Review Yelan di Genshin Impact: Ramah F2P, Yakin Mau Lewatkan Dia?

Sudah cantik, berkharisma, kuat pula! Yelan dari Genshin Impact ini adalah karakter dengan segudang fungsi dan sangat fleksibel. Apakah kalian sudah meminang Yelan?

Matias Arvino Andrhasa
Yelan Genshin Impact
Karakter Yelan di Genshin Impact tak terduga menjadi andalan bagi pemakainya. Bagaimana bisa? | ©miHoYo / Cognosphere

Halo, Pengembara sekalian! Bagaimana gacha Genshin Impact kalian? Yelan memang sangat menawan dan karismatik, tapi bagaimana kalau kita review dan build dulu?

Sebelum itu, mari kita berkenalan dengan sosok Yelan terlebih dahulu.

Yelan adalah sosok misterius yang mengaku bekerja untuk Kementerian Urusan Sipil, tetapi merupakan “non-entitas” dalam daftar Kementerian Urusan Sipil.

Namun, jika melihat lebih dalam, Yelan ini adalah orang di belakang layar yang mencari informasi dari seluruh penjuru. Bagaikan seorang agen rahasia, Ia harus mengumpulkan informasi yang tersembunyi sebelum mengeksekusi aksinya.

Segitu saja untuk perkenalan singkatnya, sudah saatnya kita masuk topik utamanya.

Kami akan memberikan sebuah catatan di awal, artikel ini kami tujukan untuk kalian yang bingung akan gacha Yelan atau tidak.

Kami bukanlah ahli yang sampai memperhitungkan micro seperti sampai tahap ‘golden ratio‘ dan sebagainya, semua ini masih hal yang mendasar.

Gambaran Umum Yelan, Sang Investigator “Lepas”

Build Yelan
Misterius, namun karismatik, tidak ada yang mengetahui latar belakang dan pekerjaan sebenarnya Yelan. | ©miHoYo / Cognosphere

Yelan merupakan karakter *5 Hydro yang menggunakan senjata busur panah. Posisi dan penempatan Yelan dalam tim sendiri adalah sebagai Sub-DPS atau Jangkar dalam tim.

Dia akan memberikan dukungan yang handal sebagai gelandang andalan yang menjadi jangkar serangan tim.

Awalnya kami sempat berpikir kenapa Yelan harus hadir di saat ada *5 Hydro dan pengguna busur lainnya, Tartaglia / Childe.

Namun, kami sangat salah karena ternyata Yelan memiliki tempat dan cara bermain yang berbeda. Childe DPS yang harus on-field sementara Yelan Sub-DPS semi off-field.

Setelah tahu hal ini, mungkin NawaReaders ada yang bingung tentang, lalu kalau begitu lebih baik Yelan atau Xingqiu?

Jawabannya adalah tergantung. Mengapa demikian?

Biarpun sama-sama Sub-DPS tapi Xingqiu sendiri lebih ke arah support defensif, dia bisa mengurangi damage yang pemain terima dan merestorasi nyawa.

Sementara Yelan sendiri, berfokus memberikan kerusakan sambil memperkuat karakter yang sedang pemain gunakan saat di field.

Dalam review awal ini, kami menyadari kalau Yelan ini sangat berguna bagi kalian yang membutuhkan damage hydro murni untuk menumpas musuh, tetapi juga memberikan efek hydro ke musuh.

Penjelasan Skill dan Pasif Yelan

Untuk memberikan gambaran skill Yelan agar mudah tervisualisasi kami menggunakan video dari kanal YouTube Genshin Impact.

Stealthy Bowshot

Yelan memiliki 4 kombo serangan normal tentunya damage yang ia hasilkan berupa kerusakan fisikal. Saat membidik panah Yelan akan memiliki elemen air di dalamnya.

Salah satu keunikkan dari serangan Yelan adalah Breakthrough Barb, ini akan aktif saat Yelan tidak di dalam pertarungan selama 5 detik.

Selain itu cara memunculkan mode Breakthrough ini bisa dengan melancarkan Elemental Skill-nya, tapi hanya kemungkinan saja.

Breakthrough Barb ini sendiri akan mengurangi waktu untuk membidik sebesar 80% dan serangan yang ia lancarkan akan menjadi hydro dan berskala dengan total nyawa Yelan.

Lingering Lifeline

Elemental skill Yelan, Lingering Lifeline membuat Yelan bergerak dengan cepat kemudian menjerat banyak musuh yang ia lewati.

Kemudian saat berakhir, ia akan meledakkan tali tersebut dan musuh yang terikat oleh skill ini akan menerima damage hydro berdasarkan max HP Yelan, serta menarik musuh ke arahnya.

Pemain dapat menekan dan menahan skill ini perbedaan utamanya adalah lama waktu ia berlari, dan jika menahan skill ini ada 34% kesempatan Yelan masuk ke mode Breakthrough.

