Penting!
Kominfo Telah Buka Blokir Steam | Gunakan Cara Ini untuk Membuka Blokir Internet Positif | Ayukawa Media Menentang Tindakan Kemenkominfo dalam Insiden Pemblokiran 30 Juli 2022

Yang Mana Favoritmu? Ini Dia, Top 10 Opening Anime 2021 di Jepang!

Top 10 lagu opening anime

Tahun 2021 telah berakhir, Penggemar anime di Jepang telah membuat 10 ranking dari lagu opening favorit mereka untuk anime tahun 2021! Mengutip dari situs Anime!Anime!, pada Minggu (2/1) mereka telah mengumpulkan pemungutan suara untuk lagu opening favorit para penggemar untuk anime rilisan di tahun 2021.

Lagu opening atau lagu tema anime, adalah hal yang tidak bisa lepas dari penayangan suatu anime. Dalam lagu tema tersebut bisa menjadi pesona tersendiri yang akan menggambarkan apa yang terjadi di dalam anime.

Hal ini pula yang menjadikan lagu opening tersebut sebagai pengenalan awal anime terhadap penontonnya. Bahkan sampai tergadang sebagai pendongkrak waralaba animenya sekalipun!

Mengenai pemungutan suara “lagu opening favorit” ini sendiri, total responden yang mengikuti pemungutan ini sebanyak 741 orang. Jangka waktu pemungutan suara antara pada Sabtu (4/12) sampai Rabu (15/12) yang lalu.

Berdasarkan survei tersebut, rasio responden pria sekitar 43.7% dan 56.3% untuk wanita. Kemudian, Berikut pula pengelompokan responden berdasarkan usianya.

  • Kelompok berusia hingga 19 tahun: 48.9%
  • Lalu, kelompok usia 20-24 tahun: 16.5%
  • Dan, yang berusia 25-29 tahun: 8.0%

10. “Cinderella” karya CIDERGIRL – Komi-san wa Komyushou-desu

Terasa upbeat dengan bumbu romansa seperti animenya! Lagu Cinderella dari grup band CIDERGIRL ini merupakan salah satu pembuka yang seimbang bagus dengan sekuensi pembuka animenya.

9. “THE POLiCY” karya IDOLiSH7 – IDOLiSH7 Third BEAT! 

Dominoasi grup idol pria IDOLiSH7 belum pudar dengan segudang rilisan lagunya. Dengan lagu ini sebagai pembuka IDOLiSH7 Third BEAT!, tidaklah heran banyak fans dari waralaba ini selalu ingat akan pesona para personilnya.

8. “Yume wo Kakeru!” karya Azumi WakiMarika KohnoMachicoAyaka OhashiChise KimuraHitomi Ueda, dan Saori Onishi – dalam anime UMAMUSUME: Pretty Derby! 

Pacuan kuda moe dari Cygames masih terus membahana! Kepopuleran gim gawai UmaMusume: Pretty Derby! dengan animenya masih akan terus bertahan dengan makin bertambahnya penggemar baik dari Jepang maupun mancanegara.

Opening-nya spesial anime pun kedengaran lucu, lho! Lagu ini termasuk dapat bersanding dengan lagu tematik dari gimnya, Umapyoi Densetsu.

7. “Boku no Sensou” karya Shinsei Kamattechan – Attack on Titan

14 tahun berkelana di industri musik membuahkan hasil! Band Shinsei Kamattechan tak bisa terbilang baru dalam dunia industri anime.

Nama dari mereka sering tercatat di sejumlah soundtrack anime lama seperti Denpa Onna to Seishun Otoko dan Aku no Hana. 

Nyata-nyatanya saat Boku no Sensou rilis di platform Spotify, lagu ini telah dapatkan jumlah pendengarnya sekitar 32 juta lebih kali dimainkan.

Bahkan, versi televisinya yang telah rilis terlebih dahulu, dapatkan hampir dua kali jumlahnya, yaitu sekitar 52 juta kali.

6. “DIES IN NO TIME” karya Jun Fukuyama – The Vampire Dies in No Time

Pengisi suara dari Draluc dalam The Vampire Dies in No Time ini masih terus berkarya! Seiyu veteran yang juga memiliki nama julukan FukuJun ini merilis sejumlah lagu baik digital maupun fisik. 

Semoga selalu sehat dan terus berkarya untuk Kak FukuJun!

