Xiaomi Masuk Daftar Perusahaan Fortune Global 2022

Selama empat tahun berturut-turut, Xiaomi masuk dalam 500 besar perusahaan dengan pertumbuhan pendapatan yang masif.

daftar perusahaan fortune global

Daftar perusahaan Fortune Global tahun 2022 sudah keluar, dan Xiaomi jadi salah satu perusahaan yang masuk daftar bergengsi tersebut.

Selama empat tahun, pemanufaktur ponsel pintar dan IoT (Internet of Things) asal China tersebut memang terus eksis dalam industri teknologi.

Pada hari Rabu, (3/8) lalu, media FORTUNE merilis majalah yang berisi ranking korporasi dunia dengan pendapatan fiskal terbesar tahun 2021.

Dalam daftar ranking tersebut, Xiaomi masuk dalam peringkat ke 266 dari 500 perusahaan.

Pertama kali Xiaomi masuk dalam daftar bergengsi ini adalah pada tahun 2019, dengan urutan ke 468.

Xiaomi kemudian tumbuh semakin pesat, dan pada tahun 2021 lalu berhasil menempati 338 dalam daftar perusahaan tersebut.

Selain berhasil menanjak sebanyak 200 peringkat selama empat tahun terakhir. Xiaomi juga menjadi perusahaan asal China dengan pertumbuhan paling pesat di antara daftar Fortune Global tersebut.

Raih Laba Hingga 700 Triliun Rupiah

daftar perusahaan fortune global
Cover majalah Fortune Global 500 (Sumber: Cision PR Newswire)

Pendapatan perusahaan dan laba bersih Xiaomi berada pada titik tertinggi di tahun 2021.

Pada tahun ini Xiaomi mendapat total pendapatan mencapai sekitar 700 triliun Rupiah, atau meningkat sebanyak 33,5% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Laba bersih Xiaomi mencapai sekitar 50 triliun Rupiah, atau meningkat 69,5% secara year-over-year.

Upaya Xiaomi untuk unggul dalam pasar global juga tercermin dalam data pendapatan perusahaan di luar pasar China.

Xiaomi mencatat untuk pendapatan di luar pasar China, terdapat peningkatan 33,7% YoY. Angka pendapatan luar negeri ini menyumbang 49% total revenue perusahaan, atau setengahnya.

Dalam lingkup yang lebih berfokus pada industri smartphone dan teknologi, Xiaomi menempati peringkat ketiga secara global.

Perusahaan ini memiliki market share sebesar 14,1% pada tahun 2021.

Perkembangan Produk Xiaomi Sepanjang 2020 Hingga 2022

Xiaomi memiliki strategi bernama “Smartphone x IoT” yang tidak hanya berfokus pada ponsel pintar, melainkan alat-alat lain yang bersinergi dalam ekosistem milik Xiaomi.

Berkat strategi ini, pengiriman ponsel pintar Xiaomi mencapai rekornya pada tahun 2021.

Portofolio perangkat keras lain milik Xiaomi juga semakin banyak, dan mempermudah hidup pengguna Xiaomi dengan fitur-fitur yang mereka berikan.

Untuk terus meningkatkan kualitas produk mereka, Xiaomi juga menganggarkan modal besar dalam hal riset dan pengembangan.

Tercatat pada tahun 2021, Xiaomi menganggarkan lebih dari 29 triliun Rupiah untuk research & development.

Angka tersebut bakal meningkat dalam lima tahun kedepan, menjadi lebih dari seratus triliun Rupiah.

Para pengguna Xiaomi bisa optimis dengan produk-produk baru yang akan perusahaan ini produksi di masa depan.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.