Kabar duka kembali muncul dari lingkup budaya pop Jepang. Kentaro Miura, mangaka Berserk meninggal dunia. Hal tersebut dikabarkan langsung oleh Penerbit Hakusensha pada hari Kamis (20/5).

Kentaro Miura wafat akibat komplikasi

Berita ini telah dirilis terlebih dahulu melalui sosial media Nawala Karsa.

Mengutip situs Oricon News, Penerbit Hakusensha dalam pernyataan tertulisnya menyatakan bahwa Kentaro Miura telah menghembuskan napas terakhir pada tanggal 6 Mei 2021 silam.

Mangaka Berserk tersebut wafat di usia 54 tahun. Wafatnya sang mangaka disebabkan oleh kondisi kesehatan yang semakin menurun dikarenakan komplikasi yang ia derita akibat penyakit stroke dan memerlukan operasi.

Sempat umumkan hiatus pada Maret silam

Manga Berserk
FOTO: Hakusensha

Sebelum meninggal dunia, Kentaro Miura sempat mengumumkan akan beristirahat sejenak dan menyatakan bahwa manga Berserk akan hiatus untuk sementara waktu. Hal tersebut dikabarkan oleh akun Twitter Manga Mogura RE pada 9 Maret lalu.

Tidak ada kejelasan lebih lanjut mengenai alasan mengapa manga Berserk memasuki masa hiatus pada saat itu. Kebanyakan warganet sempat berasumsi bahwa pengumuman tersebut disebabkan oleh franchise The Idolmaster, yang pada saat itu berencana mengadakan konser di bulan Maret silam.

Manga Berserk sendiri merilis chapter terbarunya pada saat yang bersamaan pengumuman penundaan rilis The Idolmaster: Starlit Season. Yang menguatkan asumsi para warganet sekaligus penggemar manga Berserk bahwa Kentaro Miura, selaku mangaka, perlu memfokuskan diri pada franchise The Idolmaster sehingga membuat seri Berserk ditunda.

Sinopsis Berserk

Manga Berserk
FOTO: Hakusensha

Diterbitkan oleh Penerbit Hakusensha, manga Berserk adalah manga bergenre fantasi yang dibuat oleh Miura sejak tahun 1989. Manga tersebut menceritakan tentang pria bernama Guts, dikenal sebagai Black Swordsman, yang merupakan seorang prajurit super dengan pedang besar.

Guts berkelana di dunia medieval yang kelam dan penuh dengan demon (atau setan), bangsawan yang korup serta nirnalar, dan kehororan lainnya saat ia berkelana. Guts harus berjuang melawan takdirnya yang suram sembari bertarung dengan penuh amarah yang dapat menghilangkan sisi kemanusiaannya.

Redaksi Nawala Karsa turut berbelasungkawa atas kepergian mangaka Berserk, Kentaro Miura. Semoga amal ibadahnya diterima disisi-Nya, dan karya-karyanya dapat terus dikenang oleh banyak pihak.

Nawala Karsa NK Kurio