Depth-Clarion Dice

Elemental Burst Yelan, bukan sekadar skill gacha ternyata! | ©miHoYo / Cognosphere

Saat menggunakan Elemental Burst, Depth-Clarion Dice, Yelan akan mengeluarkan dadu andalannya dan menyerang musuh di sekitarnya dengan kerusakan hydro. Serangannya akan berlanjut ke mode Exquisite Throw.

Mode ini membuat Yelan membantu dirinya dan kawannya dengan serangan terkoordinasi.

Cara mengaktifkannya sendiri juga cukup mudah, yang pertama saat teman / Yelan menyerang dengan normal attack, atau Yelan mengeluarkan Lifeline dan melukai musuh dengan itu.

Kerusakan yang ia berikan semua berdasarkan Max HP Yelan, jadi perhatikan banget artefak yang kalian pasang, ya!

Pasif Yelan

Yelan memiliki 3 pasif yaitu, Necessary Calculation, Turn Control, dan Adapt With Ease.

Necessary Calculation, membuat Yelan saat terkirim dalam ekspedisi di Liyue akan memberikan 25% hadiah saat kembali.

Turn Control, memungkinkan Yelan menambah total HP sebesar 6%/12%/18%/30% tergantung seberapa banyak elemen yang berbeda dalam tim.

Adapt With Ease, saat menggunakan Elemental Burst, karakter yang aktif di field akan mendapat 1% kerusakan lebih dan akan meningkat sebesar 3,5% per detiknya. Sampai pada batas maksimal di 50% kerusakan tambahan.

Jika Yelan menggunakan burst lagi, maka efeknya akan menghilang kembali ke 1%.

Secara kit skill Yelan ini memang memiliki desain agar dia tidak aktif di dalam field, apalagi dengan skill pasifnya membuat ia semakin tidak perlu aktif.

Malah unsur-unsur ini membuatnya begitu ofensif terutama dengan memberika 50% kerusakan tambahan bagi teman yang ada di field.

Tentunya rekomendasi dari kami adalah meningkatkan burst terlebih dahulu, kemudian skill, dan terakhir ke normal attack. (lebih tinggi, lebih baik.)

Selain itu kami merasa kalau skill dari Yelan ini menjadi titik terbaik dalam review ini. Hal ini karena, skill-nya sendiri benar-benar berdasarkan max HP.

Karena hal tersebut, membuat dia menjadi yang pertama dalam masalah damage berskala dengan stat tertentu secara penuh.

Tidak seperti Hu Tao atau Arataki Itto yang biarpun kerusakan berskala dengan HP / DEF, namun faktor ATK masih menjadi salah satu faktor pertimbangan build mereka.

Dengan begitu pemain akan kesulitan untuk meratakan stat bagi karakter yang butuh dua stat skala tersebut, tetapi hal ini tidak terjadi kepada Yelan.

Secara mungkin tidak langsung menjadikan Yelan sebagai karakter yang akan merombak META dalam Genshin Impact. 

Konstelasi, Artefak dan Stat yang Jadi Perhatian

Build Yelan
Komopsisi build yang dipunyai Yelan bergantung dengan seberapa mampu pengguna membangun karakter tersebut. | ©miHoYo / Cognosphere

Kami akan memulai untuk konstelasi terlebih dahulu, kami tidak akan menjelaskan lebih dalam karena intinya semakin tinggi semakin baik.

Namun, Jika NawaReaders memang berniat menggunakan Yelan sebagai Sub-DPS maka capailah konstelasi 3 dan Yelan sudah siap melibas semua musuhnya.

Sementara untuk konstelasi 4 dan 5 kami rasa sangatlah kurang dan terkesan gimik kecuali untuk Yelan itu sendiri, tetapi berbeda saat dia sudah mencapai konstelasi 6.

Saat mencapai titik tersebut maka otomatis Yelan akan menjadi murni DPS karena saat Burst dia akan otomatis memasuki mode Breakthrough dalam 5 normal attack-nya.

Berlanjut ke artefak, menurut kami build Yelan hanya memiliki 2 set artefak saja.

  • 4 pasang Emblem of Severed Fate
  • 2 pasang Tenacity of the Millelith + 2 pasang Heart of Depth

Bagi kami sendiri, rasanya yang paling efektif tetaplah artefak emblem, karena efektivitas grinding. Maksudnya baik Emblem maupun Shimenawa, itu cukup universal penggunanya.

Namun untuk Tenacity dan Heart, apa bila mendapatkan artefak sebelahnya, maka farm tersebut akan terhitung sia-sia jika hanya untuk investasi Yelan saja.

Untuk opsi stat utamanya, tentunya Bunga dan Bulu akan selalu sama.

