Quantcast

Beranda » Jalur Komuter » Comifuro Makin Dekat, Ini Transportasi Umum Menuju Balai Kartini

Comifuro Makin Dekat, Ini Transportasi Umum Menuju Balai Kartini

Comifuro 14 atau Comic Frontier akan kembali digelar di Balai Kartini, Jakarta. Agar lebih hemat, yuk gunakan moda transportasi umum berikut!

Gelaran event doujinshi terbesar di Indonesia, Comic Frontier (Comifuro) ke-14 akan digelar pada tanggal 22 dan 23 Februari 2020 mendatang di Balai Kartini, Jakarta. Dengan banyaknya doujinshi yang akan dijajakan disana, tentunya kamu perlu menghemat kocek yang tak sedikit agar dapat khilaf sebanyak mungkin.

Berikut adalah sejumlah transportasi umum yang bisa kamu gunakan untuk menuju ke Comifuro, dengan ongkos transportasi yang sangat murah dan tidak lebih dari Rp 25.000.

Transportasi Comifuro Menggunakan Transjakarta

Hal yang tidak bisa dielakkan lagi jika terdapat sebuah jaringan transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT) yang handal untuk digunakan bila pergi ke berbagai wilayah di Jakarta. Kalian tahu BRT yang dimaksud? Ya, TransJakarta.

Halte Transjakarta terdekat untuk mencapai Balai Kartini adalah:

  • Kuningan Barat, dilayani oleh:
    • koridor 9 Pluit – Pinang Ranti,
    • rute 9A Grogol 2 – PGC, dan
    • 9D Tanah Abang – Pasar Minggu,
  • atau halte Kuningan Timur, dilayani oleh:
    • koridor 6 Ragunan – Halimun,
    • rute 4H (Pulo Gadung 2 – Ragunan),
    • rute 6A (Ragunan – Monas via Kuningan),
    • rute 6F (Ragunan – Stasiun Manggarai),
    • rute 6H (Lebak Bulus – Senen),

dan kemudian dari halte tersebut, kamu dapat berrjalan kaki di trotoar ke arah barat hingga melewati Kantor Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk mencapai Balai Kartini.

Selain itu kamu bisa juga turun di halte Gatot Subroto Jamsostek yang dilayani oleh koridor 9 Pluit – Pinang Ranti, rute 6B (Ragunan – Monas via Semanggi) serta rute 9A (PGC – Grogol 2), dan kemudian berjalan ke arah timur di trotoar melewati Patra Jasa Tower hingga Berita Satu Plaza untuk sampai di Balai Kartini.

Namun bagi kamu yang malas berjalan kaki jauh dari kedua halte di atas ke Balai Kartini, TransJakarta juga mempunyai layanan rute non-BRT. Kamu dapat menggunakan rute 9D (Tanah Abang ke Pasar Minggu) yang terintegrasi halte BRT di Sarinah dan Bundaran HI  dan dapat langsung turun di bus stop depan Balai Kartini.

Tarif Transjakarta menuju dari dan ke Balai Kartini sendiri sangat murah dan flat, yaitu Rp 3.500. Transaksi di halte BRT dalam koridor hanya dapat menggunakan kartu uang elektronik, yaitu Flazz BCA, Mandiri e-money, BNI TapCash, BRI Brizzi, JakCard Bank DKI, serta kartu JakLingko atau OKOtrip.

Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line

Bagi kamu yang datang ke Comifuro 14 dari luar Jakarta seperti Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang dan Serpong, menggunakan kereta rel listrik merupakan cara tercepat untuk mencapai Balai Kartini. Tarif progresif KRL yang sangat murah, hanya Rp 3.000 untuk 25 kilometer pertama dan ditambah Rp 1.000 untuk setiap 10 kilometer selanjutnya, menjadikan moda transportasi ini menjadi andalan banyak orang.

Bagi kamu yang datang dari arah Depok, Bogor, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Pasar Senen dan Jakarta Kota, stasiun terdekat dengan lokasi adalah Stasiun Cawang. Selanjutnya dari stasiun ini kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi online atau TransJakarta koridor 9/9A arah Pluit / Grogol 2 kemudian turun di halte Kuningan Barat.

Bagi kamu yang datang dari arah Bekasi, Tambun, Cibitung dan Cikarang, kamu harus turun di Stasiun Manggarai kemudian transit dengan KRL tujuan akhir Depok / Bogor yang tersedia di jalur 8 dan 10 untuk menuju Stasiun Cawang dan melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi lain.

