Desainer Mecha Kazutaka Miyatake Pulang dari Rumah Sakit

Adi Styadi
desainer mecha Kazutaka Miyatake Macross

Desainer mecha dari seri Macross, Kazutaka Miyatake, diberitakan sudah boleh pulang dari rumah sakit setelah kondisinya membaik. Haruka Takachiho, rekan Miyatake sekaligu co-founder dari Studio Nue, mengumumkannya melalui cuitan Twitter.

“Mohon maaf merepotkan, namun desainer kami, Kazutaka Miyatake sudah pulang dari rumah sakit hari ini. Terima kasih atas segala dukungan, serta keprihatinan para fans.

-Hormat dari seluruh Studio Nue”

Sebelumnya, pada tanggal 22 Mei 2021, musibah menimpa tempat tinggal desainer profesional tersebut. Rumah milik Kazutaka Miyatake yang terletak di kota Yokosuka terbakar, dan merenggut satu korban jiwa. Selain itu, Miyatake sendiri dilaporkan keracunan gas monoxida, dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Berdasarkan laporan TBS News Jepang, api mulai membakar pada pukul tiga sore waktu setempat. Sekitar 12 unit truk pemadam kebakaran harus dikerahkan, dan butuh dua jam hingga api benar-benar padam. Tomoko Watanabe (60) istri dari Kazutaka Miyatake, terjebak di rumah, sementara Miyatake selamat. Terlepas dari perawatannya di rumah sakit, Miyatake dilaporkan tidak dalam kondisi kritis.

Takachiho terus memberikan perkembangan terkait kondisi Miyatake. Akan tetapi, ia sendiri tidak bisa menjenguknya secara langsung karena aturan pencegahan virus COVID-19. Takahicho hanya berpesan agar para penggemar bisa mendoakan kepulihan Miyatake, serta kedamaian untuk arwah Tomoko.

Berusia 71 tahun, Kazutaka Miyatake pernah menjadi menjadi desainer Powered Armor yang muncul di novel Starship Troopers versi Jepang. Namun karyanya yang paling terkenal ada pada seri The Super Dimension Fortress Macross, serta edisi filmnya: Macross: Do You Remember Love? 

Kazutaka Miyatake juga memiliki banyak peran dalam seri Mobile Suit Gundam Seed, Space Battleship Yamato, hingga Gunbuster. Namun kedekatannya dengan Studio Nue terus membuatnya kembali mengerjakan sekuel-sekuelnya, seperti Macross 7, Macross Frontier, bahkan Macross Delta. Peran Miyatake tidak cuma jadi desainer mecha, tapi juga mesin perang seperti kapal induk musuh yang muncul dalam anime.

Pada tahun 2017, Kazutaka Miyatake merilis art book bertajuk Mega Designer Created Mega Structure yang berisi karya-karyanya ketika aktif bekerja dalam industri anime.