Penting!
Kominfo Telah Buka Blokir Steam | Gunakan Cara Ini untuk Membuka Blokir Internet Positif | Ayukawa Media Menentang Tindakan Kemenkominfo dalam Insiden Pemblokiran 30 Juli 2022

Turun Jabatan, Kreator Gim Yakuza Kena Restrukturisasi Sega!

Seno Triadi
kretor gim yakuza header
Sumber: ResetEra (https://www.resetera.com/threads/toshihiro-nagoshi-interview-involved-with-the-hollywood-live-action-yakuza-movie-kiryu-in-a-fighting-game-more.322021/)

Sega Sammy Jepang mengabarkan pada (29/1) lalu bahwa mereka akan memulai restrukturisasi internal perusahaan dan akan efektif pada akhir tahun fiskalnya, (1/4) ini. Kali ini, Toshihiro Nagoshi, produser sekaligus kreator gim Yakuza, turun jabatan akibat perombakan direksi tersebut.

Kreator gim Yakuza, Toshihiro Nagoshi, masih creative director!

https://twitter.com/Nibellion/status/1355100141640941573

Mengutip laporan dari Famtsu (29/1) via DualShockers kemarin, produser serial gim Yakuza, Toshihiro Nagoshi, telah lengser dari jabatan chief creating officer (CCO) untuk Sega Sammy. Restrukturisasi dari internal komite direksi dari perusahaan Sega Sammy melibatkan beberapa pengangkatan beberapa pejabat manajerial dalam Sega sendiri.

Meski begitu, Nagoshi sendiri akan kembali memegang jabatan sebagai creative director dan tetap memegang kendali penuh untuk serial gim Yakuza melalui studionya, Ryu ga Gotoku Studio.

Sega rombak internal perusahaan

Penyebab dari perombakan internal tersebut melalui banyak proses dari Sega sendiri, mulai dari penjualan dan penutupan tempat hiburan hingga sejumlah game center. Mengutip dari Famitsu sendiri, faktor perombakan terjadi dikarenakan adanya sejumlah restrukturisasi imbas pandemic Covid-19 di Jepang.

Melalui rilisan pers yang diterbitkan resmi oleh Sega Sammy tersebut, tercatat sekitar beberapa posisi telah dirombak. Tercatat untuk pengganti posisi yang pernah ditempati Toshihiro Nagoshi akan diganti oleh CEO Sega, Haruki Satomi, sekaligus membawahi perusahaan Sega Sammy Holdings. Hajime Satomi, ayah dari CEO sendiri, tetap mengepalai posisi pimpinan tertinggi perusahaan tersebut.

Berikut daftar direksi terbaru Sega Sammy Corporation, yang efektif mulai (1/4) nanti, pasca kreator Yakuza mengalami turun jabatan:

Hajime Satomi Pimpinan Direktur dari Sega Sammy Holdings
Haruki Satomi Pimpinan Perusahaan (CEO) Sega Sammy
Yukio Sugino Chief Operating Officer dan direktur representatif Sega Sammy
Shigeru Yamashita Direktur dan wakil pimpinan Sega Sammy, mengepalai divisi Amusement Contents Business
Tatsuyuki Miyazaki Managing Director dan General Manager untuk Sega Eropa
Hideo Yoshizawa Ketua Korporat Perusahaan
Taketo Oshima General Manager untuk Amusement Contents Business

Mengenai serial gim Yakuza karya Toshihiro Nagoshi

Serial gim Yakuza (Ryu ga Gotoku di Jepang) adalah gim action-adventure dikembangkan oleh perusahaan Sega. Gim ini digadang-gadang sebagai penerus dari serial gim Shenmue yang kala itu berakhir franchise-nya di Sega Dreamcast.

Gim yang sarat dengan tema yakuza di Jepang tersebut telah melahirkan setidaknya tujuh judul utama. Selain itu, beberapa spin-off gim termasuk Yakuza Kenzan dan Yakuza Zero juga mendampingi iringan cerita nuansa drama kawanan gangster terbesar di Jepang tersebut.

Yakuza: Like a Dragon merupakan instalasi terkini dari serial utama yang ketujuh, memperkenalkan protagonis terbaru, Ichiban Kasuga. Beralih kepada genre turn-based RPG layaknya franchise Persona tanpa tinggalkan kesan aksinya, Yakuza 7 tetap hadirkan beberapa karakter lamanya dari prekuel sebelumnya.