Hal yang sama juga berlaku untuk kamu yang datang dari arah Serpong, Parung Panjang, Maja dan Rangkasbitung, kamu harus turun di Stasiun Tanah Abang dan kemudian transit dengan KRL tujuan akhir Depok / Bogor yang tersedia di jalur 3 untuk menuju Stasiun Cawang dan melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi lain.

Begitu pula halnya untuk kamu yang datang dari arah Tangerang, kamu harus turun di Stasiun Duri dan kemudian transit dengan KRL tujuan akhir Depok / Bogor yang tersedia di jalur 3 untuk menuju Stasiun Cawang dan melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi lain.

Alternatif lain menuju lokasi acara Comifuro 14 selain turun di Stasiun Cawang, kamu bisa juga mengakhiri perjalanan di Stasiun Manggarai lalu berganti moda dengan TransJakarta rute 6M (Stasiun ManggaraiBlok M) yang tersedia di depan pintu utama stasiun, lalu turun di halte Kuningan Timur. Untuk pembayaran tiket pada rute 6M dapat menggunakan uang tunai (khusus pemberangkatan dari Stasiun Manggarai) atau menggunakan kartu uang elektronik sesuai perangkat EDC bank yang disediakan petugas.

Moda Terbaru, MRT Jakarta

Kartu Multi Trip MRT

Jika kamu menuju Balai Kartini menggunakan moda transportasi kereta MRT Jakarta yang melayani rute Lebak Bulus Grab, kalian dapat turun di stasiun MRT Bendungan Hilir. Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi lain, seperti transportasi daring, taksi atau Transjakarta rute 9D tujuan Pasar Minggu dari bus stop Plaza Sentral yang terletak tak jauh dari akses Pintu C Stasiun MRT Bendungan Hilir.

Alternatif lain, kamu dapat juga turun di stasiun MRT Bundaran HI lalu berjalan ke akses Pintu C yang terintegrasi dengan Halte Transjakarta Bundaran HI. Dari halte ini kamu dapat langsung menggunakan rute 9D tujuan Pasar Minggu turun di bus stop Balai Kartini, atau menggunakan rute 6B tujuan Ragunan via Semanggi turun di halte Gatot Subroto Jamsostek.

Adapun untuk tarif layanan MRT Jakarta mulai dari Rp 3.000 sampai dengan Rp 14.000 tergantung stasiun asal dan stasiun tujuan pada perjalanan kamu bersama kereta MRT Jakarta.

Bus Kota Kopaja, Masih Adakah?

Di gelaran sebelumnya, Kopaja S66 trayek Blok M – Manggarai masih sempat beroperasi dan dapat mengantar kamu menuju Balai Kartini melalui Jalan Jendral Sudirman, Gatot Subroto dan HR Rasuna Said. Sayangnya, tahun ini trayek bus tersebut sudah berhenti beroperasi lantaran sudah dikandangkan oleh Dishub DKI Jakarta dan dialihkan menjadi Transjakarta rute 6M tujuan Stasiun Manggarai – Blok M.

LRT Jakarta

Menggunakan LRT sebagai moda transportasi menuju Comic Frontier memanglah menyenangkan, namun, saat ini layanan LRT Jabodebek masih belum dapat beroperasi lantaran masih dalam fase konstruksi.

Jika kamu menggunakan layanan LRT Jakarta yang saat ini telah beroperasi melayani rute Stasiun Pegangsaan Dua ke Stasiun Velodrome, kamu dapat turun di Stasiun LRT Velodrome, lalu berjalan kaki melalui skybridge ke halte Transjakarta Pemuda Rawamangun yang terintegrasi dengan stasiun terakhir sementara dari lin LRT Jakarta ini.

Dengan keluar melalui skybridge ini, kamu dapat melakukan pembayaran LRT Jakarta dan Transjakarta sekaligus menggunakan kartu uang elektronik kamu dengan total tarif Rp 8.500. Dari halte Pemuda Rawamangun, kalian dapat naik Transjakarta rute 4H (Pulo Gadung 2 – Ragunan) turun di halte Kuningan Timur, halte Transjakarta terdekat untuk mencapai lokasi acara Comifuro.

