Quantcast

Beranda » Pop Kultur » Unik, Pelajar SMK Telkom Banjarbaru Promosi Sekolah dengan Desain Jejepangan

Unik, Pelajar SMK Telkom Banjarbaru Promosi Sekolah dengan Desain Jejepangan

Netizen tersebut mencoba menarik perhatian calon siswa baru dengan mengunggah poster promosi sekolahnya dengan nuansa “Jejepangan”.

Promosi Unik Pelajar SMK Telkom Banjarbaru ala Jepang – Memasuki tahun ajaran baru, meski pandemi COVID-19 masih berlangsung, tidak mengurangi niat sekolah untuk menarik perhatian calon siswa baru.

Walau saat ini sistem penerimaan siswa baru menggunakan sistem zonasi, tidak lantas membuat sekolah untuk tidak membuat iklan menarik terkait sekolahnya untuk menggaet calon peserta didik baru.

Berbagai cara dilakukan agar sekolah dapat memenuhi kuota siswanya dan tidak perlu takut sekolah ditutup karena kekurangan siswa. Dan salah satunya adalah SMK Telkom Banjarbaru, dimana mereka menggunakan unsur-unsur yang unik.

Jadi teringat suatu anime ya…

Seperti yang dilakukan oleh akun Instagram @ridhonpota dengan mengunggah gambar yang mempromosikan Sekolah Mengenah Kejuruan (SMK) Telkom Sandhy Putra Banjrbaru dengan cara yang berbeda: Menambahkan unsur “jejepangan”.

https://www.instagram.com/p/CB0ep40nmxB/

Telkom School menerima calon siswa baru untuk tahun ajaran 2020/2021

Unsur kebudayaan Jepang yang dimaksud dalam promosi yang dibuat oleh pelajar asal SMK Telkom Banjarbaru ini adalah dengan menggunakan bahasa Jepang layaknya seperti sedang mempromosikan suatu sekolah yang berlokasi di Jepang.

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari hasil diplomasi kebudayaan yang telah dilakukan Jepang di Indonesia. Menurut Dosen Program Studi Jepang Universitas Indonesia Mossadeq Bahri, dikutip dari Kantor Berita Antara, Jepang telah mempromosikan kebudayaan mereka di Indonesia sejak lama.

“Negara Jepang juga maju untuk membantu distribusi unit usaha ke luar negeri karena ujung-ujungnya buat mereka (negara),” ujar Mossadeq saat diwawancarai Antara.

Sejak diluncurkan pada tahun 2002, program pengenalan sekaligus promosi budaya dari pemerintah Jepang yakni Cool Japan telah lama digencarkan. Program tersebut dipromosikan melalui kementerian mereka, yakni Kementerian Ekonomi Perdagangan dan Industri Jepang.

Pendekatan dengan metode soft power, ujar Mossadeq, berfungsi guna melanggengkan kepentingan nasional sebuah negara di tempat lain. Dalam hal ini, Indonesia sebagai tujuan Jepang adalah karena faktor ekonomi-nya. “Jepang berinvestasi besar di Indonesia,” ujarnya.

Kedepannya dipastikan akan ada berbagai promosi, tak hanya dalam lingkup pendidikan yang telah SMK Telkom Banjarbaru lakukan, namun juga lingkup atau bidang lainnya yang akan mengambil inspirasi dari Jepang.

Loading...