Broadcasted by Galau Jikan FM

Serialisasi Manga Berserk Segera Dilanjutkan dalam Waktu Dekat

Hakusensha telah resmi mengumumkan bahwa serialisasi manga Berserk segera lanjut dengan tim baru, dengan pengawasan komikus sahabat mendiang Miura Kentaro.

Seno Triadi
Manga Berserk
FOTO: Hakusensha

Selasa (7/6), penerbit Hakusensha merilis sebuah informasi penting lewat siaran pers tentang kelanjutan manga dari mendiang Miura Kentaro, Berserk.

Penerbit tersebut mengatakan bahwa seri manga Berserk akan segera lanjut dengan pengawasan dari komikus seri manga Holyland, Mori Kouji.

Sekadar kilas balik, mendiang Miura Kentaro telah menghembuskan napas terakhir pada Kamis (20/5/2021) lalu, meninggalkan Berserk menggantung di pertengahan cerita.

Sejumlah asisten dari Studio bentukan Miura, Studio Gaga, bersedia mengerjakan sejumlah chapter dari manganya, yang kini sedang berada di bab ke-364.

Bab tersebut berada di tengah bagian cerita Fantasia Arc, melanjutkan pengelanaan Guts ke sebuah pulau misterius.

Rencananya, manga tersebut segera dapat lanjutan serialisasi di majalah manga Young Animal sebanyak enam bab, sebelum menuju ke bagian cerita selanjutnya.

“Baiklah, Saya Akan Melakukannya.”

Menanggapi pernyataan resmi dari Hakusensha ini, Mori Kouji, yang ternama dengan manga serinya, Holyland, menceritakan pengalamannya dengan mendiang Miura kala menyelesaikan salah satu arc dalam manga Berserk.

“30 tahun lalu, saat Ia mendiskusikan ide cerita bagian Eclipse kepada saya, saya tak percaya kami mengerjakannya selama satu minggu. Alur cerita tersebut sudah tuntas hingga bab terakhirnya,” cerita Mori.

Lanjut Mori, ia mengaku mengemban tanggung jawab sangat besar untuk meneruskan serialisasi manga tersebut lantaran keseluruhan cerita manga belum terjabarkan oleh Miura sendiri.

“Kemudian, staf dari Studio Gaga ingin menyelesaikan bab terakhir yang Miura kerjakan, jadi Saya diminta untuk mengawasi pengerjaan bab tersebut. Ternyata, suatu mukjizat datang di tengah kekhawatiran. Miura ternyata sudah menyelesaikan manuskrip komplit untuk Berserk,” kata Mori.

Mengemukakan hal tersebut, Mori dapatkan tawaran dari staf studio Gaga untuk melanjutkan Berserk dengan tim yang siap produksi sejumlah chapter-nya.

“Kalau saya berpikir untuk mengabaikannya, mungkin Miura menyinggungku bahwa Ia mengobrol banyak tentang manganya dan tidak melakukannya (meneruskan ceritanya). Jadi, baiklah. Saya akan melakukannya,” tegas Mori.

Pesan Mori untuk Para Pembaca Berserk

Menutup pesan resminya, Mori mengatakan bahwa penggemar manga Berserk mungkin takkan puas dengan ceritanya sepeninggal Miura, namun mengharapkan agar tetap didukung manganya sampai akhir.

“Saya akan menulis cerita yang Miura diskusikan tanpa menyisakan apapun, dan tidak memasukkan ide yang saya lupa ceritanya. Tentu saja tidak akan sepersis Miura, tetapi saya punya gambaran tentang apa yang ia ingin ceritakan,” ujar Mori.

Ia mengaku bahwa sejumlah penggambar di studio Gaga merupakan orang hebat yang Miura pilih sendiri untuk mewariskan Berserk kedepannya.

“Bakat dari sejumlah murid dari Miura benar-benar nyata dan semuanya brilian,” puji Mori.

Mori mengharapkan untuk tetap lanjut mendukung serialisasi manga Berserk hingga seri cerita terakhirnya segera selesai terbit di kemudian hari.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.