Seputar Iklan Anime Pocari Sweat – Bintang SMA yang Sempat Viral

Dari 2019 hingga 2020. Seperti apa sebenarnya iklan Anime Pocari Sweat - Bintang SMA yang populer pada masanya ini?

Fida Zalfa L.Y.
Pocari Sweat Anime
Karakter Ayu dalam iklan Pocari Sweat Bintang SMA 2019 | FOTO: Youtube / PocariID | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

Berawal di tahun 2019, jagat maya Indonesia dihebohkan oleh kemunculan iklan Pocari Sweat dengan format anime untuk ajang Bintang SMA.

Bagaimana tidak? Pasalnya, iklan Pocari Sweat ini dikemas dengan gaya yang menarik, hingga penggemar anime mengaitkannya dengan gaya khas anime Makoto Shinkai.

Kemudian, setahun berikutnya, di tahun 2020, Pocari Sweat kembali mengeluarkan iklan Bintang SMA bergaya anime.

Lantas, seperti apa proses pembuatannya dan apa sebenarnya ajang Bintang SMA ini? Tanpa menunggu lebih lama lagi, langsung baca saja artikel ini!

Iklan Pocari Sweat Bintang SMA 2019

Pada Jumat (06/09/2019) silam, kanal Youtube PocariID mengeluarkan iklan untuk mempromosikan program Bintang SMA, ajang pencarian bakat murid SMA di Indonesia.

Iklan ini menampilkan siswa-siswi SMA bernama Ayu yang tinggal di Bali, dan Reza yang tinggal di Jakarta. Mereka ingin meraih mimpi menjadi Bintang SMA.

Jika iklan ini terlihat seperti anime Makoto Shinkai maka tak salah. Sebab iklan ini disutradarai oleh Yoshitoshi Shinomiya di studio MAPPA dan CLAP.

Yoshitoshi Shinomiya sendiri terlibat dalam beberapa anime Makoto Shinkai, yakni Children Who Chase Lost Voices sebagai Background Art.

Tak hanya itu, ia juga terlbiat di Garden of Words sebagai Background Art dan Poster Illustration, serta Your Name sebagai Unit Director, Key Animation, dan Photography dalam adegan “flashback“.

Kanal Youtube Pocari Sweat indonesia juga membagikan proses pembuatan iklan ini. Dari mewawancarai murid, proses pembuatan, sampai background painting.

Sekuel Bintang SMA 2019, Ungkap Pemenang Kompetisi Ini

Iklan Pocari Sweat bergaya anime untuk Bintang SMA 2019 memiliki sekuel dengan menampilkan pemenang Bintang SMA 2019, Nada Syakira Aisya, dalam gaya anime dan live-action.

Yoshitoshi Shinomiya sendiri sebelumnya telah merencanakan akan mengambil lokasi syuting di Jepang untuk bagian live-action.

Kanal Youtube PocariID kembali membagikan cerita di balik proses pembuatan iklan. Kali ini dari sudut pandang Nada selaku pemenang. Terlihat dalam video tersebut Nada melakukan syuting di salah satu pantai di Jepang.

Iklan Pocari Sweat Bintang SMA 2020

Iklan di tahun berikutnya disutradarai oleh Hosoi Mieko dan Nakamura Ryousuke. MAPPA (Co) / Matsukaze Koubou dikreditkan sebagai Animation Production.

Di tahun 2020, iklan ini lebih berfokus pada lima remaja dengan bakat masing-masing, mulai dari drum, sepak bola, hingga skateboard.

Sama seperti tahun 2019, iklan tahun ini diiringi lagu Zenryoku Shounen dari musisi Jepang, Sukima Switch.

Judul lagu ini secara harfiah berarti “Anak Laki-Laki Terbaik”, tetapi secara idiom berarti “Secercah Harapan”.

Tentang Bintang SMA

Bintang SMA adalah satu-satunya ajang pencarian bakat daring untuk siswa-siswi SMA/sederajat di Indonesia.

Ajang yang digelar oleh Pocari Sweat ini sebagai ruang dan wadah untuk generasi muda Indonesia menyalurkan energi dan kreativitas mereka.

Bintang SMA pertama kali dilaksanakan pada 2019 dan telah mengumpulkan puluhan ribu submisi bakat dari total 32 provinsi di Indonesia.

Tahun 2019, pemenang Pocari Sweat Bintang SMA adalah pemain biola Nada Syakira Aisya. Di tahun 2020, atlet wushu Pramudya Azriel Satria adalah pemenangnya.

Di tahun 2021, berbeda dengan dua tahun sebelumnya, iklan Pocari Sweat tidak bergaya anime. Namun, uniknya, pemenang tahun 2021, Pudak Wangi, adalah seorang animator 2D.

Apakah iklan Pocari Sweat 2022 akan kembali bergaya anime yang dibuat langsung oleh Pudak Wangi? Kita nantikan saja bersama!