Ungkap Banyak Detail, Intip Trailer Baru dari Film SAO Progressive Kedua!

Kisah Asuna, Kirito, dan kawan-kawan bertahan hidup di game mematikan Sword Art Online belumlah usai, ancaman baru seperti apa yang menanti mereka?

Matias Arvino Andrhasa
Trailer Kedua Sword Art Online Progressive Scherzo of a Dark Dusk
Film Sword Art Online Progressive: Scherzo of a Dark Dusk hadirkan karakter baru. | FOTO:KADOKAWA CORPORATION/SAO-P Project

Pada Selasa (2/8) lalu, kanal YouTube Aniplex merilis trailer kedua dari film Sword Art Online Progressive: Scherzo of a Dark Dusk.

Dalam trailer tersebut juga mengkonfirmasi adanya visual terbaru, staf produksi dan seiyu tambahan, serta tema lagu yang akan Aoi Eir bawakan.

Selain itu adapun beberapa informasi mengenai bonus yang dapat penggemar dapatkan yaitu A4 Clear File jika membayar tiket khusus seharga 1,500円 (sekitar Rp.167.000).

Film kedua dari Sword Art Online Progressive ini akan hadir di Sabtu (10/9) mendatang, terbatas untuk sejumlah bioskop Jepang saja.

Sebagai catatan, seri SAO Progressive ini tidak termasuk dalam lini seri utama dari SAO.

Namun, tetap ini seri Progressive ini terhitung sebagai spin-off, yang artinya masih ada hubungan dengan seri utama tapi tidak kanon.

Sinopsis Sword Art Online Progressive Scherzo of a Dark Dusk

Film satu ini akan kembali melanjutkan dari film sebelumnya yaitu Aria of Starless Night.  

“Meskipun ini adalah permainan, ini bukan permainan, kan?”

VRMMORPG “Sword Art Online” pertama di dunia berubah menjadi game kematian, lebih dari sebulan telah berlalu sejak 10.000 pengguna terjebak di dunia gim.

Setelah menaklukkan lapisan pertama dari kastil terapung baja “Aincrad”, Asuna sambil membentuk kombinasi dengan Kirito, dia melanjutkan perjalanannya menuju lantai atas.

Dengan bantuan Argo, seorang informan wanita, tampaknya proses penangkapan berjalan lancar.

Hanya saja, ada sekelompok pemain top yang memimpin strategi di dunia ini, ALS (Korps Pembebasan Aincrad) dan DKB (Brigade Ksatria Naga).

Sebuah konfrontasi terjadi di antara dua guild besar yang seharusnya bertarung bersama-sama.

Dalam bayang-bayang, sosok orang misterius yang bertindak dalam bayang-bayang―.

Di tengah pertempuran berbahaya yang dekat dengan kematian, “ancaman” yang berbeda dari “strategi” yang melibatkan Asuna dan Kirito!

Staf Produksi Utama SAO Kembali Menggarap Film Ini

Trailer Kedua Sword Art Online Progressive Scherzo of a Dark Dusk
Visual terbaru film kedua Sword Art Online Progressive | FOTO: KADOKAWA CORPORATION/SAO-P Project

Trailer kedua film SAO Progressive: Scherzo of a Dark Dusk mengkonfirmasi sejumlah staf produksi yang sudah berpengalaman menggarap seri satu ini.

Melansir dari Comic Nataliesetidaknya ada sejumlah staf melibatkan namanya untuk produksi film SAO ini.

Kouno Ayako (sutradara Black Butler: Book of the Atlantic) akan kembali menyutradarai film di A-1 Pictures, sedangkan Touya Kento (Sword Art Online: Alicization) kembali untuk mendesain karakter.

Kai Yasuyuki kembali berperan sebagai sutradara yang menggarap adegan aksi, dan Kajiura Yuki kembali jadi komponis musik di film ini.

Aoi Eir juga akan menjadi penyanyi yang membawakan tema lagu anime yang bertajuk “Shinzo” (Hati) dengan n-buna dari band Yorushika yang menggarap lagu ini.

Tentunya untuk seiyu sendiri dari seri utama seperti Matsuoka Yoshitsugu dan Tomatsu Haruka juga akan kembali berperan sebagai duo Kirito dan Asuna.

Selain itu, Hondo Kaede akan berperan sebagai Liten, dan Kobayashi Yusuke akan berperan sebagai Morte.

Tentang Seri Sword Art Online

Visual perayaan 10 Tahun Sword Art Online | FOTO: KADOKAWA CORPORATION/SAO-P Project

Anime ini berdasarkan dari waralaba Sword Art Online, seri novel ringan karya Kawahara Reki. Seri novel ini rilis pada tahun 2009 di bawah penerbit ASCII Media Works dalam majalah Dengeki.

Novel ringannya sendiri saat ini telah mencapai volume ke-26 dan masih terus berlanjut hingga judul “Unital Ring“.

Selain itu seri spin-off-nya, Progressive rilis di tahun 2012 dan masih berlanjut sampai judul “Rhapsody of Crimson Heat” 

SAO pertama kali mendapatkan adaptasi anime pertamanya di Desember 2012 dan telah berlanjut hingga season 4 yaitu Alicization.

Anime ini juga telah menghasilkan dua film yaitu Ordinal Scale dan Aria of Starless Night.

Selain itu, waralaba SAO juga telah resmi berusia 10 tahun di tahun 2022 ini.

Sampai berita ini kami tulis, belum ada informasi tentang film kedua SAO Progressive ini akan tayang di bioskop Indonesia.