Beranda » Bus & Kereta » Wow! Ada Signage dan Wayfinding Versi Terbaru Di Stasiun Blok M BCA!

Wow! Ada Signage dan Wayfinding Versi Terbaru Di Stasiun Blok M BCA!

Jakarta. Sejak sepekan terakhir, signage dan wayfinding (penanda dan petunjuk arah) di Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Blok M BCA sudah dikembangkan menjadi versi terbaru.

Pembaruan ini tak hanya mengganti signage dan wayfinding yang lama, tetapi juga menambah beberapa petunjuk di beberapa titik di stasiun ini.

Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan layanan kepada pengguna jasa MRT Jakarta. Selain itu, pembaruan signage Stasiun Blok M ini juga dilakukan untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimum Stasiun MRT Jakarta, sebagaimana diatur oleh Pergub No. 95/2019.

Pemilihan Stasiun Blok M sebagai proyek instalasi mock up signage dan  wayfinding dikarenakan stasiun tersebut merupakan salah satu stasiun besar, sehingga diharapkan dapat menarik perhatian penumpang MRT Jakarta.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, mengatakan bahwa signage yang dipasang di Stasiun Blok M ini nantinya akan diterapkan juga di seluruh stasiun MRT Jakarta.

Untuk signage yang di Stasiun Blok M, memang baru kita ujicoba. Mock up-nya  akan kita pasang satu bulan di sana, masyarakat bisa kasih masukkan terkait signage tersebut. Nantinya di semua stasiun juga akan dipasang.” ulas William saat pertemuan Forum Jurnalis MRT Jakarta.

Bentuk dan Rupa Signage di Stasiun Blok M BCA

Seperti apa bentuk dan penampilan petunjuk arah yang baru ini? Tim nawalakarsa.id sudah menyiapkan beberapa dokumentasi untuk NawaReaders sekalian.

Masih Ada Kekurangan

Disamping banyak keunggulan dari signage dan wayfinding versi terbaru di Stasiun Blok M ini, pembaruan ini memang bukan hal yang sempurna.

Masih ada kekurangan yang ditemukan di beberapa titik. Contohnya seperti rambu larangan yang menggunakan simbol yang terbalik. Selain itu, di beberapa titik terdapat informasi yang belum jelas.

Perubahan signage di Stasiun MRT lantas menjadi perhatian Founder Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ), Adrianus Satrio. Adrianus berkata.

Perubahan Signage blok M patut diapresiasi, namun perlu banyak koreksi. Adanya perubahan warna di tanda masuk dan keluar harus konsisten. Adanya totem untuk penunjuk stasiun MRT sangat bagus untuk memberikan informasi yang jelas. Selain itu yang harus di perbaiki adalah signage integrasi dari dan ke moda lain.

Menurut Nawareaders, apakah signage dan wayfinding di Stasiun Blok M sudah bagus? atau masih banyak yang kurang? Kalau Nawareaders punya saran dan masukkan, bisa disampaikan langsung ke pihak MRT Jakarta yaa….

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur, teknologi dan informasi transportasi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...