Rahasia Dibalik Kesuksesan POCO Yang Menjadi Brand Pendobrak Pasar, Apakah Itu?

Kali ini POCO Indonesia akan membagikan cerita tentang rahasia dari pabrik salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia!

Kesuksesan POCO
Bung Andi, Head of Marketing POCO Indonesia menunjukan kondisi POCO F4 GT berada di dalam packaging | FOTO: dok. POCO

Pada Kamis (29/9) lalu, POCO selaku brand teknologi global akan membagikan rahasia kesuksesan dari produk-produk unggulan mereka.

Brand populer di kalangan penggemar teknologi muda dunia ini, merakit 100% produk yang dipasarkan di Indonesia, di dalam negeri bersama mitra PT Sat Nusapersada Tbk (PTSN).

Hal ini adalah bagian dari komitmen POCO untuk mendukung pemerintah mendorong pertumbuhan industri dan ekonomi di Indonesia.

Selain itu POCO juga memberikan akses terhadap inovasi dan teknologi terkini bagi generasi muda Indonesia.

Sebenarnya, apa rahasia di balik kesuksesan brand POCO jadi ponsel unggulan di Indonesia?

Kualitas Merupakan Prioritas

Salah satu proses pengujian secara visual terhadap bodi POCO F4 | FOTO: dok. POCO

Kualitas adalah salah satu hal krusial dari bisnis POCO.

“Didesain dan dirancang dengan inovasi terdepan, POCO terus berfokus pada pembuatan perangkat dengan performa ekstrem dan harga ekstrem untuk memenuhi kebutuhan anak muda yang mencari kualitas yang terbaik,” sebut Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia.

“Di POCO,  setiap produk yang dirakit di Indonesia memiliki kualitas dan pengujian yang sama dengan standar global,” ujarnya

Fakta Menarik Tentang Produk POCO

Ringkasan produk POCO dalam sebuah gambar | FOTO: dok. POCO

Produk-produk yang dirakit di Indonesia memiliki nilai TKDN lebih dari 30%.

Seperti POCO F4 yang memiliki TKDN 30,6% dan POCO F4 GT dengan TKDN 36,51%.

Disamping itu, dalam memproduksi produk-produknya di PTSN, POCO membuka kesempatan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat setempat, di mana 85% karyawan dari total jumlah karyawan, teknisi, maupun tenaga ahli pabrik adalah perempuan.

POCO
Simon Frady, Assist Division Manager PT Sat Nusapersada Tbk memandu peserta kunjungan | FOTO: dok. POCO

Semua personil pabrik juga telah mendapatkan pelatihan khusus dan sertifikasi berstandar internasional.

Setiap produk POCO yang dirakit dan dipasarkan di Indonesia telah melalui serangkaian tes ekstensif untuk memastikan kualitas terdepan.

Berbagai macam pengujian dilakukan pada setiap komponen smartphone, termasuk uji layar, audio, kamera, sinyal, accelerometer, hingga berbagai fitur seperti juga fingerprint, dan lain-lain.

Kontrol Kualitas Jadi Kunci Utamanya

Kesuksesan POCO
Bung Andi, Head of Marketing POCO Indonesia mendemonstrasikan kekuatan packaging POCO F4 GT | FOTO: dok. POCO

Salah satu rahasia di balik kesuksesan POCO adalah quality control, salah satunya untuk memastikan kualitas dan durability dari smartphone. 

Ketika proses perakitan telah selesai, dilakukan pula random sampling untuk kemudian diuji secara ekstrem seperti drop test, vibrate test, heat test, crushing test hingga water test.

Seluruh proses ini telah menjadi standar untuk seluruh lini produk POCO untuk memastikan kualitas dan daya tahan dari smartphone yang diproduksi telah memenuhi standar mutu.

Pengujian kualitas audio speaker dari POCO F4 dan POCO F4 GT | FOTO: dok. POCO

Brand teknologi independen yang lahir dari Xiaomi Corporation ini telah melakukan sejumlah gebrakan melalui kehadiran berbagai produk smartphone yang populer di kalangan penggemar teknologi muda Indonesia hingga sepanjang tahun 2022 ini.

Bahkan hanya di tahun 2021 saja, POCO telah mendistribusikan 23 juta unit produknya ke lebih dari 85 negara dan menjadi salah satu brand smartphone papan atas dunia.

Ponsel POCO Begitu Diminati di Dunia

Kesuksesan POCO
Sesi penjelasan kekuatan packaging POCO F4 GT | FOTO: dok. POCO

Peluncuran smartphone flagship POCO F4 dan POCO F4 GT pada bulan Juni lalu turut menjadi salah satu momen penting bagi POCO di mana kedua smartphone ini berhasil menerima berbagai respon positif dari konsumen.

Tercatat POCO F4 dan POCO F4 GT berhasil menghasilkan penjualan lebih dari 9.000 unit atau 314 persen lebih tinggi dibandingkan POCO F3 di periode penjualan perdananya.

Di tahun 2022 ini, kesuksesan POCO juga telah berhasil menghadirkan variasi smartphone melalui seri-seri andalan yang lain, seperti POCO C40, smartphone entry level yang ditujukan untuk pemakai pemula.

POCO M4 Pro yang diciptakan untuk memaksimalkan kepuasaan pengguna dalam menikmati beragam entertainment.

Tentang POCO Indonesia

Rahasia POCO
(dari kiri ke kanan) Briefing dari Andi dan Pak Simon, Assist Division Manager PT Sat Nusapersada Tbk | FOTO: dok. POCO

POCO adalah brand muda dan independen yang lahir dari Xiaomi Corporation. Hingga saat ini, POCO telah memasuki lebih dari 85 pasar global.

Pada tahun 2021, total penjualan sejumlah ponsel POCO mencapai 23 juta unit untuk pasar ponsel secara internasional.

Saat ini, POCO memiliki tim produk, penjualan, dan pemasaran yang independen dan masih berbagi sumber daya dengan Xiaomi dalam bidang manufaktur dan layanan purna jual.

POCO adalah sebuah teknologi yang berfokus pada konsumen, dan memiliki filosofi dasar yaitu “Everything you need, nothing you don’t” dengan fokus utama kebutuhan dan masukan dari POCO Fans.

Hal tersebut dibangun di atas pembelajaran teknologi yang relevan yang benar-benar dibutuhkan para penggemarnya, sehingga mendukung demokratisasi pengambilan keputusan dan pembaruan produk berkelanjutan untuk terus berkembang.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.