Ada Rumor Stok Gamepad Xbox Lagi Menipis, Ada Apa Gerangan?

Kelangkaan seperti ini memanglah bukan hal yang baru bagi kalangan gamer dan pecinta komputer, namun bagaimana dengan keadaan Xbox Gamepad di Indonesia, Apakah langka juga?

Kelangkaan Xbox gamepad

Pada Rabu (22/6), Microsoft mengkonfirmasi bahwa mereka mengalami kelangkaan untuk Xbox gamepad controller.

Microsoft juga mengakui bahwa terjadi “gangguan pasokan” yang jadi masalah utama.

Kelangkaan Stok Terutama Untuk Wilayah Eropa

Ternyata kelangkaan konsol Xbox bukanlah yang pertama, sebab Microsoft juga mengkonfirmasi kembali adanya kekurangan gamepad nirkabel Xbox.

Seperti yang dilansir dalam situs berita VGC aksesori ini terjual habis di pasaran, dengan Eropa yang terkena dampak paling parah.

Situs komunitas ResetEra juga mengklaim bahwa terjadi kelangkaan di Belanda, dan pengguna Neural mengatakan hal ini terjadi juga di Italia selama beberapa bulan terakhir.

Salah seorang pengguna forum tersebut bernama Perzeval menambahkan bahwa itu “tampaknya juga kehabisan stok di Swedia”.

Situasinya sama di Inggris. Saat ini, tidak ada satu pun pengontrol yang tersedia dalam warna apa pun di banyak pengecer terbesar di negara itu, termasuk GAME, Argos, Currys, dan Smyths.

Bahkan yang paling tak tersangka, Microsoft Store resmi benar-benar kehabisan stok.

Kelangkaan Xbox gamepad
Gambar: Microsoft Store

Amazon UK memiliki beberapa stok, tetapi mengingat kekurangan di tempat lain, kami menduga itu tidak akan terjadi untuk waktu yang lama.

Microsoft mengakui situasi dalam sebuah pernyataan kepada VGC bahwa mengetahui mungkin sulit menemukan gamepad nirkabel Xbox sekarang karena gangguan pasokan.

“Kami bekerja secepat mungkin dengan mitra manufaktur dan ritel kami untuk meningkatkan ini. Silakan periksa pengecer lokal untuk ketersediaan di daerah masing-masing,” jelasnya.

Hal-hal tampaknya sedikit lebih baik di Amerika Serikat, dengan stok saat ini tersedia melalui Microsoft Store.

Tetapi apakah gangguan pasokan akan menyebabkan masalah lain? Lebih baik kita lihat kedepannya akan bagaimana.

Bagaimana di Indonesia Sendiri?

Gambar: Microsoft

Kamipun menulusuri ketersediaan gamepad Xbox di pasar yang ada di Indonesia, kami sendiri tidak bisa melihat toko resmi yang ada di Indonesia.

Namun, kami akan menggunakan situs perdagangan elektronik, seperti Tokopedia, JD.ID, Shopee, dan Lazada.

Ada catatan khusus gamepad yang kami cari adalah yang orisinal, bukan tirutan atau imitasi, yang harganya mulai dari Rp.800.000 ke atas tergantung edisinya.

Terlihat kalau masih ada ketersediaan dan sepertinya jauh dari kata kelangkaan untuk gamepad dari Xbox ini. Kami tidak melihat adanya kata ‘sold out‘ atau terjual di marketplace di sana.

Jika seandainya di Indonesia sendiri sampai terjadi kelangkaan yang seperti di Eropa sana, saran kami tentunya adalah membeli dari pihak ketiga.

Maksud dari pihak ketiga ini adalah brand-brand periferal seperti Fantech, Rexus, Razer, dan lain sebagainya.

Memang sedih jika selama masa pandemi ini apa-apanya yang berkaitan dengan periferal dan bagian dari komputer serba sulit.

Terutama VGA yang sampai saat ini juga harganya masih jauh dari kata stabil tapi sudah lebih baik dari sebelumnya.

Semoga saja masalah kelangkaan seperti ini tidak sampai berlarut-larut.