

Oleh karena itu, banyak dari penggemar pop kultur jejepangan lebih memilih untuk membeli tiket early bird secara daring, yaitu sebesar Rp55.000,00.

Walaupun demikian, ada cara kedua yang bisa dilakukan oleh para pengunjung.

Pengunjung di sekitar kompleks apartemen pun dapat menikmati segala acaranya di sekitar area Taman Sunken tersebut tanpa biaya, meski pengalamannya akan berbeda.

Booth yang Dibuka dalam Cakupan Area Event

booth maen yo
Sejumlah hadiah mini game di booth Maen Yo, INAF Vol. 1 2022. | FOTO: Seno Triadi/Nawala Karsa

Pemantauan Nawala Karsa sepanjang event selama Sabtu (13/8) lalu menemukan sejumlah jenis stand yang buka selama event.

Pertama, stand food and beverage yang menyediakan jajanan bagi memenuhi rasa lapar dan haus para pengunjung.

Kedua, beberapa merchandise booth yang menjual sejumlah aksesoris dan poster dari berbagai waralaba seperti Genshin Impact, Spy x Family, virtual YouTuber, dan lain sebagainya.

Ketiga, ada satu booth yang bernama Maen Yo, sebuah platform daring yang menawarkan pengalaman berbeda dalam bermain game di smartphone.

Khusus untuk Maen Yo ini, sesuai penuturan dari perwakilan platformnya, aplikasi tersebut baru berjalan sekitar tiga minggu, yang dirilis ke Google Play Store.

Saat platform ini diluncurkan, rencananya akan menghadirkan seorang virtual YouTuber dari maskotnya, yang mereka namakan Yona.

Untuk agenda booth-nya selama acara INAF, mereka adakan sebuah mini game berhadiah smartphone Samsung Galaxy M12, dan sejumlah suvenir orisinal lainnya.

Mengikuti mini game-nya ini, pengunjung hanya tinggal instal aplikasi Maen Yo lewat Google Play Store di smartphone berbasis sistem operasi Android.

Soal debut serta info selanjutnya tentang Maen Yo ini dapat dikunjungi situs resminya, melalui pranala ini.

Tentu Saja, Ada Banyak Cosplayer yang Ikut Ramaikan Indonesian Anime Fest 2022!

genshin impact cosplayers
Seperti pada banyak event lokal belakangan ini, sejumlah cosplayer Genshin Impact ramaikan acara INAF ini. | FOTO: Seno Triadi/Nawala Karsa

Untungnya meskipun event ini berada di sebuah daerah yang terkesan terpencil di Jakarta Selatan, banyak pengunjung ber-cosplay turut ramaikan eventnya.

Bahkan, sesi meet & greet ini dibuka untuk para pengunjung pemegang tiket, berkesempatan untuk ketemu dengan para guest cosplayer-nya.

Di satu bagian acaranya tentang berbincang dengan guest cosplayer resmi INAF, mereka berbagi pengalaman ber-cosplay dengan mengikuti passion, dan kesemuanya membawa pesan yang sama.

Mereka kemukakan bahwa cosplay itu menyenangkan karena dapat menemukan pengalaman dan ilmu baru dalam hal kreativitas untuk jadi karakter yang mereka sukai.

Apalagi, bergabung dengan lingkar pertemanan satu komunitas cosplay membuka kesempatan bagi mereka untuk melatih kepercayaan diri unjuk kebolehan ber-cosplay.

Pastinya, Banyak Acara Seru!

cosplayer
Dua cosplayer Yona, VTuber maskot untuk platform Maen Yo, berpose dengan pengunjung. | FOTO: Seno Triadi/Nawala Karsa

Nah, tentu saja event ini punya ragam acara menarik untuk meningkatkan mood pengunjungnya!

Sejumlah performance sepanjang hari event-nya Sabtu ini sebagian besar diramaikan oleh local idol, seperti grup Kuresshendo dan Katsu Girls.

Belum juga sesi ketemu para cosplayer tamu yang beberapa menjadi juri untuk sesi lomba cosplay parade.

Tak kalah serunya, sejumlah aksi dari para guest cosplayer pengisi acara membuat sebagian pengunjung bergoyang mengikuti musiknya.

Sejumlah program acara lainnya termasuk DJ performance selama malam hari juga ada dalam rundown, sebagainya dipublikasi lewat media sosial resminya.

Sejumlah Aspek Event-nya Perlu Peningkatan

rules indonesian anime fest 2022
Serangkaian peraturan selama event Indonesian Anime Fest 2022. | FOTO: Seno Triadi/Nawala Karsa

Pelaksanaan acara Indonesian Anime Fest 2022 ini sebenarnya tak luput dari sejumlah hal yang mungkin dirasa perlu diperbaiki kedepannya.

Soal pemilihan tempat event-nya sendiri, INAF sebetulnya dapat diadakan di tempat yang lebih luas untuk menampung animo pengunjung, khususnya komunitas pop kultur.

Pintu masuk untuk ke acaranya diketahui hanya dibuka satu saja, meskipun sebenarnya wajar bagi event-nya yang serba mendadak selepas pindah venue.

Tetapi, di setiap kali masuk ke acaranya juga ada beberapa peraturan dalam event agar prosesinya lebih lancar dan tanpa masalah.

Namun, mengingat acaranya pertama kali digelar di KalCit ini, mungkin setidaknya bisa ditingkatkan lagi soal manajemen event-nya pula.

Contohnya, tampak dari dalam event tersebut jumlah kru penggerak acara terlihat belum banyak dan kesannya masih terpencar, di kala event-nya mulai dipadati pengunjung.

Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi karena acara ini masih sederhana dan tak banyak booth yang buka, sehingga bisa terkendali dengan baik.

Indonesian Anime Fest 2022 Sebenarnya Menyenangkan!

indonesian anime fest 2022
Keramaian dari pengunjung dan cosplayer saat grup cosplayer pentas di Taman Sunken. | FOTO: Seno Triadi/Nawala Karsa

Mengesampingkan perihal di atas, event Indonesian Anime Fest 2022 mungkin adalah salah satu acara pop kultur jejepangan yang digelar sukses dan sudah oke.

Dari isi acara INAF ini, penulis berkesan bahwa event yang sederhana ini juga bisa menarik banyak pengunjung, baik yang dari komunitas pop kultur maupun dari luar.

Belum lagi, pembawaan setiap bagian event yang diberikan sudah terlaksana dengan baik selama seminggu penuh, meski penulis hanya dapat mengalaminya satu hari saja.

INAF juga memilih beberapa nama yang membuka booth dalam acaranya, yang minimal bisa membuat pengunjungnya puas bisa meninggalkan berkesan.

Oleh karena itu, penulis berharap INAF selanjutnya bisa lebih baik lagi dari tahun ini, dengan menampilkan suasana dan elemen berbeda.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.