Mangaka Black Clover Putuskan Hiatus, Apa Penyebabnya?

Naufal Alfarizy
Mangaka Black Clover Hiatus Yuki Tabata
Mangaka Yuki Tabata (kiri), dikenal berkat karyanya yakni Black Clover (kanan) | EDIT: Nawala Karsa

Kabar mengejutkan datang dari mangaka kenamaan di majalah Weekly Shonen Jump Jepang, Yuki Tabata. Mangaka yang meluncurkan seri Black Clover di tahun 2015 tersebut memutuskan untuk hiatus.

Kabar tersebut terungkap dalam terbitan terbaru majalah Weekly Shonen Jump pada hari Senin (18/4) lalu. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi, dan apa dampaknya pada serialisasi manga Black Clover?

Yuki Tabata Putuskan Hiatus Selama 3 Bulan

Mangaka Black Clover Hiatus Yuki Tabata
Yuuki Tabata (kiri) | FOTO: Owebsku

Keputusan mangaka Black Clover, Yuki Tabata, untuk beristirahat sejenak selama 3 (Tiga) bulan tersebut terungkap dalam kabar berita yang termuat dalam majalah Weekly Shonen Jump baru-baru ini.

Dalam edisi gabungan ke-21 dan ke-22 tersebut, mangaka yang berhasil membuat serial manga hingga diadaptasi menjadi anime tersebut telah berkoordinasi dengan pihak editorial pada majalah Weekly Shonen Jump terkait masa hiatusnya.

Sejauh ini, belum ada pengumuman pasti kapan manga Black Clover akan tampil kembali di majalah milik Penerbit Shueisha tersebut.

Ingin Fokus Garap Arc Terakhir Black Clover

Mangaka Black Clover Hiatus Yuki Tabata
GAMBAR: Yuki Tabata/Studio Pierrot/Funimation | VIA: Adult Swim

Bukan tanpa sebab, alasan Yuki Tabata memutuskan untuk hiatus adalah untuk fokus dalam pengerjaan serialisasi Black Clover. Nyatanya, kisah dalam serial manga tersebut telah mencapai babak terakhir.

Departemen Editorial Weekly Shonen Jump juga menyepakati keputusan tersebut. Sebab, sang mangaka memerlukan waktu untuk menggarap Black Clover hingga ke tahap yang siap untuk dilanjutkan.

Tak hanya itu, mangaka Black Clover tersebut juga dipastikan akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar dapat bekerja dengan maksimal di kemudian hari, termasuk untuk menggarap manuskrip yang dibutuhkan.

Tabata: “Ini Beneran Final Arc-nya!”

Mangaka Black Clover Hiatus Yuki Tabata
GAMBAR: Yuki Tabata/Studio Pierrot/Funimation

Mengonfirmasi terkait akhir dari kisah Black Clover, Yuki Tabata memastikan dalam komentarnya pada majalah Weekly Shonen Jump tersebut bahwa Arc terbaru dalam serial Black Clover akan jadi ‘babak yang terakhir’.

Ia sendiri akan menggunakan waktunya selama hiatus untuk beristirahat dan juga mengerjakan naskah yang dibutuhkan dalam saga terakhir serial tersebut, setelah mendiskusikan hal tersebut bersama dengan tim penyunting.

Apa Itu Black Clover?

black clover volume 13 cv

Black Clover merupakan sebuah serial manga bergenre fantasi dan petualangan karya mangaka Yuuki Tabata.

Black Clover dirilis pada majalah manga Weekly Shonen Jump milik penerbit Shueisha sejak Februari 2015 sampai sekarang. Sejauh ini terdapat 331 chapter yang telah dipublikasikan, berdasarkan data dari Manga Plus.

Black Clover bercerita mengenai Asta dan Yuno, sepasang sahabat dengan kemampuan yang berbeda, namun memiliki mimpi yang sama. Meski keduanya sama-sama tumbuh di panti asuhan, mereka punya potensi yang berbeda, Asta terlahir dengan tidak memiliki kemampuan mengolah Mana dan sihir.

Sementara Yuno adalah seseorang yang berbakat, memiliki kemampuan sihir yang luar biasa, dan dapat mengendalikan sihir angin. Mereka memiliki mimpi yang sama, yaitu menjadi Wizard King selanjutnya. Karena itu, mereka sama-sama berjuang dan memiliki persaingan untuk mencapainya.