Barangkali NawaReaders yang pernah menonton Kemono Friends ingat akan gim ponsel sederhana bernama Kemono Friends Pavilion? Baru-baru ini, developer gim tersebut mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri layanan permainan itu sebentar lagi.

Meskipun gim Kemono Friends Pavilion akan ditutup, mereka akan menggelar event in-game terakhir mereka beberapa hari sebelum penutupan server tersebut. Namun, bagaimana jika kalian terlanjur membeli koin khusus gim tersebut? Simak cara refund-nya dalam artikel ini!

Gim Kemono Friends Pavilion tutup, terima kasih teman-teman!

Melansir dari pernyataan resmi pada Selasa (18/5) lalu dari developer gim UniqueWave Japan, pengembang utama gim Kemono Friends Pavilion, mereka mengatakan bahwa layanan gim tersebut akan tutup dalam waktu dekat.

Dalam penutupannya, akan terjalan kepada tiga fase: Pertama, pemberhentian penjualan Pavilion Pass dan uang Pika Pika mulai hari ini, (18/5) pukul 12:00 waktu Tokyo. Selanjutnya, gim tersebut akan berjalan seperti biasa hingga berhentinya layanan pada Rabu (30/6) pukul 15:00 waktu Tokyo.

Fase terakhir pasca penutupan ini adalah pengembalian uang transaksi Pika Pika yang berlangsung hingga Sabtu (31/7). Proses pengembalian ini perlukan informasi tentang data pemain gim tersebut, berikut sejumlah transaksi yang telah lunas terbayarkan sepanjang gim ini berjalan.

Nantinya, pemain dapat menghubungi customer service yang akan melayani proses pengembalian tersebut yang akan melakukan transfer dalam jangka waktu yang disebutkan. Gim ini juga akan menutup layanannya secara bersamaan dengan gim Sakura Kakumei yang juga akan mengakhiri layanannya pada tanggal yang sama.

Akan ada versi offline?

Lanjut pernyataan resmi dari developer-nya, UniqueWave kini tengah mempersiapkan game Kemono Friends Pavilion versi offline sebagai penggantinya. Beberapa fitur yang akan hadir di versi tersebut meliputi:

  • Sebuah opening baru
  • Arsip dari interaksi friends dalam KemoTalk
  • Beberapa friends dapat pemain simak informasinya dalam KemoTalk tersebut, yang meliputi karakter-karakter belum tersedia sebelumnya.

Sebenarnya, apa sih Kemono Friends itu?

Kemono Friends adalah waralaba multimedia yang seluruh lisensinya dalam kendali Penerbit Kadokawa, yang karakter desainnya tercipta oleh Yoshizaki Mine, artis dan mangaka Sersan Keroro. Pada awalnya merupakan gim ponsel yang berasal dari pengembang gim asal Korea Selatan, Nexon.

Beberapa karakter Kemono Friends yang muncul merupakan versi gijinka dari satwa-satwa mancanegara, yang kemudian merujuk sebagai bangsa Friends. Termasuk diantaranya Serval Cat, Humboldt Penguin, Common Raccoon, dan masih banyak lagi.

Sejauh ini Kemono Friends telah diadaptasi dalam format anime sebanyak dua season. Musim pertama yang tergarap studio Yaoyorozu dan disutradarai Tatsuki telah tayang sebanyak 12 episode pada 2017 silam. Sedangkan musim keduanya dengan tim produksi berbeda dan dalam produksi Tomason, telah tayang pada 2019.

Saat ini Kemono Friends masih berjalan dalam format manga, terbit dalam majalah Monthly Shonen Ace. Kemudian gim ketiganya sudah tersedia pada 24 September 2019, dan telah rilis dalam versi gim arcade di bawah naungan Sega.

Mengenai Kemono Friends Pavilion

Mobile game Kemono Friends Pavilion merupakan sebuah video game yang tercipta oleh kolaborasi waralaba Kemofure dengan pengembang UniqueWave. Pemain dapat berinteraksi dengan sekumpulan Friends yang dapat Kamu peroleh dari random encounter sewaktu-waktu, jika memiliki furnitur yang tersedia dalam gim tersebut.

Rilis pada 26 Januari 2018, gim berstudio UniqueWave dan Bushiroad sebagai distributor ini khusus tersedia di region Jepang. Gim tersebut pada hari peluncurannya tersedia dalam platform iOS dan Android.

Nawala Karsa NK Kurio