Beranda » Penyiaran » Cek Fakta: TVRI Batal Siarkan Liga Inggris Pekan Ini Karena Helmy Yahya?

Cek Fakta: TVRI Batal Siarkan Liga Inggris Pekan Ini Karena Helmy Yahya?

Kisruh pasca pemberhentian Helmy Yahya oleh Dewan Pengawas di tubuh TVRI masih menjadi bola panas dan berimbas ke banyak hal. Salah satunya mengenai absennya siaran Liga Inggris di TVRI pekan ini.

Banyak yang mengaitkan kedua hal di atas sehubungan dengan belum redanya isu tersebut. Namun benarkah demikian?

TVRI tanpa Centang di Info Jadwal Liga Inggris

TVRI tidak menayangkan satu pun pertandingan Liga Inggris Pekan ini. Gara-gara Helmy Yahya?

Pemegang hak siar Premier League di Indonesia, Mola TV, menggunggah sebagaimana biasanya jadwal pertandingan liga sepak bola Inggris itu di akun media sosialnya. Namun ada yang berbeda di sana, yaitu kolom TVRI nampak polos, tanpa satupun tanda centang di sana.

Tidak seperti pekan-pekan sebelumnya dimana TVRI mendapat tanda centang di satu atau dua pertandingan. Tanda centang menandakan pertandingan yang ditayangkan di jalur siaran tersebut.

Warganet Mengaitkan dengan Helmy Yahya

Helmy Yahya Diberhentikan Dari Dirut TVRIMinimnya informasi mengenai absennya TVRI di pekan ke-24 memunculkan spekulasi di masyarakat. Tak jarang warganet mengungkapkan keheranannya dengan mengaitkan absennya Liga Inggris di TVRI dengan pemberhentian Helmy Yahya dari posisi Dirut.

Berikut ini beberapa komentar yang kami kutip dari postingan Mola TV.

Kenapa ngk ada yg di tvri min. Karna masalah internal TVRI ya min?

Kok TVRI ga ada satupun nyiarin nih… Keknya efek Helmy Yahya di pecat ya

TVRI gimana kabarnya… Efek helmi yahya 😢

Terimakasih helmiyahya, telah memberi epilog bigmatch yg bagus. Liverpool vs MU.

TVRI Jarang Tayangkan Pertandingan di Tengah Pekan

Sayangnya, kami harus jabarkan fakta berikut ini. Selama beberapa bulan menyiarkan Liga Inggris, TVRI memang jarang mengambil pertandingan di tengah pekan.

Pada pekan pertandingan ke-19 dan ke-21 yang merupakan boxing day – pertandingan saat libur Natal dan Tahun Baru, TVRI hanya menayangkan masing-masing 1 laga pada hari Kamis (26/12/2019) dan Rabu (1/1/2020). Di luar boxing day, TVRI menayangkan masing-masing 1 laga tengah pekan di pekan ke-2 dan pekan ke-15.

TVRI Tak Tayangkan Liga Inggris Karena Ini

Jadwal perempat final Coppa Italia 2019-2020 yang akan tayang di TVRI, yang bertepatan dengan jadwal Liga InggrisKami melakukan penelusuran dengan memperhatikan hak siar yang dipegang TVRI. Selain Liga Inggris, saat ini TVRI juga memegang hak siar untuk turnamen bulu tangkis BWF, balap mobil Formula E, kompetisi bola basket IBL, Garuda Select, dan turnamen sepak bola Coppa Italia.

Berdasarkan pencocokan data yang kami lakukan, ternyata didapat jadwal yang bersamaan dengan Coppa Italia. Pertandingan antara Napoli melawan Lazio dimulai pada Rabu (22/1) pukul 2.45 WIB. Keesokan harinya di jam yang sama, diselenggarakan pertandingan antara Juventus melawan AS Roma.

Jika dikaitkan dengan hak siar yang dimiliki, kemungkinan besar TVRI akan menayangkan Coppa Italia. Saat tulisan ini diturunkan, TVRI belum menampilkan promo Coppa Italia di media sosial maupun di layar televisi.

Beda Lisensi Coppa Italia dan Liga Inggris di TVRI

TVRI memegang hak siar Coppa Italia hingga tahun 2021Berbeda dengan Premier League yang merupakan sublisensi dari Mola TV, siaran Coppa Italia diraih TVRI sejak musim 2018-2019 secara langsung dari Lega Serie A, penyelenggara Coppa Italia, dan Infront selaku agensi global.

Pada kasus Premier League, TVRI mendapat jadwal pertandingan yang diumumkan terlebih dahulu oleh Mola TV. Sebagai resiko dari adanya sublisensi, pertandingan yang ditayangkan bisa berubah di waktu-waktu terakhir jelang penayangan.

Sementara pada kasus Coppa Italia, TVRI memegang hak siar penuh di jalur terestrial mulai babak 16 besar. TVRI bahkan menayangkan sebanyak 17 pertandingan, tanpa menunggu pilihan dari pemegang yang lebih tinggi.

Kesimpulan: Tidak Ada Hubungannya

Dari beberapa fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang kuat antara pemecatan Helmy Yahya dengan absennya siaran Liga Inggris di TVRI tengah pekan ini. Faktor Coppa Italia menjadi alasan yang lebih tepat untuk kasus ini, dimana TVRI merupakan pemegang hak siar penuh.

Semoga kita selaku warganet dapat mengedepankan nalar daripada emosi dan mengkaji isu terlebih dahulu sebelum menyampaikannya di media sosial.


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...