Bosen Main Elden Ring? Cobain 5 Mod Berikut Agar Gameplay Makin Seru!

Adi Styadi
Rekomendasi Mod Elden Ring
GAMBAR: LovelyLad

Tahun ini From Software untung besar dengan Elden Ring. Gim yang menggabungkan formula Dark Souls dengan area luas dan non-linear ternyata langsung mendapat respon baik oleh para penggemar.

Mengecualikan masalah teknis yang sempat melanda pemain PC, gim ini menjadi salah satu kandidat game of the year.

Walaupun From Software terkenal membuat gim dengan mekanisme sulit, banyak pemain mengatakan kalau Elden Ring merupakan salah satu judul yang paling accessible.

Bayangkan saja, sekarang pemain memiliki berbagai pilihan kemampuan sihir untuk melukai musuh dari jarak jauh. Belum lagi dengan summon yang memberi pemain ruang bernafas dari serangan musuh.

Dengan berbagai kemudahan itu, Elden Ring sukses mencapai 12 Juta angka penjualan dalam waktu tiga minggu!

Komunitas Modding Bikin Elden Ring Seru Dimainkan Lagi!

Berbeda dengan Dark Souls yang punya desain linear, Elden Ring memberikan area luas untuk pemain jelajahi.

Walau tidak sebesar gim buatan Ubisoft, atau Legend of Zelda: Breath of the Wild, ini adalah sebuah angin segar, terutama untuk orang yang ingin permainan dengan banyak konten.

mod

Tidak semua boss harus pemain kalahkan supaya bisa melihat akhir cerita. Tergantung dari rute yang pemain pilih, kemungkinan besar kamu akan melewati beberapa boss opsional.

Artinya, ada kemungkinan kamu sudah menyelesaikan Elden Ring sebelum semua menikmati semua kontennya.

Walau secara original Elden Ring sudah menarik, komunitas modder di PC membuat Elden Ring ‘berbeda’ dari versi konsolnya. Apa lagi kalau bukan karena berbagai modifikasi yang bisa merubah gim secara total.

Mulai dari modifikasi skin yang kocak dan keren, hingga opsi untuk memberi tantangan lebih. Daftar mod berikut bakal membuat New Game Kamu makin seru!

1. Item Randomizer

Sesuai namanya, mod ini akan mengacak item yang kamu dapatkan saat membunuh boss atau monster.

Dengan mengecualikan material, kamu punya kesempatan untuk mendapatkan loot yang kuat dan berguna di boss awal. Tapi artinya, kamu juga harus bersiap dengan item ampas ketika melawan boss yang sangat kuat.

2. Ultimate Berserk Mod

Elden Ring mempunyai banyak referensi dan callback dari manga Berserk ciptaan almarhum Kentaro Miura.

Mulai dari Hill of Swords, karakter bernama Blaidd the half-wolf, hingga pedang raksasa milik Guts. Fans yang sadar akan referensi ini kemudian mulai menciptakan mod Berserk, dalam dunia Elden RIng.

Inilah salah satu mod rekomendasi kami untuk Elden Ring biar kelihata mirip anime Berserk, yakni Ultimate Berserk Mod buatan COTA Studio.

Seperti dalam cerita Berserk, armor tersebut akan mengurangi health pemain selama digunakan dengan ganti peningkatan serangan.

Akan ada efek kabut hitam, serta mata yang menyala. Untuk sekarang, mod ini masih dalam tahap pengerjaan dari kreatornya sendiri.

3. Elden Ring Seamless Co-op

Bekerja sama dengan pemain lain untuk mengalahkan boss adalah salah satu keseruan bermain Elden Ring. Sayangnya, mekanisme permainan membuat co-op ini hanya mungkin di area-area tertentu.

Youtube LukeYui mencoba untuk melewati pembatasan mekanisme tersebut melalui mod buatannya. Ia mencoba untuk mengatasi ‘komando’ yang memutus hubungan antar pemain ketika beristirahat di Sites of Grace.

Mod satu ini masih dalam tahap pengerjaan, tapi pasti bakal seru balapan Torrent bersama teman di Elden Ring!

4. Thomas the Tank Engine Boss di Elden Ring

Ada banyak desain monster mengerikan yang tampak seperti mimpi buruk jadi nyata. Namun tidak ada yang bisa menebar teror seperti Thomas si mesin kereta.

Rekomendasi Mod Elden Ring Thomas Tank Engine Boss

Seperti yang pernah muncul di Skyrim, mod ini mengganti model naga, dengan sosok mesin kereta tanpa ekspresi lain selain tersenyum.

Dengan lagu yang berganti jadi theme Thomas the Train Engine, pertarungan ini justru jadi jauh lebih mengerikan.

5. Grand Merchant

Oke, nggak bisa bohong kalau modding bisa dipakai jadi jalan pintas, alias cheating. Tapi, toh kita sedang mencari pengalaman baru dalam main Elden Ring bukan?

Mungkin kamu sedang bosan dan ingin merasa jadi protagonis isekai yang overpowered? Mod ini bisa kamu coba.

Mod ini akan memberi akses bagi merchant Kale untuk menjual semua item dalam permainan. Kamu bisa meng-craft berbagai benda secara gratis pula.

Mod Grand Merchant, dan beberapa mod barusan dapat kamu akses lewat Nexusmods, atau forum modding lainnya.

Itulah 5 rekomendasi mod untuk game Elden Ring. Jangan lupa untuk selalu backup data-data permainanmu, supaya kalau ada error, kamu bisa selalu memperbaikinya!