Game Genshin Impact Ditengarai Jiplak Game Legend of Zelda!

Riza Nua
Genshin Impact

Genshin Impact, Breath of the Wild ala Cina Memicu Kecaman

MiHoYo, developer game asal Cina yang belakangan sedang ramai dibicarakan lantaran game andalannya Honkai Impact 3rd yang sempat menghiasi gedung-gedung di Ennichisai Blok M kemarin, baru-baru ini memuai kecaman lantaran game terbarunya, Genshin Impact yang direncanakan akan rilis untuk PC & android ternyata secara gamblang menjiplak The Legend of Zelda Breath of the Wild yang merupakan game andalan Nintendo. Kecaman ini terjadi setelah para beta tester menyadari seberapa miripnya kedua game tersebut.

Tidak hanya dari stamina gauge hingga masakan yang dapat dimasak. Hal ini semakin viral lantaran para warganet khususnya Cina menulis kalimat tagar  #ZeldaCopiesGenshinImpact di situs Weibo yang kemudian mendapat total view sebanyak 4.3 juta. Hal ini menarik perhatian banyak orang khususnya kritikus game yang mengatakan bahwa plagiarisme miHoYo secara terang-terangan mencerminkan buruknya industri game Cina secara keseluruhan.

“Jika game ini bisa bertahan atau bahkan menjadi viral, maka perusahaan game Cina dipastikan mati. Mereka akan mati dalam konteks mengumpulkan dana dan bakat. Kita harus membuat sesuatu yang original!” tulis seorang developer Ubisoft di Shanghai melalui Weibo.

“Industri tidak mempunyai sikap disiplin diri, tidak ada hukum yang mengatur, dan pengguna yang tidak peduli. Jika (industri kita sendiri) tidak menganggap dirinya serius, orang lain tidak akan memperlakukan anda dengan tidak hormat.” tulis Co-founder media game Cina VGtime di Weibo.

MiHoYo Tidak Minta Maaf!

 

Kritik terhadap MiHoYo semakin memanas sehingga perusahaan tersebut mengeluarkan surat permintaan maaf sesaat setelah Beta Test selesai. MiHoYo mengakui bahwa ketika mereka memutuskan untuk membuat Genshin Impact, mereka sama sekali tidak tahu cara membuat game yang open-world. Mereka mengatakan bahwa mereka belajar banyak dari game diluar Breath of the Wild seperti GTA 5 dan game dari Bethesda dan Naughty Dog, namun mereka tidak meminta maaf atas penjiplakan tersebut.

Ini bukan pertama kalinya perusahaan game Cina mencoba memanfaatkan kepopuleran Breath of the Wild untuk keuntungan mereka sendiri. Tahun lalu, sebuah game muncul di iOS App Store, mengatakan bahwa game tersebut adalah Breath of the Wild versi mobile yang ternyata adalah sebuah game berbeda.

Namun demikian, hal tersebut tidak menimbulkan keributan yang cukup besar bila dibandingkan dengan Genshin Impact. Lagipula, MiHoYo bukanlah sebuah perusahaan kecil.