5. “Ai no Supreme!” karya fhána – Miss Kobayashi’s Dragon Maid S

https://www.youtube.com/watch?v=XCs7FacjHQY

Anime Kobayashi-san rasanya hambar tanpa ada fhana mengisi lagunya. Terbukti, banyak yang menyambut positif dengan kembalinya grup band anisong ini mengisi lagu pembuka untuk musim keduanya!

Kira-kira pasca animenya berakhir, apakah grup dengan komposer ternama Junichi Sato ini memberi kejutan nantinya di tahun 2022 ini?

4. “Sing My Pleasure” karya Kairi Yagi sebagai Vivy – Vivy -Fluorite Eye’s Song

Vivy -Fluorite Eye’s Song merupakan sebuah anime dengan plot yang tak terduga sebelumnya. Judul ini dapat tanggapan sangat positif dari para penontonnya baik di Jepang maupun luar negeri.

Pantaslah, anime Vivy berbumbu idol dan aksi mendapatkan skor 8,48 dari 145 ribu pengguna MyAnimeList!

Intro yang terbawakan oleh Kairi Yagi ini membuat namanya naik di belantika musik Negeri Sakura. Untuk saat ini, NawaReaders bisa menonton satu musimnya lewat platform Netflix

3. “Gotobun no Katachi” karya Nakano Bersaudari – Go-toubun no hanayome ∬

Musim kedua anime The Quintessential Quintuplets masih saja dapatkan banyak penggemarnya. Terbukti, lagu dari Nakano Bersaudari yang beranggotakan Kana Hanazawa, Ayana Taketatsu, Miku Itou, Ayane Sakura, dan Inori Minase ini, layak untuk Kamu dengarkan!

Apalagi, kabarnya dari berita resmi, satu produksi filmnya sudah konfirmasi akan tayang di bioskop belum lama ini!

2.  “Cry Baby” karya Official HIGE DANdism – Tokyo Revengers

Merangkaknya tren dari Tokyo Revengers, tentu tidak lepas dari keterlibatan band HIGEDAN. Meski bukan salah satu faktor utama, sumbangan dari band tersebut sangat vital untuk nama mereka di dunia industri musik Jepang.

Sebelum ini, HIGEDAN pernah kejutkan komunitas pop kultur dengan lagu Pretender. Lagu ini, yang rilis pada Mei 2019, mendapat sambutan meriah hingga mereka dapat panggung di event NHK Kouhaku Uta Gassen.

1. “Akeboshi” karya LiSA – Kimetsu no Yaiba (Mugen Train Arc)

Nah, bicara soal NHK Kouhaku, si biduanita enerjik yang sudah tiga kali muncul di acara tersebut, masih melejit di tahun 2021 ini!

LiSA, cewek yang dulu populer dengan sejumlah singlenya untuk waralaba Pembasmi Iblis ini, tampaknya akan selalu muncul di seri anime selanjutnya nanti. 

Lagu Akeboshi, yang juga salah satu dari karya yang Ia bawakan pada acara tahun baru NHK lalu, mendapat sanjungan besar dari banyak pendengar!

Tidak cuma dari para pegandrung pop kultur, tetapi sekian banyak orang dari berbagai kalangan suka akan lagunya!

Bagaimana NawaReaders, apakah kalian setuju dengan lagu opening favorit penggemar anime di Jepang sana? Mengingat pula, seberapa populer ranking anime tersebut tentu tidak mengejutkan sepanjang tahun 2021 ini.

Perlu kamu ketahui, anime Tokyo Revengers sendiri sering kali masuk dalam trending YouTube di setiap perilisan mingguannya. Bahkan, judul ini sempat sampai mendapatkan sulih bahasa Indonesia.

Tidak lupa dengan Kimetsu no Yaiba, yang sering kali jadi langganan perbincangan di jagat media sosial. Apalagi belakangan saat ini, musim keduanya sedang berlanjut.

Mengenai lagu opening anime ranking satu ini sendiri, video klip ini mencapai 11 juta penonton di YouTube dalam waktu satu bulan saja.

Apakah NawaReaders memiliki lagu opening anime favorit tersendiri untuk anime tahun 2021? Adakah harapan dari pembaca tentang lagu pembuka untuk anime pada 2022 ini?

Jangan lupa, agar kalian dapat komentari artikel ini di laman Facebook atau Twitter kita, ya!