Broadcasted by Galau Jikan FM

Peringati 3 Tahun Tragedi Kyoto Animation, Keluarga Korban Masih Berduka

Tiga tahun sudah berlalu sejak tragedi pembakaran yang menimpa KyoAni. Bahkan sampai sekarang, keluarga korban masih merasakan kesedihan mendalam.

Adi Styadi
Tragedi Kyoto Animation
Violet Evergarden (Copyright: Kyoto Animation)

Bulan Juli tahun 2019, akan selalu teringat sebagai tahun yang memilukan. Bukan hanya untuk pecinta budaya kultur populer anime, tapi juga masyarakat Jepang secara umum. Pasalnya, tahun inilah terjadi tragedi pembakaran Kyoto Animation.

Bagi para penggemar, Studio Kyoto Animation sudah menjadi ikon dengan banyaknya judul populer yang mereka produksi. Banyaknya talenta yang jadi korban dari kejadian ini sangat menyayat hati.

Menjadi Salah Satu Insiden Mematikan dalam Sejarah Jepang

Studio Kyoto Animation Terbakar Insiden
FOTO: NHK

Di sisi lain, peristiwa ini juga jadi insiden dengan korban paling banyak dalam sejarah Jepang selama 10 tahun terakhir.

Pelaku adalah Shinji Aoba, pemuda berumur 40-an, dan melakukan tindakan kriminal tersebut karena dugaan plagiarisme yang Kyoani lakukan. Hingga hari ini, klaim tersebut sama skeali tidak terbukti.

Walau sudah tiga tahun berlalu sejak tragedi yang merenggut 36 nyawa itu. Banyak orang masih merasakan luka, terutama keluarga dari korban jiwa, serta korban luka yang mengalami sendiri kejadian tersebut.

Kyoani Unggah Video Peringatan Tragedi Pembakaran di YouTube

studio kyoto animation dihancurkan
Lahan bekas Studio 1 milik Kyoto Animation yang terbakar habis pada Juli 2019 silam | FOTO: (c) NHK, 2020

 

Sebagai salah satu kejadian paling menyedihkan yang Studio Kyoto Animation alami. Kyoani masih memperingati nama-nama yang jadi korban dari kejadian naas ini.

Pada hari Senin (18/7) pagi, kanal Youtube Kyoto Animation mengunggah video peringatan yang berisi pesan-pesan dari keluarga korban.

Video berdurasi 11 menit tersebut bisa Nawareaders saksikan lewat pranala berikut. Kolom komentar dari video pesan ini tidak tersedia, untuk mencegah pesan-pesan yang tidak diinginkan.

Dalam video tersebut, pihak Kyoto Animation juga berharap agar orang-orang tidak datang ke lokasi terjadinya insiden. Mereka tidak ingin adanya kerumunan yang berpotensi mengganggu lingkungan sekitar.

Selain itu, melansir dari The Japan Times, sebuah upacara penghormatan digelar di lokasi terjadinya tragedi pembakaran Studio Kyoto Animation, yang terletak di Fushimi, Jepang. Eksekutif studio, bersama dengan keluarga dan kerabat korban, menghadiri upacara ini untuk menyampaikan penghormatan mereka.

Sejak terjadinya insiden pada tahun 2019, gedung Studio 1 yang terbakar harus dirobohkan karena banyaknya kerusakan. Pada tahun 2021 sempat ada perundingan untuk membangun monumen peringatan, namun rencana tersebut belum resmi.

Bagaimana Kronologi Tragedi Kyoto Animation Tiga Tahun Lalu?

Tragedi Pembakaran Studio 1 Kyoto Animation
Lokasi Studio 1 Kyoto Animation, kini menjadi tanah lapang | FOTO: The Japan Times

Sesuai namanya, Studio Kyoto Animation terletak di kota Kyoto, salah satu kota besar di Jepang. Kyoani telah memproduksi berbagai anime yang menuai pujian dari para penggemar, seperti K-On!, The Melancholy of Haruhi Suzumiya, dan Nichijou.

Salah satu gedung studio yang mereka miliki adalah Studio 1 yang berada di kawasan Rokujizo, Fushimi. Gedung inilah yang jadi lokasi kejadian naas tersebut.

Pada hari Kamis (18/7/2019) pukul 10 waktu setempat, petugas pemadam kebakaran mendapat informasi terbakarnya gedung Studio 1 Kyoto Animation. Berdasarkan penyelidikan, api mulai merambat dari lantai satu, dan menjebak orang-orang yang ada di lantai atas.

Lokasi sumber api, juga membuat asap beracun karbon monoksida (CO) memenuhi ruang tangga dan studio. Banyak talenta tidak selamat dari kejadian tersebut, seperti sutradara Yasuhiro Takemoto (Hyouka), Mikiko Watanabe (Violet Evergarden: The Movie), dan masih banyak lagi.

Semoga arwah mereka yang meninggal akibat tragedi ini diampuni dosa-dosanya, dan mendapat tempat di sisi-Nya. Dan semoga insiden serupa tidak terjadi lagi bagi pekerja kreatif manapun.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.