  • Jam pasir / Hourglass: HP% atau Energy Recharge (HP% prioritas)
  • Cawan / Goblet: Water DMG Bonus (Meningkatkan damage Yelan keseluruhan)
  • Helm: Crit Rate / Crit Damage (Sesuaikan kebutuhan)

Untuk stat yang perlu NawaReaders fokuskan tentunya HP% dan HP, kemudian Crit Rate / Crit Damage sesuai kebutuhan, terakhir adalah Energy Recharge.

Untuk di awal kalian bisa fokus untuk mengembangkan Crit dan Crit damage Yelan terlebih dahulu, rekomendasi kami Crit 60%~80%, kemudian Crit Damage  sekitar 180%~200% (kalau bisa lebih, bagus.)

Setelah terpenuhi bisa langsung berfokus ke Energy Recharge rekomendasi dari kami adalah 150%~180%, kemudian untuk HP sisanya / sebanyak-banyaknya. Tentunya semua disesuaikan dengan kebutuhan pemain dan senjata yang Yelan gunakan.

Jadi review kami untuk Yelan ini, adalah ia merupakan karakter yang cukup mudah NawaReaders bangun dalam Genshin Impact.

Selain itu, skill Yelan juga bergantung pada seberapa tingginya total HP yelan.

Rekomendasi Panah untuk Yelan

Yelan sangat fleksibel untuk digunakan pemakainya. | ©miHoYo / Cognosphere

Tentu saja ini adalah salah satu aspek yang menarik dalam build Yelan, yaitu senjata yang akan ia gunakan.

Perlu kami tekankan kembali kalau penggunaan senjata ini juga otomatis akan berpengaruh dengan cara bermain dari Yelan dan status yang pemain build.

Berikut adalah rekomendasi 5 senjata yang kami rasa sangat cocok untuk Yelan, sebagai berikut.

  • Aqua Simulacra (*5), Terbaik karena memang senjata signature Yelan
  • Sacrificial Bow (*4), Berguna agar Yelan cepat mengumpulkan energi untuk Burstnya
  • Fading Twilight (*4), Opsi gratisan terbaik tetapi Yelan perlu aktif di field
  • Recurve Bow (*3), Murni untuk bonus HP saja
  • Slingshot (*3), bonus critical rate saja.
  • Honorable Mention: Favonious Warbow (*4), Alternatif Sacrificial Bow tapi butuh crit yang cukup.

Dengan senjata pilihan tersebut tentunya akan mempermudah pemain untuk menentukan stat lebih lanjut bagi build Yelan.

Jika energy recharge sudah cukup tinggi berkat senjata bisa langsung fokus ke stat yang lain, begitu juga untuk stat lain.

Komposisi Tim Yelan, Pintar-pintar Kombinasikan Elemen!

Yakin mau lewati dia dan menunggu kemunculannya lagi di versi berikutnya? | ©miHoYo / Cognosphere

Seperti yang telah kami tulis dalam ulasan di atas, Yelan ini memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi. Namun biarpun begitu bukan berarti Yelan tidak punya tim yang optimal untuk memaksimalkan potensinya.

Berikut ini adalah komposisi yang biasa kami pakai untuk membangun tim di Genshin Impact.

  • DPS + Sub-DPS + Sub-DPS + Healer
  • DPS + Sub-DPS + Support/Shield + Healer

Dari komposisi tersebut kami merasa salah satu tim terbaik untuk Yelan adalah Hu Tao (DPS), Yelan (Sub-DPS), Zhongli (Shield), dan Diona (Healer).

Selain itu salah satu komposisi tim lainnya dari kami adalah Rosaria (DPS), Raiden Shogun (Sub-DPS), Yelan (Sub-DPS), dan  Bennett (Healer).

Adapun juga sebuah tim yang populer di internet yaitu tim vapor bernama Funeranation, yaitu Hu Tao, Xiangling, Yelan dan Xingqiu.

Bagi kami ini juga komposisi yang menarik tapi itu memang harus kuat di DPS Pyro, Hu Tao dan Xiangling. Memanfaatkan reaksi vapor (pyro + hydro) secara konstan dan terus menerus.

Kesimpulan Review Yelan: Salah Satu Pilihan F2P Terbaik!

Sampai pada akhir dari artikel ini, Kami merasa kalau Yelan ini salah satu karakter paling unik di Genshin Impact.

Tidak sampai di sana saja, bagi Kami karakter ini adalah karakter yang sangat mudah untuk dikembangkan dan juga stabil secara performa.

Menjadikan Yelan sebagai salah satu build Sub-DPS terbaik bahkan untuk pengembara yang cenderung F2P juga sangat efektif dalam farming artefaknya.

Namun, sayangnya karakter ini tidak bagus sebagai karakter awalan, karena untuk menaikkan levelnya butuh melawan musuh di Chasm. Bukanlah hal yang mudah untuk menaikkan level jika bermain tanpa menggunakan joki atau sejenis itu.

Jadi bagaimana, habis baca review ini apakah para Pengembara akan memulangkan Yelan atau masih teguh berharap Kazuha rerun di versi baru Genshin Impact? Hehehe…