Mahasiswa UPN Veteran Jatim Temui Perangkat Desa Kembangsri, Ini Alasannya!

Naufal Alfarizy
desa Kembangsri stunting Mahasiswa KKN Tematik UPN Veteran Jawa Timur
FOTO: UPN Veteran Jawa Timur

Di Indonesia permasalahan Stunting menjadi salah satu faktor beban kemajuan Indonesia. Stunting terindikasi saat anak berusia 2 tahun dimana akan berakibat menurunnya prestasi, produktivitas dan kreativitas pada anak pada anak yang selanjutnya berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia mendatang.

Dalam kegiatan KKN Tematik UPN Veteran Jatim memilih untuk berfokus pada skema Desa Bebas Stunting. Hal tersebut demi mengawal kemajuan desa Kembangsri, Ngoro, Mojokerto yang akan memiliki kualitas pemuda berprestasi di masa depan.

Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 104 UPN Veteran Jatim melaksanakan kegiatan di Desa Kembangsri yang merupakan salah satu kawasan desa di Kabupaten Mojokerto.

KKN tersebut dijalankan berdasarkan hasil survey dari data stunting DP2KBP2, dimana desa Kembangsri memiliki 372 keluarga berpotensi beresiko stunting dari 539 data keluarga yang terdata di DP2KBP2.

Angka itu bisa dibilang cukup besar. Sekretaris desa mengatakan bahwa kegiatan ini akan sangat membantu sekaligus memberikan motivasi kepada kader desa Kembangsri untuk memberantas Stunting.

Tahap awal yang dilakukan adalah para mahasiswa dari UPN Veteran Jatim tersebut ialah berdiskusi dengan kepala desa Kembangsri, Ngoro, Mojokerto dan perangkat desa.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut diperlukan untuk meminta izin dan bekerjasama dalam kesuksesan kegiatan yang akan berlangsung selama 3 bulan kedepan. Dilanjutkan bertemu dengan stakeholder di bidang kesehatan seperti bidan, kader PKK, dan pegiat kesehatan lainnya.

Pemberian edukasi secara personal juga akan dilaksanakan pada ibu hamil untuk pencegahan stunting sejak dini, dengan tetap di dampingi oleh perangkat kesehatan desa.

Penyuluhan secara blusukan juga diharapkan dapat meningkatkan upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat dalam keberhasilan desa bebas Stunting.

Hasil akhir yang diharapkan dapat tercapai nantinya ialah masyarakat dapat sadar akan pentingnya pola asuh dan pola makan anak yang sangat berpengaruh dengan kesehatan anak. Sehingga desa Kembangsri akan terbebas dari Stunting.