Ada yang berbeda dari perhelatan Jump Festa untuk tahun ini (2021). Shueisha sebagai penerbit induk majalah Weekly Shonen Jump (WSJ) memutuskan untuk mengadakannya secara virtual, sehingga menjadi Jump Festa 2021 Online.

Tentang Jump Festa 2021 Online

Festival Jump Festa menampilkan konten-konten menarik, seperti berbagai pengumuman penting dari proyek franchise dari grup manga Jump. Shueisha juga selalu mengundang mitranya, seperti Bandai, Konami, Aniplex, Bushiroad, dsb untuk berpartisipasi pada ajang Jump Festa 2021 Online.

Nama untuk ajang tersebut sengaja dimajukan setahun ke depan seiring dengan proyeksi beberapa proyek franchise dari manga milik grup majalah manga Jump (majalah manga WSJ, Shonen Jump+, VJump, Jump Square, dan Saikyuu Jump) yang akan dilangsungkan untuk tahun depan.

Biasanya, Jump Festa diadakan secara langsung di Makuhari Messe, Tokyo, Jepang. Dikarenakan kondisi saat ini yang masih mengalami pandemi COVID-19, Shueisha memutuskan untuk mengalihkannya menjadi festival online.

Jump Festa 2021 Online akan diadakan selama dua hari, yakni pada tanggal 20 – 21 Desember 2020 melalui sebuah aplikasi khusus.

Cara Mengunjungi Festival

Festival Jump Festa 2021 Online menggunakan aplikasi Jump Festa yang dapat diunduh di AppStore (iOS) atau Google Play Store (Android). Rencananya, aplikasi khusus tersebut dapat diunduh mulai awal Desember 2020. Belum ada pengumuman lebih lanjut tentang ketersediaan akses ke  tersebut bagi calon pengunjung di luar wilayah Jepang.

Setelah mengunduh aplikasi Jump Festa, pengunjung akan tampil menggunakan avatar yang didapat dari capsule chara tower. Disediakan tempat berfoto (photo spot) dan area mini game sebagai area rekreasi pengunjung di festival virtual ini.

Atraksi Pilihan Jump Festa 2021 Online

Shueisha Jump Festa 2021
(Sumber: Shueisha Jump Festa 2021 Online Official)

Dalam acara yang dikemas sebagai aplikasi smartphone ini, Jump Festa 2021 menawarkan berbagai macam atraksi. Atraksi utamanya adalah Jump Special Stage yang akan menampilkan karakter-karakter pilihan dari grup majalah manga Jump.

Atraksi Jump Studio akan menghadirkan perbincangan menarik dari judul-judul manga Jump. Dari One Piece yang klasik, hingga Chainsaw Man.

Selain Jump Special Stage dan Jump Studio, acara di Jump Amusement Tower juga sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berikut adalah jadwal acara yang akan diselenggarakan di Jump Amusement Tower:

Sabtu, 19 Desember 2020

  • 9:30 – Jump Festa 2021 Online introduction stage, presented by VJump
  • 11:30 – ONE PIECE Bounty Rush Jump Festa 2021 Battle Stage
  • 12:20 – Naruto & Boruto new information stage
  • 14:00 – YuGiOh new information stage
  • 15:50 – JUMP FORCE special stage

Minggu, 20 Desember 2020

  • 9:30 – Jump Festa 2021 Online introduction stage, presented by VJump
  • 11.00 – Dragon Ball App Stage
  • 12.30 – Dragon Quest Dai no Daibouken Crossblade special stage
  • 14:00 – YuGiOh new information stage
  • 15:00 – Super Dragon Ball Heroes ultimate stage

Catatan: jadwal mengikuti waktu standar Jepang (JST / GMT+9).

Demikian pengumuman tentang festival Jump Festa 2021 Online dari Shueisha. Pastinya, bakal ada beragam berita besar terkait Shonen Jump beserta afiliasinya yang akan hadir di sana.

Nawala Karsa NK Kurio