Kabar dari penerbit Indonesia, m&c, melalui media sosial mengungkapkan informasi penting bahwa mereka akan batalkan komik Act-Age di Indonesia. Selain di Indonesia, penerbit lainnya juga mengikuti langkah serupa yang mengikuti pernyataan resmi di Jepang.

Pihak m&c Batalkan Penerbitan Komik Act-Age di Indonesia!

https://www.facebook.com/mncgramedia/photos/a.151919652737/10160013711932738/?type=3&theater

Media sosial dari penerbit m&c informasikan bahwa komik Act-Age tidak akan dilanjutkan penerbitannya lagi. Hal ini menyusul pemberhentian penerbitan manga tankoubon di Jepang oleh penerbit Shueisha imbas peristiwa penangkapan penulis dari manga tersebut.

Pihak m&c mengambil langkah tersebut mengikuti situasi yang terjadi kala penulis dari manga tersebut, Tatsuya Matsuki, terjerat kasus asusila di Tokyo, 8 Agustus lalu. Masalah tersebut sangat sensitif bagi penerbit tersebut yang menaruhkan tanggung jawab moral sehingga memutuskan untuk tidak terbitkan jilid selanjutnya dari komik yang digambar oleh Shiro Usazaki tersebut.

Viz Media Juga Tidak Lagi Mencetak Act-Age!

Langkah serupa juga diambil oleh penerbit lokalisasi bahasa Inggris di Amerika, yang dipegang oleh Viz Media. Mengutip pernyataan resmi dari Viz Media via Comicbook, pihaknya tidak akan meneruskan serialisasi dari manga yang telah mencapai 12 volume tersebut.

Pembatalan ini juga berlaku untuk versi digital yang tersedia untuk pelanggan manga digital di situsnya, yang tersimpan di Shonen Jump digital vault. Bab terakhir yang direncanakan terbit untuk versi Inggris-nya juga dibatalkan mengikuti wewenang dari penerbit Shonen Jump di Jepang.

Shueisha Batalkan Act-Age Versi Cetak dan Digital!

Pernyataan dari kedua penerbit diatas mengikuti keputusan resmi dari penerbit pusat di Jepang, Shueisha, pemegang lisensi untuk manga Act-Age. Langkah pembatalan penerbitan tersebut merupakan lanjutan dari pemberhentian manganya yang telah diungkapkan secara resmi di situs resminya 10 Agustus lalu.

Melansir Hachima Kiko, Shonen Jump, majalah manga dari penerbit tersebut, menyatakan bahwa akan menunda penjualan dan distribusi dari manga tersebut. Termasuk diantaranya 12 jilid tankoubon yang telah tersedia di beberapa toko buku di Jepang. Begitu juga versi digital yang telah tersedia secara daring, yang dimana akan ditarik dari beberapa toko online di Jepang.

Situasi penerbitan untuk volume ke-13 pun telah diumumkan batal, beserta pencetakan jenis publikasi media lainnya. Dikabarkan pula, untuk bab terakhir yang rencana akan dipublikasi untuk versi Jepang di Jump Plus maupun di Mangaplus by Shueisha, akan dijadikan sebagai publikasi terakhir untuk franchise tersebut.

Contributor
Do you like Seno Triadi's articles? Follow on social!
Nawala Karsa NK Kurio