Beranda » Film Terbaru Studio Ghibli Sudah Rampung 36 Menit Kendati Corona

Film Terbaru Studio Ghibli Sudah Rampung 36 Menit Kendati Corona

Produksi film anime ‘How Do You Live?’ karya Hayao Miyazaki terbaru, tidak terdampak oleh pandemi COVID-19. Hal itu dituturkan oleh produser Ghibli, Toshio Suzuki

Produksi film, serial drama, hingga anime di seluruh dunia terpaksa ditunda akibat pandemi COVID-19. Namun Studio Ghibli, dengan film terbaru mereka, tetap melanjutkan produksi.

Masih Butuh Beberapa Tahun Lagi

Film Terbaru Studio Ghibli Hayao Miyazaki
Hayao Miyazaki tengah menggarap frame terbaru untuk animasinya / FOTO: Slash Film

Diwawancarai oleh Entertainment Weeklyproduser Toshio Suzuki mengatakan bahwa produksi film anime terbaru mereka, yakni How Do You Live? masih digarap hingga saat ini kendati pandemi COVID-19 yang merebak di Jepang serta dunia.

“Kami masih menggambar dengan tangan semua (frame),” ujar Toshio, “tapi itu membutuhkan waktu yang lebih banyak bagi kami untuk menyelesaikan film tersebut karena kami harus menggambar banyak sekali frame.

Toshio mengambil contoh film yang telah dibuat Studio Ghibli, yakni film My Neighbor Totoro. Film tersebut hanya dikerjakan oleh delapan animator saja dan dapat diselesaikan dalam kurun waktu 8 bulan. “(Untuk) film yang Hayao Miyazaki kerjakan sekarang, kami memiliki enam puluh animator,” ujarnya.

“Tapi kami hanya dapat mengerjakan animasi berdurasi 1 menit setiap bulannya,” timpal Toshio, “Yang artinya dalam 12 bulan setahun, kamu membuat film yang berdurasi 12 menit. Sebenarnya, kami sudah memproduksi film ini selama tiga tahun, jadi artinya kami telah merampungkan sebanyak 36 menit film tersebut.”

Toshio sendiri berharap film Studio Ghibli tersebut akan dapat selesai dalam tiga tahun kedepan.

How Do You Live, Film Garapan Hayao Miyazaki Terbaru

Film Terbaru Studio Ghibli how do you live
Salah satu halaman pada manga How Do You Live | FOTO: Nippon.com

Pada pesan tahun barunya pada 3 Januari silam, Studio Ghibli mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi dua film animasi di tahun 2020 ini.

Salah satunya ialah film animasi bergenre aksi dan petualangan dengan judul Kimi-tachi wa Dou Ikiru Ka? (How Do You Live?). Sementara itu, masih belum diketahui film kedua ini akan berformat seperti apa (film animasi atau film pendek, dan sebagainya).

Selain itu, pihak Studio Ghibli sempat menyebutkan bahwa mereka akan melakukan ekspansi ke luar negeri. Hal ini ditandai dengan kehadiran mereka di HBO Max untuk kawasan Amerika serta layanan streaming Netflix untuk wilayah lain di seluruh dunia.

Film Karya Goro Miyazaki Belum Diumumkan (Untuk Saat Ini)

Film Terbaru Studio Ghibli goro miyazaki
Goro Miyazaki saat peluncuran film Tales from Earthsea | FOTO: Getty Images

Meskipun buka-bukaan mengenai progress film terbaru milik Hayao Miyazaki, produser Toshio Suzuki enggan membocorkan lebih spesifik terkait film yang tengah digarap oleh Goro Miyazaki. Film tersebut pertama kali terkuak pada tahun 2017 dan menguat pada rumor di tahun 2019.

“Untuk film ini semuanya dikerjakan menggunakan komputer,” ujar Toshio saat menjelaskan jenis film yang tengah dikerjakan oleh Goro, “film tersebut diadaptasi dari buku cerita asal Inggris, yang menceritakan tentang gadis yang bijak.”

Toshio hanya memaparkan sedikit mengenai film terbaru yang tengah digarap oleh Studio Ghibli. Produser itu belum akan mengumumkan apapun terkait film tersebut.

Loading...