EDITORIAL: 3 Tahun Nawala Karsa, Semakin Dekat dengan Pembaca

Avatar
Ulang Tahun HUT Ke 3 Nawala Karsa

3 TAHUN NAWALA KARSA – Dewasa ini, media pop kultur di Indonesia terus berkembang dan semakin banyak jumlahnya. Tingginya animo masyarakat tentang pembahasan berbagai topik pop kultur di segala bidang membuat banyak media pop kultur berlomba untuk menyajikan berita tentang pop kultur dengan cepat, namun di waktu yang sama juga memiliki ciri khas masing-masing. Berita dari media pop kultur tak melulu disajikan secara formal melalui konten artikel, namun juga disajikan dalam bentuk komik, infografis, dan media visual lainnya. Oleh karena berita yang disampaikan dan gaya penyampaian yang berbeda-beda, media pop kultur tentunya memberi warna baru dalam ranah pers Indonesia.

Karena semakin banyak media pop kultur yang mempunyai ciri khas masing-masing dalam konten-konten berita yang diunggah, tentu banyak pembaca media pop kultur yang berekspektasi lebih terhadap konten media yang mereka baca dan lihat dan tuntutan semakin bertambah untuk media pop kultur, yaitu tidak hanya menjadi sumber berita terpercaya yang menghadirkan berita-berita terkini dengan cepat, namun juga harus senantiasa membuat konten yang kreatif, inovatif, dan berbeda dengan konten-konten sebelumnya. Hal ini merupakan tantangan dalam menjadi media pop kultur yang dapat menggaet pembaca dari semua kalangan.

Selama tiga tahun belakangan, Nawala Karsa telah hadir sebagai media yang menghadirkan berbagai berita dari ranah pop kultur Jepang, seperti anime dan manga Jepang, novel ringan, musik, film dan drama, hingga berbagai opini tentang pop kultur itu sendiri. Selain itu, kami juga sering memberitakan kabar terhangat mengenai sebuah hal yang sedang terkenal atau ramai dibicarakan para pembaca kami maupun warganet. Hal ini merupakan bentuk komitmen kami sebagai media yang dinamis dan senantiasa memberitakan kabar terkini kepada para pembaca.

Agar dapat meneruskan berita-berita terkini dari ranah pop kultur Jepang dengan baik, kami senantiasa mengikuti informasi mengenai pop kultur Jepang mau pun berita-berita terkini terlebih dahulu dan mengkajinya lebih dalam, sehingga informasi yang kami ingin kami bagikan dapat menjadi informasi aktual yang dapat dipercaya oleh para pembaca. Karena Nawala Karsa tidak terlepas dari campur tangan anak-anak muda di belakangnya, yang memiliki ide-ide segar tentang cara penyampaian berita, informasi yang kami sampaikan tidak melulu kami sajikan dalam bentuk artikel. Karena ide-ide tersebut, kami berupaya untuk dapat terus menyajikan informasi berkualitas dengan cara yang dapat diterima oleh para pembaca kami yang kebanyakan masih muda pula dan memiliki ketertarikan yang sama dengan kami. Tidak hanya informatif dan bermanfaat, kami juga merancang agar semua konten kami dapat menghibur mereka yang membacanya pula.

Selama tiga tahun berdiri, Nawala Karsa telah menghadapi banyak tantangan, pasang surut, dan juga tidak luput dari kesalahan. Semua pengalaman baik dan buruk yang kami lewati mengajarkan hal-hal yang berguna untuk kami dan tentunya mendorong kami untuk menjadi media pop kultur yang lebih baik lagi di masa depan. Tidak akan pernah ada kata berhenti untuk belajar dari semua pengalaman yang ada, karena itulah yang menjadi guru bagi kami dan membuat kami bisa berada di sini hingga saat ini.

Pada ulang tahun ke-3 ini, Nawala Karsa telah melakukan rebranding sebagai media pop kultur yang independen. Sebagai upaya kami dalam menjawab tantangan bagi media pop kultur Indonesia, kami akan hadir kembali dengan sejumlah artikel dan konten baru yang dapat dinikmati oleh para pembaca. Kami harap, dengan sejumlah artikel dan konten-konten baru yang akan kami unggah, kami sukses menyajikan berita dengan cara yang unik, inovatif, serta entertaining. Menjadi media yang inovatif, dinamis, dan entertaining—itulah alasan kenapa kami ada di ranah pop kultur Indonesia hingga hari ini.

Akhir kata, kami ingin mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah membaca dan mendukung kami selama 3 tahun ini, terkhusus untuk pembaca kami, NawaReaders. Berkat dukungan dari kalian, Nawala Karsa bisa hadir sebagai salah satu media pop kultur Indonesia yang dapat terus bertahan hingga hari ini dan menjadi media yang semakin maju. Kami tidak akan menjadi apa-apa jika tanpa adanya dukungan dari kalian.

Nadia Theresa Johari

Head of Digital Content, Nawala Karsa