Alternatif: Lokasi Parkir terdekat

Pada hari libur, sistem ganjil genap memang tidak diberlakukan oleh kepolisian. Karena event Comifuro 14 kali ini lebih akbar daripada sebelumnya, ada potensi jumlah pengunjung jauh lebih meningkat daripada sebelumnya dan menimbulkan permintaan lahan parkir di lokasi menjadi lebih ramai. Sebagai alternatif, kamu dapat memarkirkan kendaraan pribadi kamu pada lokasi parkir alternatif berikut:

  1. Senayan City atau Plaza Senayan
  2. fX Sudirman
  3. Grand Indonesia atau Plaza Indonesia
  4. Plaza Semanggi
  5. Hotel Kartika Chandra
  6. Menara Patra Jasa
  7.  Berita Satu Plaza
  8. Kota Kasablanka
  9. Mal Ambasador
  10. Park and Ride Pemprov DKI Jakarta yang tersedia di:
    1. Ragunan
    2. PGC Cililitan
    3. Thamrin

Cobain Nebeng ke Comifuro 14, Yuk!

Nebeng mobil atau motor milik teman yang satu rute perjalanan bisa menjadi pilihan, untuk kamu yang ingin pergi ke lokasi event Comifuro 14 namun punya uang seadanya. Dengan mencari teman tebengan, kamu mungkin akan diberikan tumpangan bersama secara gratis, walau mungkin ada pula yang meminta patungan uang bensin.

Sebaliknya, memberikan tebengan untuk teman yang satu rute perjalanan bahkan untuk seseorang yang belum pernah kamu kenal sebelumnya merupakan tindakan yang mulia. Selain turut berkontribusi mengurangi kemacetan, mendapatkan teman tebengan juga diharapkan dapat membuat hubungan pertemanan kamu dan teman kamu menjadi lebih meningkat. Pergi bareng teman sehobi itu lebih seru daripada pergi sendirian, bukan~?

Pesan Transportasi Daring atau Taksi ke Comifuro 14!

gojek anime cool japan fund

Jika kamu seorang kreator doujin yang membawa banyak sekali barang dagangan, namun kamu tidak punya kendaraan sendiri atau kamu tidak bisa nebeng teman, maka taksi atau transportasi daring dapat menjadi penyelamat kamu yang tidak mau repot. Kamu dapat menggunakan layanan taksi konvensional atau transportasi daring (online) seperti Gojek atau Grab untuk mencapai lokasi event Comifuro. Minta pengemudi kamu untuk pergi ke Balai Kartini, dan kamu tinggal duduk manis di kendaraan dari rumah ke lokasi event tanpa repot!

Sebaliknya jika kamu adalah seorang pengunjung yang habis khilaf banyak banget barang doujin di Comifuro, dan kamu tidak bisa naik transportasi umum atau mencari tebengan, maka taksi dan transportasi daring (online) adalah penyelamat kamu! Namun saat jam bubaran event, mungkin kamu akan agak sulit mendapatkan pengemudi transportasi daring karena permintaan tinggi.

Sebagai alternatif, kamu bisa mencari taksi konvensional di pinggir Jalan Gatot Subroto di depan Balai Kartini, dan seharusnya kamu akan dapat menemukan dengan mudah karena Jalan Gatot Subroto ini merupakan salah satu jalur utama dari pusat kota Jakarta ke berbagai tujuan, woiyadong~! Pengemudi kamu akan senang hati membawa kamu kembali ke rumah dengan aman dan nyaman setelah kamu lelah seharian belanja doujin di Comifuro~.

Transportasi Rujukan ke Comifuro dengan Aplikasi Peta

Waze dan Google Maps akan selalu menjadi pedoman transportasi yang cepat ke Comifuro, serta ketika pergi ke satu tujuan ke tujuan lainnya menggunakan kendaraan pribadi. Untuk mengetahui lokasi event Comifuro, kalian tinggal mengetik “Balai Kartini” atau “Kartika Expo Center” pada kolom pencarian, dan biarkan aplikasi navigasi ini memandu kamu mencapai lokasi event dengan efektif dan efisien.

Sedangkan bagi pengguna transportasi umum, kalian dapat menggunakan aplikasi Trafi, Moovit atau Tijeku yang tersedia di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS) untuk membantu kamu supaya tidak nyasar saat pergi ke maupun pulang dari Comic Frontier.

Itulah rangkuman informasi mengenai transportasi umum menuju Comifuro 14. Bagi kalian yang punya rekomendasi lain, silahkan isi di kolom komentar!

Loading...